8 Pilihan Profesi yang Menjanjikan di Tahun 2021

8 Pilihan Profesi yang Menjanjikan di Tahun 2021

Pekerjaan Paling Diminati Tahun 2021

Setiap jenis profesi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seiring dengan perkembangan zaman juga kemajuan teknologi, jenis profesi yang diminati masyarakat pun ikut berubah. 

Dulu mungkin jasa penyedia paket hosting murah dan pembuatan website tak dibutuhkan, namun kini diincar banyak orang. Kira-kira apa saja jenis profesi yang dianggap menjanjikan di tahun 2021 ini?

  1. Content Creator

Jenis profesi yang satu ini mungkin tak pernah terpikirkan di zaman dulu sebelum teknologi berkembang juga media sosial meluas di masyarakat. Namun kini justru content creator memiliki peluang penghasilan yang begitu besar. Semakin banyak pula anak muda yang kreatif membuat konten-konten menarik dan mulai mengembangkan bakat mereka di bidang tersebut. 

Content creator pun punya lingkup yang begitu luas, tidak hanya bekerja di satu jenis media saja. Beberapa media bisa dimanfaatkan seperti Youtube, Instagram, Podcast, blog, dan masih banyak lagi lainnya. Konten yang ditampilkan pun beragam mulai dari tulisan, suara, gambar, hingga video. Kreativitas yang tinggi sangat dibutuhkan dalam jenis profesi ini.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Uang di Tiktok

Posisi content creator pada tahun 2021 ini akan semakin banyak diburu. Perusahaan membidik content creator yang potensial untuk membantu melakukan marketing produk mereka. Semakin tinggi engagement yang diraih oleh sang content creator maka akan semakin besar peluang untuk sukses di bidang karier ini. 

  1. SEO Specialist

Profesi sebagai SEO specialist juga ikut meroket popularitasnya di tahun 2021 ini. Seorang SEO specialist adalah orang yang memiliki keahlian dalam melakukan optimasi SEO. Ini menjadi poin penting dalam dunia digital marketing yang sekarang banyak diterapkan sebagai strategi pemasaran oleh banyak perusahaan. 

Penggunaan strategi SEO akan membantu sebuah laman website untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari. Hal ini secara otomatis akan membantu peningkatan traffic atau jumlah pengunjung website. Inilah yang dibutuhkan oleh para pengelola website maupun laman blog apalagi yang menggunakannya untuk kepentingan berbisnis.

Semakin maraknya digitalisasi beragam jenis usaha, peran SEO specialist akan semakin dibutuhkan. Bahkan lowongan pekerjaan ini diperkirakan akan meningkat di tahun 2021. Hal ini mengingat kondisi setelah pandemi yang membuat masyarakat lebih banyak membuka peluang baru dalam dunia bisnis digital. 

  1. Website dan Mobile App Developer

Teknologi terus berkembang, posisi website dan mobile app developer juga semakin banyak diburu. Website developer memiliki peran penting dalam mengembangkan sebuah situs untuk keperluan tertentu. 

Baca juga: Cara Membuat Email Marketing Secara Efektif

Contoh mudahnya bagi usaha online yang ingin menggunakan website sebagai salah satu media marketing. Penggunaan hosting murah serta website developer yang kompeten jelas sangat dibutuhkan.

Begitu juga dengan posisi mobile app developer. Bisa kita lihat bahwa saat ini begitu banyak jenis aplikasi bermunculan dengan manfaatnya masing-masing. Perusahaan startup juga semakin banyak berdiri di sekitar kita. Kondisi ini membuat posisi mobile app developer juga semakin dibutuhkan. 

  1. Data Analyst

Profesi yang satu ini juga semakin banyak dicari di tahun 2021. Data analyst memiliki posisi yang menjanjikan khususnya di dunia bisnis. Tugas seorang data analyst adalah melakukan analisis dan pengolahan data untuk mengoptimalkan potensi dari sebuah produk. Hasil analisis data juga akan membantu perusahaan untuk menentukan strategi selanjutnya agar bisa lebih berkembang.

Profesi data analyst memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Juga tak sembarang orang yang bisa menekuni profesi ini. Dibutuhkan orang yang berpotensi untuk melakukan pemikiran mendalam atau analytical thinking. Peran penting dari data analyst ini nantinya akan dibalas dengan jumlah honor yang tak bisa dibilang kecil. 

  1. Digital Marketer

Strategi marketing kini semakin beragam dengan munculnya platfrom digital yang semakin mudah diakses masyarakat. Perusahaan kini mau tak mau harus memanfaatkan wadah digital ini untuk meningkatkan angka penjualan. Peran dari digital marketer akan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Baca juga: 5 Strategi Digital Marketing di Indonesia

Digital marketer bertugas untuk menyusun strategi marketing di berbagai jenis platform digital. Saat ini pengguna internet telah meningkat dan semakin mudah bagi masyarakat mengakses beragam jenis media sosial. Kondisi ini harus dilihat sebagai peluang oleh perusahaan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Inilah tugas dari digital marketer dan tidak semua orang punya keahlian melakukannya.

Saat ini semakin banyak orang yang mengembangkan bisnis online. Mereka menerapkan strategi untuk buat toko online dengan mudah namun seringkali tak bisa mengembangkannya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan digital marketing yang belum optimal. Itulah mengapa dibutuhkan peran dari digital marketer agar bisnis online ini bisa terus meroket dan memberi penghasilan dalam jumlah besar.

  1. UI/UX Designer

Jenis profesi yang berkembang di masyarakat saat ini memang semakin beragam. Salah satunya adalah UI/UX designer ini. Dulu mungkin jenis profesi ini tak pernah terbayangkan akan dibutuhkan namun saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi tersebut. 

UI designer bertugas membuat desain interface dari sebuah aplikasi atau platform tertentu. Interface inilah yang akan membuat pengguna mendapatkan kemudahan untuk melakukan akses ke platform tersebut. Sementara itu untuk UX designer memiliki tanggung jawab terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan suatu aplikasi, website, atau platform tertentu.

  1. Event Organizer

Popularitas profesi event organizer juga semakin meningkat belakangan ini. Salah satu penyebabnya adalah kondisi pandemi yang tengah melanda sejak tahun 2020 lalu. Peran seorang event organizer sangat dibutuhkan untuk mengatur jalannya sebuah acara dengan lancar. Masyarakat pun semakin merasakan bahwa peran event organizer sangat penting dan begitu dibutuhkan.

Apalagi setelah pandemi muncul satu jenis pertemuan atau acara baru yang berkonsep daring atau online. Peran event organizer pun semakin beragam karena harus bisa menguasai pengelolaan acara secara online juga. Di tahun 2021 ini tampaknya event organizer akan semakin populer dan dibutuhkan oleh masyarakat baik untuk acara online maupun offline.

  1. Pengusaha Online

Tak bisa dipungkiri memang bahwa peluang usaha online terus meroket di tahun 2021 ini. Pandemi juga mendorong masyarakat semakin kreatif dalam menciptakan beragam jenis usaha yang bisa dijalankan secara online. Lihat saja saat ini sudah jutaan toko online muncul di media sosial. Namun tentu saja tidak semuanya bisa bertahan. 

Zaman sekarang banyak sekali fasilitas yang memungkinkan Anda untuk memiliki toko online. Namun pengembangannya memang tak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan strategi yang tepat dan tentunya pemilihan media yang pas agar bisnis online bisa terus berjalan. Hanya saja fasilitas teknologi saat ini memang sudah sangat mendukung untuk Anda merintis karir sebagai pengusaha online.

Baca juga: Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Itulah tadi 8 pilihan jenis profesi yang paling menjanjikan di tahun 2021 ini. Secara garis besar memang profesi yang dinilai menjanjikan sangat berhubungan dengan dunia digital. Tak heran juga jika penawaran hosting murah dan pembuatan website semakin banyak diminati saat ini. Semua fasilitas tersebut memang mendukung masyarakat untuk berkembang dari segi ekonomi juga kreativitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel