5 Strategi Digital Marketing yang Mudah Diterapkan di Indonesia

Strategi Digital Marketing di Indonesia

Supaya bisnis Anda bisa bertahan di tengah derasnya persaingan, tentunya perlu menerapkan strategi digital marketing yang paling efektif di Indonesia. Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya ada beberapa strategi digital marketing di Indonesia yang kini bisa Anda terapkan dengan mudah.

Sebelum saya membahas lebih dalam mengenai strategi digital marketing, tentunya kita perlu mengetahui apa itu digital marketing.

Digital Marketing adalah aktivitas untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui media internet. Sekarang ini, digital marketing sudah menjadi sesuatu yang sudah umum dilakukan di dunia bisnis. Di jaman modern seperti sekarang ini, jika Anda tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi maka Anda akan kalah langkah atau ketinggalan dengan pebisnis lainnya.

Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang bagus untuk diterapkan di Indonesia:

1. Konsistensi Postingan di Media Sosial dengan Menerapkan SEO

Strategi digital marketing sangat dibutuhkan konsistensi dalam memosting produk dan informasi di media sosial. Perlu Anda perhatikan bahwa agar postingan tersebut lebih banyak diminati, Anda perlu menerapkan SEO sehingga postingan di media sosial tersebut mendapatkan trafik dari search engine.

Anda juga perlu untuk membangun link organik dan selalu berusaha untuk mengutamakan informasi pengetahuan terkait produk yang Anda jual. Sembari menjalankan bisnis, Anda bisa belajar tentang Search Engine Optimization (SEO) secara otodidak di berbagai forum atau bisa mengikuti kursus SEO.

2. Mobile Optimized

Hyper-connected, terhubung melalui internet dan media sosial yang merupakan sifat konsumen di jaman kemajuan digital. Penggunaan media sosial dengan bantuan internet ini dibutuhkan smartphone. Maka, untuk mendekatkan Anda dengan customer, Anda harus menciptakan website yang mobile friendly sehingga aktivitas e-commerce dapat dilakukan secara mobile.

3. Kekuatan Konten

Dalam dunia digital marketing ini adalah konten. Mengapa hal itu? karena konten merupakan inti dari strategi digital marketing itu sendiri. Seperti apa konten yang baik itu? Pastinya ya user friendly. Maksudnya, konten yang berisi informasi yang berguna, menambah wawasan, dan diterbitkan pada waktu yang tepat.

Kalau konten yang Anda miliki sudah ada 3 hal tersebut, maka konten akan mudah tersebar luas. Kalau customer tertarik dengan konten Anda, secara otomatis customer akan menyebarkan konten Anda di berbagai media sosial. Intinya, buatlah konten yang bisa menjadi trending topik.

4. Memilih Media Sosial yang Tepat

Pengguanaan media sosial dalam strategi digital marketing memang sangat membantu. Namun, kalau Anda menggunakan media sosial terlalu banyak juga tidak baik. Jika Anda terhubung dengan customer melalui banyak media sosial, akan membuat pekerjaan Anda semakin terbengkalai. Alhasil, tujuan utama Anda untuk membangun bisnis bisa tidak terpenuhi.

Pilihlah salah satu sosial media yang menurut Anda tepat sehingga Anda bisa lebih fokus dalam memasarkan produk. Kalau Anda ingin menawarkan produk agar bisa dikemas pada sebuah foto yang menarik, Anda bisa menggunakan instagram sebagai media yang tepat.

Anda juga bisa menggunakan Twitter sebagai media digital marketing jika produk yang Anda tawarkan melalui pesan-pesan pendek. Kalau Anda ingin produk dirangkum dalam sebuah video yang menarik, Anda bisa menggunakan YouTube.

5. Real Time Marketing

Tim sosial merupakan salah satu strategi digital marketing di Indonesia yang paling efektif untuk diterapkan saat ini. Mengapa demikian? karena pemasaran digital yang satu ini bertujuan untuk merespon customer dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh customer dengan sangat cepat. Dan Real Time yang dibutuhkan!!

Demikian ulasan mengenai 5 strategi digital marketing di Indonesia yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Memang strategi tersebut bukanlah sesuatu yang sulit dan strategi ini akan sangat membantu Anda dalam digital marketing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel