Panduan Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Panduan Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Kalau Anda membuka halaman ini berarti seorang pemula tertarik untuk belajar bisnis online atau setidaknya ingin tahu bisnis online itu seperti apa.

Pertanyaannya, kenapa saya membuat artikel ini padahal sudah banyak panduan bisnis online yang dibahas di berbagai website, baik itu gratis maupun berbayar? Sebenarnya beberapa artikel di blog Masmalven.com ini sudah membahasnya. Ternyata masih ada teman-teman yang bertanya tentang bisnis online dan internet marketing, baik melalui Email, Facebook, maupun melalui komentar di blog ini.

Sebenarnya pertanyaannya sama, bagaimana memulai sebuah bisnis online? Seperti kata pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang", begitu juga dengan bisnis online. Banyak orang menganggap bahwa bisnis online itu bisnis penipuan. Hal ini tidak bisa disalahkan juga karena memang banyak sekali penipuan yang "mengatasnamakan" bisnis online, tetapi sebenarnya tidak seperti itu.

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis online, tentu kita harus mengenal lebih dulu apa itu bisnis online dan internet marketing, dan bagaimana cara melakukannya. Jarang sekali ada bisnis yang berhasil hanya dengan mengandalkan modal nekat, apalagi di bisnis online.

Berbisnis online itu sangat banyak macamnya, bahkan kalau disebutkan satu-persatu pasti membuat Anda kebingungan. Saya akan menjelaskan tentang tipe bisnis online yang saya kenal dan sangat populer di kalangan pengusaha online/internet marketer. Meskipun saat ini saya fokus pada dua tipe bisnis online, yaitu Affiliate Marketing dan Content Publishing, tapi saya juga pernah mempelajari beberapa jenis bisnis online lainnya. Saya akan menjelaskannya nanti.

Perlu kita pahami bahwa proses belajar itu membutuhkan waktu, bahkan membutuhkan dana juga. Yang terpenting adalah MINDSET Anda akan bisnis online itu sendiri. Kalau Anda masih pemula, bisnis online itu bukan bisnis yang cepat kaya ya.. Tidak semua jenis bisnis online cocok dengan Anda, pastinya hanya ada satu atau dua yang benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan yang Anda miliki. Dengan memahami diri sendiri akan sangat membantu Anda menentukan tipe bisnis online yang pas untuk Anda jalankan.

Setelah Anda membaca panduan singkat tentang belajar bisnis online ini diharapkan pemula memahami apa itu internet marketing dan bisnis online, apa saja jenis bisnis online, dan bagaimana cara melakukannya.

PERHATIKAN! BACA ARTIKEL INI SAMPAI SELESAI, SETELAH ITU BARU ANDA BUKA LINK YANG ADA DI ARTIKEL INI SUPAYA ANDA FOKUS!

A. Apa Itu Bisnis Online dan Internet Marketing?

Sebelumnya, kita pasti sudah mengerti bahwa bisnis online itu adalah bisnis yang dijalankan secara online melalui media internet. Banyak bisnis offline yang dipasarkan melalui internet, dan ada juga bisnis online yang dipasarkan secara offline. Berikut ini adalah jenis bisnis, diantaranya:

  • Business Online to Online: Bisnis online yang dijalankan secara online, baik itu operasional maupun pemasarannya. Contohnya bisnis jual domain dan hosting, jual jasa internet marketing (SEO, Google Adwords, Facebook Ads, etc), jual e-Book, content publishing, dan lain-lain.
  • Business Offline to Online: Bisnis offline yang pemasarannya melalui internet marketing. Contohnya seperti toko baju grosiran, toko furniture, toko kaos distro, toko sepatu, dan yang proses pemasarannya dilakukan melalui internet dengan membuat toko online atau akun media sosial khusus untuk pemasaran.
  • Business Online to Offline: Bisnis online yang dijalankan secara offline. Contohnya toko online yang kemudian membuka gerai toko offline, seminar-seminar bisnis online yang dilakukan secara offline, dan lain-lain.


Apapun itu, bisnis online yang kita jalankan tidak akan lepas dari namanya internet marketing (pemasaran melalui internet). Untuk pemasaran internet ini tidak hanya tentang sales, tapi lebih dari itu, internet marketing itu berkaitan dengan promosi, branding, customer service yang dilakukan secara online.

B. Beberapa Jenis Bisnis Online Yang Populer

Anda pasti pernah membaca kisah sukses pebisnis online yang berhasil mendapatkan puluhan juta hingga ratusan juta per bulan dari bisnis mereka di internet. Ada juga beberapa orang yang bisa menghasilkan ratusan juta per bulan dari iklan di blog mereka, dan ada orang yang menghasilkan puluhan juta per bulan dengan menjual jasa, dan lain sebagainya.

Banyak jenis bisnis online yang bisa kita temukan di internet. Menurut pengalaman saya selama masuk ke dunia internet marketing, setidaknya ada 4 jenis bisnis online yang pernah saya pelajari, diantaranya:

1. Content Publisher

Content Publisher adalah seseorang atau perusahaan yang memberikan konten bermanfaat kepada pengguna internet secara konsisten di website/blog mereka, baik itu konten berbentuk teks (artikel), audio, maupun video. Nah, konten tersebut dimuat di media/properti online dengan membuat website/blog ataupun di submit ke media lain misalnya, konten video ke YouTube.

Bagaimana si pemilik website/blog bisa menghasilkan uang dari konten mereka? Salah satu cara menghasilkan uang dari konten yang Anda adalah dengan memasang iklan PPC (Pay Per Click) di konten tersebut misalnya iklan Google Adsense. Setiap adanya klik iklan atau per seribu tayangan iklan, maka si pemilik website/blog akan mendapatkan komisi dari Google Adsense.

Sebenarnya kita juga bisa menjual space iklan di website/blog yang kita bangun, bukan hanya dari program Google Adsense. Jika website/blog yang memiliki trafik besar maka akan mendapatkan banyak penawaran dari berbagai advertiser. Setelah itu, Anda tinggal menentukan besar biaya iklan dan memilih advertiser mana yang paling sesuai dengan topik website/blog Anda.

2. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah jenis pemasaran yang dimana seorang marketer berperan sebagai "makelar" online yang mempertemukan antara calon pembeli dengan penjual, dan akan mendapatkan komisi hanya jika terjadi penjualan. Perannya adalah mengarahkan atau mengirim visitor/pengunjung ke website merchant/toko online dengan menggunakan link khusus.

Setelah terjadi penjualan melalui link khusus tersebut, merchant akan mengetahui siapa yang menjual produk mereka, dan si makelar akan mendapatkan komisi. Untuk komisi sebelumnya sudah ditentukan oleh pihak merchant misalnya 30% dari nilai jual produk.

3. Bisnis Dropshiper

Bisnis Dropshiper adalah sistem penjualan produk secara online dimana penjual/pengecer tidak harus memiliki produk sendiri, dan tidak perlu repot-repot melakukan proses pengiriman barang ke pembeli. Tugas utamanya adalah melakukan pemasaran produk dan berkomunikasi dengan calon pembeli. Contoh alurnya; setelah deal, pembeli men-transfer pembayaran ke dropshiper dan mengirimkan pembayaran tersebut ke supplier (dropshiper mengambil selisih keuntungan), lalu supplier akan mengirimkan barangnya ke pembeli.

Dropshiper juga tidak perlu mengerjakan proses packaging dan pengiriman barang kepada pembeli karena supplier akan melakukannya. Bagusnya lagi, untuk kemasan/bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim atas nama si penjual. Jadi, kredibilitas kita sebagai dropshiper tetap terjaga.

Tantangan bisnis dropshiper adalah marketing, untungnya sekarang ini jauh lebih mudah untuk melakukan marketing melalui media sosial. Media sosial yang banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Instagram.

Jika followers Anda kecil, Anda bisa memanfaatkan jasa followers yang bagus dan aman, namun yang terbaik adalah followers organik. Anda bisa memanfaatkan tools Instagram yang bisa membantu menambah followers organik akun Instagram Anda. Sekarang ini untuk memulai bisnis online sangat mudah dengan modal yang sangat kecil, salah satunya Anda bisa memulai dengan cara Dropshipping ini.

4. Menjual Produk/Jasa Anda

Bagi Anda yang memiliki produk/jasa sendiri bisa memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Contohnya dengan membuat website toko online/blog untuk pemasaran, membuat akun media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram), serta memasarkan produknya di sana. Untuk produk yang bisa dijual secara online sangatlah beragam; mulai dari produk fisik (makanan, pakaian, gadget, dan lainnya), produk digital (eBook, video, software, dan membership), hingga jasa (jasa membuat website, jasa menulis artikel, jasa membuat logo, dan lainnya).

C. Cara memilih Bisnis Online

Bagaimana cara memilih bisnis online yang cocok dengan saya? Para pemula pasti sering menanyakannya. Padahal yang bisa menjawab ini adalah Anda sendiri, karena yang paling tahu tentang minat dan kemampuan seseorang adalah diri sendiri.

Contohnya, dulu saya punya toko online yang visitornya cukup besar. Setiap hari pasti ada yang pesan melalui Whatsapp dan BBM dari calon pembeli, dan juga pembeli bertanya mengenai pesanannya sudah dikirim atau belum. Meskipun saya punya visitor dan pembeli, tapi akhirnya toko online itu saya tutup sendiri, kenapa harus tutup, kan sayang? Karena saya merasa tidak cocok dengan bisnis itu, menyita waktu dan melelahkan menjawab semua pertanyaan calon pembeli, padahal semua pertanyaannya sudah ada dijelaskan di website. Meskipun bisnis itu tidak cocok dengan saya, ternyata banyak pemilik toko online yang omsetnya ratusan juta per bulan. Tidak cocok dengan saya tapi sangat cocok dengan orang lain. Benar begitu?

Saran saya adalah bangunlah bisnis online yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, atau setidaknya bukan sesuatu yang membuat Anda bosan. Terus Gali potensi dalam diri Anda, lakukan riset dan pelajari hal-hal yang menjadi minat dan kemampuan Anda tersebut sampai detail, temukan unsur bisnis yang bisa menghasilkan dari minat dan kemampuan tersebut, dan jangan lupa untuk melakukan inovasi.

D. Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online

Banyak hal yang bisa mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis online, tapi secara garis besar ada dua faktor yaitu faktor internal (dari diri sendiri) dan faktor eksternal (dari luar). Yang paling banyak pengaruhnya terhadap kesuksesan bisnis seseorang adalah faktor atau diri kita sendiri.

1. Mau Belajar dan Praktek

Kalau Anda ingin menjalankan bisnis, idealnya kita harus punya basic pengetahuan yang memadai bukan? Di bisnis online, kita bisa belajar sekaligus praktek di saat bersamaan tanpa harus takut kehilangan modal besar seperti yang terjadi pada kebanyakan bisnis konvensional.

Dimana belajar bisnis online yang paling tepat? Apakah saya harus membayar untuk belajar bisnis online? Relatif ya... Bagus untuk saya, tapi belum bagus buat Anda.

Untuk memulai, ada baiknya kita menggali informasi dasar mengenai bisnis online, tidak harus ikut seminar atau kursus berbayar lainnya.

Sekarang ini ada banyak website yang bisa diakses secara GRATIS untuk mempelajari basic bisnis online, misalnya website Masmalven.com, PanduanIM.com, Maxmanroe.com, dan masih banyak lagi. Tetapi saran saya, jangan belajar sekaligus di semua website itu ya, pilih salah satu saja biar belajarnya lebih fokus.

Setelah Anda menggali informasi gratis di berbagai situs yang saya sebutkan tadi, diharapkan Anda akan mengetahui jenis bisnis online apa yang paling cocok untuk Anda. Kalau sudah menemukan jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, sangat disarankan untuk belajar lebih dalam tentang bisnis tersebut. Materi bisnis online biasanya di tingkat lebih lanjut akan BERBAYAR karena dijual oleh para ahli di bidang bisnis tersebut.

Kenapa harus berbayar? karena materi tersebut berdasarkan pengalaman para ahli dalam bentuk tutorial. Anda juga tidak perlu takut "tersesat" dan menghabiskan waktu trial dan error dalam belajar karena Anda bisa membeli informasi berharga yaitu pengalaman dari para pelaku bisnis online yang sudah terbukti berhasil. Nah, inilah investasi awal untuk Anda dalam menapaki bisnis di internet.

Sebenarnya ada banyak pilihan kursus bisnis online dan internet marketing yang bisa Anda ikuti. Tetapi jangan menghabiskan uang dan waktu Anda untuk belajar di banyak tempat sekaligus, itu tidak akan maksimal dan malah akan membuat Anda pusing dan bingung, fokuslah untuk belajar pada tempat kursus yang membahas bidang bisnis yang Anda sukai. Berikut ini adalah kurses bisnis online dan internet marketing berbayar, saya merekomendasikan beberapa website, diantaranya:

  • AsianBrain.com: Pelajari mindset internet marketing yang benar di website ini, karena sangat cocok untuk pemula hingga tingkat master. Anda juga bisa belajar tentang blogging, affiliate marketing, toko online, dan lain-lain.
  • BelajarBisnisInternet.com: Materi di website ini banyak yang diberikan gratis, produk berbayarnya adalah tutorial bagaimana cara menghasilkan uang dari affiliate Amazon.com.

Sebenarnya masih ada yang lain, nanti saya akan update.

2. Fokus, Fokus, dan Selalu Sabar

Kunci sukses di bisnis online adalah FOKUS, DAN SABAR! Banyak pemula yang gagal di tengah jalan karena tidak fokus menjalankan bisnis online yang sudah dipelajarinya. Jika ada seseorang menunjukkan screen shot penghasilannya yang besar dari Affiliasi Amazon, si pemula yang baru menghasikan "lebih sedikit" dari Google Adsense tiba-tiba berubah haluan dan ingin belajar Affiliasi Amazon.com. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Akhirnya si pemula belajar dari awal tentang Affiliasi Amazon, kemudian dia menyadari bahwa hal itu tidak semudah yang dibayangkan. Ketika dia sadar, waktu, dan uang habis terbuang namun tidak ada peningkatan bisnis yang berarti. Inilah yang sering terjadi pada mereka yang tidak mau fokus dan sabar.

Jika Anda sudah menemukan model bisnis online yang sesuai dengan minat dan kemampuan, maka fokusklah belajar dan menjalankan model bisnis itu sampai berhasil. Jangan tergoda iming-iming earning besar dari model bisnis, bahkan terkadang godaan ini bisa membuat pemula merasa bimbang. Bila kita tetap fokus dan konsisten, akan ada satu titik dimana kita menyadari bahwa bisnis online yang kita kerjakan ternyata sudah menghasilkan dan punya potensi jangka panjang. Kuncinya adalah Fokus dan selalu sabar!

3. Berani dan Pantang Menyerah

Untuk memulai bisnis sendiri pastinya membutuhkan keberanian. Anda juga harus berani menyisihkan penghasilan Anda untuk keperluan bisnis seperti; biaya membeli paket kurses bisnis online, biaya membeli domain dan hosting, biaya promosi, dan biaya lainnya. Anda harus berani dan siap rugi. Anda juga harus berani meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama dan berkorban demi kesuksesan bisnis online Anda di masa depan. Anda harus mengurangi kebiasaan yang biasanya Anda sering hang out dengan pacar atau teman kantor untuk sementara.

Untuk menjalankan bisnis online ada dua kemungkinan yang akan terjadi, antara gagal atau sukses. Tetapi tidak ada yang namanya gagal selamanya, dan tidak ada yang namanya sukses selamanya.

Pahami! Yang menentukan gagal atau sukses adalah diri kita sendiri. Kegagalan bisa saja terjadi walaupun kita sudah fokus belajar dan praktek. Nah, kegagalan itulah kita bisa belajar dari kesalahan, dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran yang berharga.

Semoga artikel sederhana ini bisa membuat Anda terpacu untuk memulai bisnis dan tidak takut untuk menjalankannya. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel