-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Postingan yang Terhapus di Instagram

Cara-Mengembalikan-Postingan-Instagram-yang-Terhapus

Kini Instagram merilis fitur terbarunya. Fitur Instagram ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan unggahan yang telah dihapus. Nama fitur ini Recently Deleted yang memungkinkan pengguna mengembalikan foto atau video apa saja yang baru saja dihapusnya. Selain itu, fitur ini bisa memulihkan konten lain yang diunggah di Instagram seperti Reels, Stories, dan IGTV.

Menurut Instagram sendiri, fitur ini akan menjadi solusi ketika pengguna tidak sengaja menghapus foto atau video penting miliknya di Instagram. Tidak hanya itu, ketika ada peretas atau hacker yang sengaja menghapus unggahan pengguna.

"Kami mengerti, terkadang peretas atau hacker menghapus konten ketika mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapatkan foto atau video mereka kembali dengan mudah," ujar Instagram, dihimpun oleh Slash Gear.

Nah, untuk mengembalikan konten Instagram Stories, pihak Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Untuk konten lain yang muncul di feed mulai dari foto, video, Reels, maupun IGTV, bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

Instagram Recently Deleted

Untuk pemulihan ini harus melalui proses verifikasi dan hal itu dibutuhkan untuk memastikan bahwa si pemilik akunlah yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja memiliki tujuan tak baik.

Ketika pengguna memulihkan konten, pemilik akun harus konfirmasi identitas melalui SMS atau e-mail. Hal itu juga berlaku, jika pemilik ingin menghapus konten secara permanen.

"Mulai hari ini, kami akan meminta pengguna untuk memverifikasi bahwa mereka adalah pemegang akun ketika ingin menghapus atau memulihkan konten dari Recently Deleted," kata Instagram di blog resminya.

Jika sudah dihapus permanen, pihak Instagram mengatakan bahwa salinan unggahan masih akan disimpan hingga 90 hari di penyimpanan cadangan sebelum benar-benar dihapus.

Penyimpanan cadangan ini sangat dibutuhkan Instagram untuk memulihkan data jika ada bencana, kerusakan di perangkat lunak atau kejadian kehilangan data lainnya. Informasi tersebut disimpan untuk keperluan lain, mulai dari masalah hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan tindak berbahaya.

Untuk cara memulihkan Fitur ini sudah dirilis secara global. Namun, ada beberapa pengguna Instagram di Indonesia belum mendapat fitur ini. Jika sudah mendapatkannya, fitur Recently Deleted bisa ditemukan dengan membuka profil. Lalu, klik ikon tiga di pojok kanan atas. Pilih Setting > Recently Deleted > pilih unggahan yang ingin dipulihkan > Restore.
... ...