7 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online

Online shop adalah toko online yang kini sudah sangat dikenal di dunia maya. Dengan faktor kemudahan dan praktis dalam berbelanja membuat bisnis toko online selalu meningkat prospeknya dari tahun ke tahun. Peluang untuk memperoleh keuntungan dari bisnis online shop memang sangat menggiurkan hingga membuat orang-orang berlomba-lomba membuat toko online yang menarik. Sayangnya, meski sudah memiliki toko online ternyata tidak semua orang mampu mendatangkan trafik pengunjung pada toko online-nya.

Seberapa pentingkah faktor trafik pada sebuah toko online?

Tentunya trafik sangatlah penting untuk keberlangsungan toko online Anda bahkan tanpa adanya trafik yang berfungsi mendatangkan calon pembeli, maka toko online Anda bisa dikatakan mati suri. Meskipun tak menjamin pengunjung yang datang ke toko online Anda pasti membeli, namun semakin banyaknya calon pengunjung yang datang setidaknya prosentase kesempatan Anda mendapatkan pembeli akan lebih besar daripada toko online yang memiliki trafik yang rendah.

Pentingnya peran traffik ini, maka Anda harus mencermati trafik toko online Anda. Jika Anda memiliki trafik yang rendah maka Anda harus segera berbenah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan trafik pengunjung pada bisnis toko online Anda yaitu:

1. Gunakan Media Sosial

Di zaman teknologi sekarang ini, toko online yang tidak dilengkapi dengan akun media sosial sepertinya sudah sangat jarang. Dengan keberadaan media sosial yang sangat familiar tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa gunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll tentu akan sangat membantu untuk meningkatkan trafik toko online Anda.

Baca Juga : Kenali Media Sosial yang Bagus Untuk Bisnis Anda

Anda bisa mencantumkan tautan link di media sosial yang mengarah langsung pada website toko online Anda, status, atau tweet yang ditulis memainkan peran yang besar. Cobalah buat semenarik mungkin status atau tweet yang akan Anda bagi agar para pengguna sosial media mau mengklik tautan yang ada.

Anda juga bisa menjalin hubungan baik (retensi) dengan para pelanggan Anda. Dengan adanya sosial media, bisnis Anda terlihat serius, nyata, kompeten, lebih profesional, dan dapat dipercaya.

2. Daftarkan Produk Pada Katalog Toko Online

Anda bisa mendaftarkan produk Anda pada direktori toko online, sehingga pengunjung akan berdatangan dan tentu trafik website Anda juga akan meningkat. Direktori toko online juga mampu untuk menambah page rank website Anda dan salah satunya yang bisa Anda jadikan referensi adalah Direktory Google

3. Daftarkan Pada Mailing List

Mailing List adalah group email yang menghubungkan banyak orang sebagai sarana interaksi dan komunikasi. Untuk meningkatkan trafik, Anda bisa mendaftarkan pada mailing list karena ini adalah sebuah layanan. Baca JugaPanduan Lengkap Membuat Email Untuk Bisnis Anda

4. Lakukan Blogwalking

Sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, blogwalking adalah suatu aktivitas/kegiatan mengunjungi blog atau website orang lain dengan berinteraksi di dalamnya seperti berkomentar dan memfollow blog atau website tersebut.

Baca Juga : Ini Kegiatan Blogwalking yang Harus Dilakukan Blogger

Tujuannya apa? Pastinya untuk memperkenalkan atau mempopulerkan website toko online Anda. Dengan melakukan kegiatan blogwalking, maka website toko online Anda akan semakin cepat dikenal orang dan semakin banyak pula orang akan berkunjung balik hingga akhirnya trafik akan menjadi meningkat.

5. Aktif Dalam Forum Online

Jika Anda ingin serius membangun sebuah toko online, sebaiknya Anda bergabung dengan beberapa forum terkenal seperti Kaskus, Detik Forum, Bersosial, atau forum lainnya. Karena ini, sebagai ajang memperkenalkan website toko online Anda, forum ini juga bisa memberikan backlink pada website toko online jika Anda mampu mencuri perhatian dari anggota forum tersebut.

Mendapatkan backlink dari situs forum maka trafik website Anda kemungkinan besar akan cepat meningkat. Jangan lupa, untuk mengikuti forum yang benar-benar berkaitan dengan tema toko online Anda. Tujuannya, agar Anda bisa lancar dalam kegiatan diskusi dan komunikasi.

6. Gunakan Strategi SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization adalah metode untuk mengoptimalkan atau memaksimalkan posisi website di mesin pencari dengan serangkaian proses dengan tujuan agar trafik website yang ditarget bisa meningkat. Beberapa kasus, teknik SEO yang benar akan sangat efektif membuat sebuah website mendapatkan trafik potensial yang berasal dari mesin pencari, terutama Google.

Baca Juga : Panduan Dasar Dalam Menerapkan SEO

Website toko online Anda bisa tampil pada halaman pertama di mesin pencari, pengunjung yang mengetikkan keyword tertentu akan melihat link website toko online Anda dan meng-klik website toko online Anda serta kemungkinan terjadinya transaksi juga akan semakin besar.

7. Manfaatkan Tools Statistik

Hal ini bisa Anda manfaatkan bagi para pelaku bisnis toko online untuk meningkatkan trafik kunjungan yaitu dengan bantuan tools statistik seperti AW Stats (ini bawaan dari CPanel), Google Analytics, dan Sitemeter. Tools yang saya sebutkan, tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Saya rekomendasikan untuk memakai Google Analytics karena keakuratan dalam menampilkan statistik pengunjung.

Tips ini memang sederhana, namun jika Anda melakukannya dengan benar dan secara konsisten pasti akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kesuksesan toko online Anda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel