-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Kegiatan Blogwalking yang Harus Dilakukan Blogger

blogwalking

Dunia blogging saat ini, kita sering kali mendengar istilah blogwalking. Khususnya para blogger mungkin istilah blogwalking sudah tidak asing lagi, namun terkadang para blogger kurang paham tentang bagaimana blogwalking yang semestinya.

Artinya, ketika kita melakukan kegiatan blogwalking jangan hanya sekedar berkunjung ke blog orang lain, tapi harus ada saling memberikan keuntungan timbal balik antara si pengunjung blog dengan si pemilik blog, dan tak boleh hanya salah satu saja.

Bagaimana cara memperoleh manfaat saat berkunjung ke blog orang lain? Kegiatan blogwalking akan memberikan manfaat jika Anda mampu memaksimalkannya. Ini kegiatan blogwalking yang harus dilakukan Blogger, diantaranya:

1. Membaca Isi Artikel Sebelum Berkomentar

Sebagian besar blogger saat blogwalking adalah tidak membaca seluruh artikel blog yang mereka kunjungi dan ini sesuatu yang tidak baik. Biasanya ada yang mengirimkan komentar yang salah atau tidak nyambung dengan isi artikel. Tentunya, ini akan membuat reputasi kita menurun, baik itu dimata pemilik blog yang kita komentari maupun pembaca lainnya.

Dengan membaca saja kadang kita belum tentu paham, apalagi tidak membaca. Ada yang begitu?

Kalau dari awal sudah tak berminat dengan topik di dalam sebuah blog, maka lebih baik tinggalkan saja blognya dan tidak usah berkomentar, daripada nantinya salah komentar dan membuat reputasi kita jelek.

2. Berikan Komentar Yang Relevan dan Jangan Asal Berkomentar

Saat berkunjung di blog orang lain tanpa berkomentar bisa dianggap tidak melakukan blogwalking, karena dengan berkomentar adalah hal yang penting dalam blogwalking. Jangan memberikan komentar sembarangan atau asal-asalan. Berikan komentar yang terbaik mengenai topik yang dibahas karena akan membuat nama dan blog kita akan mendapatkan reputasi yang baik, sehingga ini disebut teknik meningkatkan personal branding.

Bagaimana cara berkomentar yang dapat meningkatkan personal branding?

Pastinya, komentar itu harus baik, sopan, memberikan velue (nilai) tambahan terkait dengan artikel, dan yang terpenting harus menarik.

Kenapa harus menarik?

Dengan komentar yang menarik akan memberikan pengaruh positif bagi orang lain dan membuat orang lain tertarik ingin lebih mengenal kita dan blog kita.

3. Promosikan Blog

Jangan sungkan dan gengsi saat mempromosikan blog kita karena dengan meninggalkan link blog kita di blog yang kita kunjungi, maka kita sudah saling memperkenalkan diri sebagai sesama blogger. Sebaiknya Anda jangan memasang URL blog di dalam komentar, cukup dengan tambahkan URL blog Anda pada kolom yang sudah disediakan.

4. Saling Follow

Biasanya dengan melakukan blogwalking, para blogger enggan untuk saling follow. Apakah benar?

Tentunya, ini adalah hal yang tidak baik bagi para blogger dan kegiatan saling follow seharusnya harus dilakukan antar kedua belah pihak. Sebagai sesama blogger punya intuisi untuk saling follow blog, bukan menunggu di follow dulu baru memfollow balik.

5. Dapatkan Ilmunya

Hal yang terpenting saat kita berkunjung ke blog orang lain tentunya kita akan membaca isi artikel blog tersebut, dan pasti mengandung wawasan dan ilmu tentang sesuatu. Dapatkan wawasan itu dengan membaca artikelnya dengan tuntas dan banyak hal yang belum kita kuasai serta pengetahuan itu dimana-mana termasuk di blog orang lain. Mungkin saja sesuatu yang selama ini kita cari ada di blog yang sedang kita kunjungi.

Kesimpulannya, saat kita blogwalking kita harus mendapatkan sesuatu (pengetahuan) dari blog yang kita kunjungi, dan jangan asal blogwalking tanpa mendapatkan ilmunya. Usahakan blog dan bacaan yang kita tuju memberikan ilmu bagi kita sebagai pengunjung blog. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda. Salam Blogger :)
... ...