-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook vs Twitter, Manakah Yang Paling Baik Untuk Bisnis?

facebook-atau-twitter-manakah-yang-baik-untuk-bisnisTwitter

Kalau bicara soal media sosial untuk bisnis memang tidak ada habisnya, salah satu pertanyaan yang sering kali diperbincangkan adalah judul artikel ini. Tujuannya membuat pertanyaan ini untuk menentukan fokus pada bisnis kita dan dengan begitu kita tidak membuang tenaga dan waktu untuk melakukan optimasi (mungkin saja tidak menghasilkan konversi besar terhadap bisnis yang dibangun).

Perbedaan antara Facebook vs Twitter

Kita akan membahas terlebih dahulu tentang perbedaan dan kelebihan antara Facebook vs Twitter. Berikut ini adalah 2 penjelasan singkat.

1. Kelebihan Facebook 

Sekarang sosial media Facebook telah menawarkan engagement yang lebih dalam dengan para customer. Hal ini, karena space untuk memberi komentar jauh lebih besar daripada Twitter dan Customer Anda bisa memberikan komentar lebih dalam mengenai produk/jasa Anda.

Dengan fitur Likes bisa memudahkan Anda untuk meng-kategorikan interest dari customer (calon) Anda dan Fitur ini tidak ada di Twitter.

Selain itu, Anda bisa melakukan kustomisasi dengan lebih mudah terhadap aplikasi Facebook dan bisa menambahkan aplikasi sendiri. Sehingga Anda bisa memperoleh feedback yang lebih umum lagi dan pastinya jumlah pengguna Facebook jauh lebih banyak daripada Twitter.

2. Kelebihan Twitter

Kelebihan media sosial ini sangat cocok untuk interaksi bila Anda menginginkan interaksi langsung dengan follower/customer. Kita bisa menyesuaikan tagline Twitter "What's Happening?" secara tidak langsung menggerakkan pengguna untuk memantau timeline sehingga tercipta interaksi dan mengumpulkan follower baru. Salah satu cara agar dikenal, gunakan orang tersebut (mereka yang punya banyak follower) sebagai media memperkenalkan produk/jasa Anda di Twitter.

Media sosial ini bagus digunakan sebagai sarana pemberitahuan atau istilahnya Broadcast. Dengan fitur simpelnya, bisa memudahkan orang lain me-retweet dan membalas apa yang Anda bagikan. Hal ini adalah salah satu kelebihan dari Twitter dibandingkan Facebook. Twitter juga jauh lebih mudah dan simpel digunakan khususnya di perangkat mobile.

Untuk Bisnis, Pilih Facebook atau Twitter?

Kembali lagi pada pertanyaan soal mana yang lebih bagus untuk bisnis. Sesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan berikut ini ada 2 tipe campaign yaitu:

A. Brand Awareness

Kalau kita bicara bisnis, Brand Awereness sangatlah penting antara Facebook dan Twitter. Dengan begitu, customer atau pengguna mengenali lebih jauh merek yang kita jual atau promosikan.

B. Brand Engagement

Kita bisa gabungkan keduanya jika Anda mau dan memang membutuhkan. Ada juga beberapa kelebihan Twitter yang patut Anda pertimbangkan saat ini:

1. Perkembangan Twitter yang semakin cepat dibandingkan Facebook
2. Anda juga bisa menggunakan public figure/influencer untuk membantu penjualan Anda. Meskipun Facebook sudah menghadirkan fitur fanpage untuk para public figure ini namun kebanyakan public figure lebih sering meng-update di Twitter
3. Seperti yang sudah saya jelaskan di poin mengenai Twitter tadi, Anda bisa mendapatkan lebih dari sekedar like seperti retweet atau mention. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan follower mengenai bisnis Anda akan jauh lebih besar
4. Kita bisa tahu seberapa efektif informasi yang Anda berikan pada follower

Dari pertimbangan di atas bukan berarti saya "memihak" Twitter. Semua bergantung pada jenis produk dan target pasar Anda.

Saran saya, untuk mengembangkan jangkauan bisnis yang lebih luas, Anda bisa mencoba kedua platform media sosial ini untuk mengetahui mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Poin Plus, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin meningkatkan konversi:

1. Iklan yang menarik - Brand sekarang ini, sudah dianggap lebih "humanis" karena hadir dengan konsep yang lebih menarik.

2. Reputasi manajemen - Brand Anda akan lebih cepat menyebar di sosial media, karena sebagian besar netizen menghabiskan waktu di sosial media. Dengan manajemen reputasi yang baik lewat interaksi yang baik hendaknya dimasukkan dalam daftar tugas Anda.

3. Kelola secara profesional - Segala bentuk kreasi yang menarik, dan goal apa yang akan dicapai hendaknya dikelola secara profesional. Dengan hal ini, Anda tidak akan membuang waktu dan tenaga karena "berinteraksi tanpa tujuan".

Demikian penjelasan sederhana ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...