-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Adwords vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Efektif?

Google Adwords vs Facebook Ads

Dalam membangun sebuah bisnis, promosi memegang peranan penting. Jika tidak ada promosi yang dilakukan maka calon konsumen kemungkinan tidak akan mengetahui bisnis tersebut. Mereka juga tidak tahu apa produk itu, kegunaan dan apa kelebihannya.

Bagaimana mereka bisa tertarik untuk membelinya? Sekarang banyak sekali penjual yang kreatif membuat iklan, tujuannya adalah untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk itu.

Pada zaman teknologi ini, perkembangan promosi pada dunia usaha sudah berkembang pesat. Bukan hanya lewat media elektronik maupun media cetak, tapi kini promosi produk itu bisa dilakukan juga di dunia maya. Banyak strategi yang diterapkan oleh pebisnis agar produk mereka di kenal dan penjualan mereka tumbuh dengan pesat.

Bagaima cara untuk mendatangkan pembeli? Caranya adalah media berbayar...

Seperti yang kalian ketahui, Google Adwords dan Facebook adalah dua jenis iklan berbayar yang tidak diragukan lagi keunggulannya.

Dua jenis iklan berbayar yang memang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya, yaitu Google dan Facebook.

Mana yang lebih efektif, Google Adwords vs Facebook Ads?

Seperti yang kita lihat saat ini, Google dan Facebook sudah membuah sebuah program iklan berbayar yang mengarahkan pengunjung untuk melihat yang akan kita pasang disana. Google dan Facebook memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Hal ini terbukti bahwa:
  • Google sebagai mesin pencari, menggunakan hasil pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan
  • Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah pengguna yang sangat banyak bisa dijadikan sebagai tempat yang pas untuk meletakkan iklan.

Lalu, mana yang lebih efektif? Facebook atau Google Adwords?

Kebanyakan orang yang mendalami dunia internet marketing merasa kebingungan dengan pertanyaan ini. Karena keduanya memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Pastinya, dari keduanya ada salah satu yang paling efektif dalam mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi website bisnis kita.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang mana yang paling efektif antara kedua iklan berbayar ini:

1. Google Adwords

Google Adwords adalah sebuah program periklanan yang dibuat oleh perusahaan situs mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google. Tentunya, prospek Google akan memanfaatkan mesin ini sebagai tempat untuk memasang iklan.

Kelebihan:
  • Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia saat ini, tentunya memiliki pangsa pasar yang sangat besar
  • Kita bisa mengatur dalam meletakkan iklan yang mudah dilihat oleh orang lain
  • Kita bisa memilih kategori iklan, ketika orang yang mencari kata kunci yang berhubungan dengan promosi kita, maka iklan itu akan muncul disana
  • Kita bisa menyesuaikan iklan dengan target, dengan memanfaatkan kata kunci yang dicari, maka iklan akan sesuai dengan target yang kita incar
  • Pengunjung tidak harus login ke Google untuk bisa melihat iklan itu, sehingga kita akan bisa menjangkau lebih banyak orang yang membuka mesin pencari ini
  • Proses pembayaran iklan yang kita pasang, memang dulu pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit saja, tetapi sekarang kita bisa membayar iklan di Google Adwords dengan cara deposit via transfer ATM
  • Untuk laporan terjadwal iklan Anda tercatat dengan baik oleh Google, sehingga kita bisa monitoring atau management pengeluaran biaya untuk iklan dan pastinya Google sangat akurat dalam memberikan data termasuk perhitungan anggaran maupun budget

Kekurangan:
  • Jika iklan tersebut terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan secara otomatis akan di banned permanen. Maka dari itu, kita perlu hati-hati dalam memasang iklan disana dan perhatikan juga TOS dari Google Adwords agar tidak melanggar peraturan

2. Facebook Ads

Facebook Ads adalah layanan periklanan yang disediakan oleh Facebook (media sosial terbesar di dunia). Posisi peletakan iklan mereka berada di sisi kanan tampilan media sosial Facebook dengan keterangan "Sponsored" dan juga di bagian News Feed.

Kelebihan:
  • Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, maka Facebook menjadi tempat dimana banyak orang bersosial setiap harinya. Dari banyaknya orang, Facebook memanfaatkan Efek Viral dari para penggunanya
  • Anda juga dapat memilih kepada siapa iklan Anda akan tampil, karena Facebook memberikan kriteria secara detail mengenai target market Anda
  • Iklan Anda dapat menjangkau jutaan pengguna Facebook perhari di lokasi yang Anda tentukan
  • Facebook Ads tersedia Ads Manager, fungsinya untuk memonitoring iklan Anda

Kekurangan:

Iklan hanya dapat dilihat oleh pengguna Facebook. Hal ini berbeda dengan Google Adwords, yang dapat dilihat secara global oleh semua yang mengunjungi search engine di Google. Walaupun menjadi media sosial terbesar di dunia untuk saat ini, tentu tidak semua orang memiliki akun Facebook.

Kekurangan dari media iklan berbayar yang satu ini adalah iklan hanya dapat dilihat oleh mereka yang menggunakan Facebook. Meskipun menjadi media sosial terbesar di dunia untuk saat ini, tentunya tidak semua orang memiliki akun Facebook.

Masih banyak orang yang tidak memiliki akun Facebook sehingga membuat target iklan di Facebook hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja yaitu mereka para pengguna Facebook aktif.

Jika melihat kelebihan dan kekurangan, manakah yang paling efektif Google Adwords vs Facebook Ads? Semua kembali kepada calon pengiklan. Dari penjelasan saya diatas, kita dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...