-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Pasang Iklan di Google Adwords, Ternyata Ada Seni Tersendiri

Tips Pasang Iklan di Google Adwords

Google Adwords adalah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Google. Saat ini Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia dan menjadi tempat yang tepat untuk menempatkan di bisnis kita. Kita juga bisa memanfaatkan kata kunci yang dicari di mesin pencari, maka Google akan memunculkan iklan yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Dengan begitu, target iklan akan lebih tepat dibandingkan dengan iklan jenis lainnya.

Kita bisa memasang iklan baik itu gambar maupun tulisan di Google Adwords dan membuat iklan dengan beberapa baris kata yang sejak dulu menjadi seni tersendiri. Tidak semua orang bisa merangkai kata, meskipun singkat tapi kesulitan dalam merangkainya sangat tinggi. Jika tidak menggunakan iklan seperti itu, maka target iklan akan meleset dari target awal yang diinginkan.

Tips Pasang Iklan di Google Adwords

Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana tips memasang iklan di Google Adwords dengan cara membuat teks iklan yang lebih efektif. Sebelum membahas masalah ini, alangkah baiknya kita mengenal beberapa kebijakan yang diterapkan oleh Google Adwords dalam iklan teks ini.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita menulis teks iklan untuk Google Search.

Ada 4 peraturan utama yaitu:

  1. Untuk judul iklan (headline title) 25 karakter termasuk spasi
  2. Untuk isi iklan (description line) terdiri dari 2 baris, dan diisi dengan 35 karakter termasuk spasi
  3. Untuk display URL yang nantinya akan memunculkan link menuju website kita, dan diisi 35 karakter termasuk spasi
  4. Untuk destination URL nantinya akan mengarahkan pengunjung setelah mengklik iklan dan diisi sebanyak 1024 karakter termasuk spasi


Kita juga harus memahami kebijakan yang diterapkan oleh Google Adwords. Jika kita melanggarnya, iklan yang kita pasang akan di banned secara permanen dan lebih lengkapnya apa saja peraturan itu, dapat dibaca di Google Adwords.

Setelah kita mengetahui peraturan dasar penulisan serta apa yang menjadi kebijakan Google Adwords adalah membuat teks yang akan dipasang dalam iklan itu. Sebelum merangkai kata, berikut ini beberapa tips pasang iklan di Google Adwords, ternyata ada seni tersendiri.

1. Selalu Perhatikan Relevansi

Agar iklan teks sesuai dengan sasaran (target) adalah relevansi. Kita juga harus mempertahankan relevansi antara isi teks, landing page, adgroup, serta kata kunci yang kita targetkan dan dengan begitu maka iklan akan sesuai dengan target yang kita inginkan. Nah, untuk mempermudah pemahamannya, perhatikan contoh dibawah ini:

Saat kita membangun toko online yang menjual sepatu. Selanjutnya kita membuat 1 group kata kunci yang berisikan tentang sepatu pria. Lalu, teks iklan yang dipasangkan harus sesuai dengan kata kunci seperti "Promo diskon 30% sepatu casual pria terbaru!" dan ketika pengunjung mengklik iklan itu, maka akan diarahkan ke website yang berisi tentang sepatu pria.

2. Berikan Informasi yang Tepat Sasaran

Sebagai media promosi, maka hal pertama adalah memberikan informasi kepada pembeli. Berikan informasi singkat tapi jelas agar mereka tidak kebingungan dan tulislah beberapa informasi penting, unik, dan keunggulan produk itu.

Berikan informasi yaitu detail produk, benefit penggunaan produk, special offer seperti diskon maupun free ongkir (ongkos kirim), serta keunggulan produk itu dibandingkan produk lainnya. Meskipun jumlah karakter dibatasi, di sinilah skill kita dalam merangkai kata singkat tapi bisa mewakili tujuan iklan sehingga bisa tersampaikan dengan baik.

3. Persuasi

Iklan online yang tepat adalah terdapat pesan persuasive atau call to action. Ketika kita mengklik iklan itu, kita harus mengajak mereka untuk melakukan aksi selanjutnya yaitu melakukan pembelian barang yang kita iklankan, seperti "Gratis kirim sepatu, promo terbatas hari ini!".

4. Lakukan Rotasi

Coba Anda buat beberapa teks iklan lalu iklankan dalam waktu bersamaan. Selalu perhatikan performa masing-masing iklan, dalam waktu seminggu atau sebulan lihatlah performa dari iklan-iklan itu. Setelah itu, pilihlah mana iklan yang paling banyak menarik pengunjung dan menghasilkan konversi penjualan. Selain itu, jika iklan yang tidak memberikan hasil, lebih baik diganti atau pause-pause iklan tersebut.

Demikian penjelasan sederhana mengenai tips memasang iklan di Google Adwords dan semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...