Pengertian Brainware dan Contohnya, Serta Peranannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Pengertian Brainware, Contoh dan Peranan dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Pengertian Brainware

Apa itu Brainware? Pengertian Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai, atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Nah, ada beberapa contoh dari brainware yaitu programer, netter, dan para pengguna komputer lainnya.

Arti dari brainware adalah perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan hardware (perangkat keras) ataupun software (perangkat lunak). Untuk pengguna komputer, biasa disebut dengan user, dan mereka dibagi menjadi beberapa macam. Berikut ini adalah contoh dari brainware:
  1. Programer: orang yang mempunyai kemampuan dalam bahasa pemrograman dan sering berperan sebagai pembuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
  2. Administrator: orang yang bertugas untuk mengolola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
  3. Operator: Orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, seperti merawat sistem operasi komputer, serta menyiapkan data untuk diakses.

Pada sistem komputer, brainware menjadi hal utama atau sangat penting dan tidak dipisahkan dari hardware dan software. Kenapa begitu? Tanpa adanya brainware maka software dan hardware tidak bisa berjalan, sebaliknya jika hardware tidak bisa dijalankan tanpa adanya software, sedangkan tanpa adanya brainware maka software dan hardware tidak bisa berjalan.

Jadi, ketiga komponen tersebut saling berhubungan atau membutuhkan satu sama lain.
Pengertian Brainware dan Peran dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Pengertian brainware di dunia komputerisasi merupakan seseorang yang terlibat dalam pengoperasian serta pengaturan sistem yang ada dalam perangkat komputer.

Umumnya, brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis diperlukan untuk mengasilkan informasi yang sangat berguna untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan dalam hal kompetisi. Karena sistem informasi memainkan peran penting dalam menghadapi persaingan bebas.

Komponen Brainware Bisnis dan Perusahaan

Brainware merupakan orang yang memiliki, mengendalikan, mengawasi, membangun sistem informasi dalam organisasi atau bisnis. Untuk mencapai tujuan dalam sebuah bisnis yang diimplementasikan dalam perusahaan, membutuhkan beberapa komponen sebagai pendukung manajemen sistem informasi guna meningkatkan kemampuan untuk bersaing dengan kompetitor.

Komponen brainware yang harus ada dalam perusahaan, diantaranya:

1. Sistem Analis

Seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian di dalam memilih perangkat lunak beserta kebutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis harus memiliki keahlian (skill) seperti manajerial, teknis, analisis, dan interpersonal.

2. Programmer

Seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemrograman dalam dunia komputerisasi. Tugas dari programer, membuat dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung sistem komputer yang akan atau telah dirancang. Seorang programmer sangatlah penting, untuk mengatasi hack terhadap database perusahaan.

3. Administrator

Seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi berserta program yang dijalankan pada sebuah komputer maupun jaringan yang ada di perusahaan. Ada yang menyebutnya dengan database administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan. Tugasnya yaitu mengatur, mengelola, dan menyimpan sebagai arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.

4. Konsultan

Seseorang yang memiliki pengetahuan dibidang komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, hanya sebagai penasehat yang handal. Perusahaan atau bisnis memerlukan komponen ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

5. Project Manajer

Seorang pemimpin dari suatu project tertentu. Biasanya disebut sebagai mandor. Dalam sebuah bisnis tentu saja ada beberapa project yang dipimpin oleh seorang project manajer (mandor) dan komponen ini sangat penting sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan.

Brainware memiliki peranan langsung terhadap ke-optimalan dalam hal manajemen informasi suatu bisnis yang sedang berkembang. Nah, beberapa peran seorang brainware dalam sebuah bisnis, antara lain:
  • Sebagai unit manajemen yang berkaitan dengan database dalam komputer. Perusahaan atau bisnis harus memiliki komponen brainware sebagai sekelompok orang yang bertugas mengelola manajemen informasi perusahaan.
  • Sebagai pengawasan dan mengendalikan terhadap jaringan komputerisasi di dalam perusahaan. Jika peran dari brainware tidak ada, maka bisa berakibat pada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan kemungkinan data akan diretas oleh kompetitor.
  • Seorang pimpinan perusahaan termasuk brainware, yaitu sebagai "otak" atau CPU-nya perusahaan untuk mengendalikan ke arah mana perusahaan akan dibawa. Pemimpin yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya dapat menyebabkan perusahaan salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentunya ini akan berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan.
  • Komponen brainware terutama manajer perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk menghasilkan sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.

Sebuah perusahaan bisnis yang sedang berkembang, komponen brainware harus di upayakan untuk dimiliki sebagai langkah untuk menuju keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik dapat menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat secara langsung terhadapa perkembangan perusahaan beserta keamanannya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian brainware, contohnya, peranan dalam bisnis dan perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel