-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hardware: Fungsi, Jenis, dan Contoh Hardware

Pengertian Hardware Komputer

Pengertian Hardware

Apa itu Hardware? Pengertian Hardware adalah sebuah komponen pada komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata, disentuh dan diraba secara langsung.

Fungsinya, untuk mendukung segala proses dalam komputer dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau sering disebut dengan brainware. Dengan adanya hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa komputer memiliki beberapa komponen yang bekerja secara bersama-sama untuk mengelola informasi mentah menjadi informasi baru yang mudah dimengerti oleh manusia. Nah, jika salah satu komponen tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya maka proses pengelolahan informasi/data pada komputer tidak akan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Pengertian Komputer

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Beberapa para ahli dibidang komputer pernah menjelaskan mengenai definisi hardware, yaitu:

1. Ali Zaki

Menurut Ali Zaki, pengertian hardware adalah bagian dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer.

2. Raya Fahreza

Menurut Raya Fahreza, pengertian hardware adalah bagian fisik dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software tersebut.

3. James O'Brien

Menurut James O'Brien, pengertian hardware adalah semua peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses data sehingga transmisi data lebih efektif.

4. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro, pengertian hardware adalah perangkat fisik yang berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

5. Sunarto S. Kom

Menurut Sunarto S. Kom, pengertian hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.

6. R. Wilman dan Riyan

Menurut R. Wilman dan Riyan, definisi hardware adalah serangkaian piranti eletronik yang tercompact pada ponsel. Fungsinya, menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

7. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto, pengertian hardware adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik, seperti dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

8. Rainer

Menurut Rainer, hardware adalah perangkat komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Fungsinya, untuk menerima data informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.

Fungsi Hardware Secara Umum

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pengertian hardware adalah komponen pada komputer yang dapat dilihat, disentuh, dan memiliki fungsi tertentu. Masing-masing hardware komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada empat fungsi utama dari hardware, yaitu:

1. Menerima Output

Hardware memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Dari masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

2. Mengolah Informasi/Data

Beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengelola atau memproses input menjadi informasi baru.

3. Memberikan Ouput

Setelah diproses, nantinya hardware akan memberikan output atau keluaran kepada user dan seriap output yang dilihat oleh pengguna akan ditampilkan melalui hardware khusus.

4. Menyimpan Data/Informasi

Setiap output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Tidak hanya terpasang di dalam komputer, tetapi ada juga hardware yang dipasang di luar.

Jenis-Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

Untuk lebih detailnya mengenai hardware diatas, berikut ini adalah tiga jenis hardware atau perangakat keras berdasarkan fungsinya:

1. Perangkat Masukan (Input Device)

Input Device adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke komputer. Nah, informasi atau data tersebut berbentuk gambar, teks, video, dan audio.

Beberapa contoh input device yaitu:
  • Keyboard
  • Mouse
  • Microphone
  • Webcam
  • Dan lain-lain

2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Perangkat Pemrosesan (Process Device) adalah perangkat komputer yang berfungsi mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Perangkat Pemrosesan data juga disebut sebagai "inti" komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.

Beberapa contoh Perangkat Pemrosesan (process device) yaitu:
  • CPU (Central Processing Unit)
  • VGA (Video Graphic Adapter)
  • RAM (Random Acces Memory)
  • Power Supply
  • Dan lain-lain

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Pengertian output device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Misalnya saja, informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio. Beberapa hardware ouput device yaitu:
  • Monitor Komputer
  • Proyektor
  • Printer
  • Dan lain-lain

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

Perangkat penyimpanan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik itu perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Contohnya, hard disk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.

Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan di dalam komputer, tetapi bisa juga dilakukan di luar komputer dengan hard disk eksternal.

5. Perangkat Tambahan (Periferal)

Perangkat tambahan hardware berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna (user). Perangkat tambahan (Periferal) pada komputer berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet adalah Modem.

Contoh Hardware Pada Komputer

Berikut ini adalah beberapa contoh hardware pada komputer yaitu:

1. Contoh Hardware Input Device
  • Keyboard - Perangkat ini berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer.
  • Mouse - Perangkat ini berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.
  • Scanner - Fungsi dari scanner yaitu untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting karena untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah di stempel dan tanda tangani.

2. Contoh Hardware Process Device
  • CPU - Perangkat ini berfungsi untuk mengontrol semua proses kerja pada komputer, mulai dari instruksi, pengelolahan hingga menghasilkan ouput.
  • VGA - Perangkat ini berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
  • RAM -  Perangkat keras ini sangat penting karena menentukan kecepatan akses pada komputer.

3. Contoh Hardware Output Device
  • Monitor - Jika kita mengacu pada pengertian hardware, maka yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Karena monitor menjadi komponen printer yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.
  • Printer - Perangkat ini berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.
  • Proyektor LCD - Perangkat ini berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan penggunaan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.

4. Contoh Hardware Storage Device
  • Hard Disk - Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Hard disk juga ada yang bentuknya portable atau sering disebut hard disk eksternal.
  • Flash Disk - Fungsinya, sebagai alat penyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkan ke komputer atau media lainnya. Flash disk ini biasanya digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
  • Optical Disk - Media penyimpan data yang dapat ditulis dan dibaca oleh cahaya laser. Misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versati;e Disk (DVD).

5. Contoh Hardware Periferal
  • Modem - Sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, maupun sebaliknya. Modem juga dapat menghubungkan komputer ke internet.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian hardware, fungsi, jenis, dan contoh hardware. Nah, komponen perangkat keras ini umumnya mudah ditemukan di berbagai perusahaan. Semoga bermanfaat!
... ...