-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer: Fungsi, Jenis, dan Komponen Komputer

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Apa itu Komputer? Pengertian Komputer adalah suatu alat atau perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesudai dengan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya.

Definisi komputer itu sendiri adalah suatu alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu sistem kerja. Nah, sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada.

Ada 3 elemen utama dalam komputer, antara lain:
  • Perangkat Lunak (Software): sistem operasi dan berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai dengan perintah pengguna.
  • Perangkat Keras (Hardware): terdiri dari Processor, RAM, Hardisk, Motherboard, dan CPU.
  • Pengguna Komputer (Brainware): pemakai atau operator komputer.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Supaya kita lebih memahami apa arti Komputer, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli, berikut penjelasannya:

1. Donald H. Sanders

Menurut pendapat Donald H. Sanders, pengertian komputer adalah Suatu sistem elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat, dirancang, menerima dan menyimpan data, serta memproses data. Sehingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

2. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya:
  • Menerima input
  • Memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan
  • Menyimpan perintah dan hasil pengolahannya
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi.

3. Williams dan Swayer

Menurut Williams dan Sawyer, definisi komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data, dan memproses atau memanipulasi data ke dalam informasi yang dapat digunakan.

4. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Baca Juga: Pengertian File

Fungsi Komputer

Pada dasarnya fungsi komputer sangat beragam, bergantung pada penggunanya. Mengacu pada pengertian komputer yang sudah dijelaskan diatas, berikut ini adalah fungsi utamanya

1. Data Input

Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lainnya. Nah, data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

2. Data Output

Fungsi komputer lainnya adalah untuk menghasilkan output atau informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, printer, dan speaker.

3. Data Processing

Fungsi utama komputer adalah melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Pada umumnya, data yang sudah diolah ke dalam komputer adalah berbentuk teks, gambar, audio,. video, grafik, dan lainnya,

4. Data Storage

Komputer dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga ditemukan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori Internal komputer ataupun memori Eksternal.

5. Data Movement

Fungsi dai komputer adalah untuk memudahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

Komponen Komputer

Berdasarkan fungsinya, komponen komputer dapat dibedakan dalam tiga kelompok, yaitu Input, Process, dan Output.

1. Komponen Input

Komponen hardware ini memiliki fungsi sebagai pemberi perintah berbagai tugas yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen input ini diantaranya:
  • Keyboard: Memberikan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII.
  • Mouse dan Trackpad: Alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
  • Pen (Layar Sentuh): Fungsi ini mirip seperti mouse tapi bentuknya seperti pena.
  • Scanner: Alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone: Alat untuk input data ke dalam bentuk audio.

2. Komponen Proses

Komponen proses ini memiliki fungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian ditampilkan pada komponen output. Beberapa komponen proses, diantaranya:
  • Processor: Komponen utama dalam proses mengolah data.
  • Motherboard: Komponen penghubung berbagai komponen lainnya dalam komputer.
  • Hard Disk: Komponen untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, seperti sistem operasi komputer.
  • RAM: Memori untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara.

3. Komponen Output

Komponen output adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yaang telah di proses oleh komputer. Beberapa komponen output, diantaranya:
  • Monitor: Komponen yang dapat menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer.
  • Printer: Komponen komputer yang dapat mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker: Komponen komputer yang dapat menghasilkan output berupa audio atau suara.

Jenis-Jenis Komputer

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi tujuh jenis komputer, diantaranya:

1. Komputer Portabel

Komputer portabel dapat dibawa kemana saja, dimana penggunanya untuk keperluan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah. Jenis komputer ini memang kurang populer karena cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.

2. Komputer Dekstop

Sesuai dengan namanya, komputer ini pasti berada di atas meja dan memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.

3. Komputer Palmtop

Bentuk komputer ini kecil dan bisa digenggam. Komputer jenis ini sangat jarang digunakan sejak diluncurkan Smartphone.

4. Komputer Tower

Bentuk dari komputer jenis ini lebih besar dari komputer dekstop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer toweer ini dapat ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki expansionslot.

5. Komputer Notebook

Ini merupakan jenis laptop tapi ukurannya lebih tipis. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelajar, pengajar, dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan ringan.

6. Handbook

Ini merupakan jenis notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umunya. Handbook ini memiliki processor dengan spesifikasi yang rendah.

7. Komputer Laptop

Komputer jenis ini dapat diletakkan dimana saja, bahkan di pangkuan penggunanya. Laptop ini memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komputer, fungsi, komponen, serta jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.
... ...