-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apple Dikabarkan Akan Memakai Panel OLED Eksklusif Untuk iPhone Pro 2020 dari Samsung

Logo Apple dan Samsung

Bagi penggemar Apple, pada akhir tahun 2018 terdapat rumor yang menyatakan bahwa iPhone 2019 akan menggunakan panel eksklusif dari Samsung. Namun, ini hanya rumor belaka yang urung terwujud.

Tunggu dulu, hal ini akan terwujud lho pada iPhone Pro 2020. Menurut laporan ETNews, bahwa Samsung akan menjadi pemasok panel OLED Y-OCTA eksklusif untuk iPhone 5,4" dan 6,7".

Panel tersebut menggunakan teknologi on-cell touch sensing, sehingga tidak lagi memerlukan layar sensitif yang terpisah, membuat panel layar lebih tipis dan lebih murah untuk diproduksi. Panel ini memiliki lebih sedikit lapisan atau layer dapat mengurangi glare ketika perangkat melakukan boot.

Panel OLED Y-OCTA Samsung

Dilansir dari GSM Arena, Samsung adalah satu-satunya perusahaan yang dapat memproduksi panel seperti itu secara massal pada skala yang dibutuhkan Apple. Pada tahun 2018 lalu, Apple dikabarkan bekerja sama dengan Samsung mengenai panel OLED Y-OCTA ini.

Tetapi, rumor yang beredar bahwa Apple masih belum puas dengan perkembangannya sehingga mundur dari kesepatakan.

Apple diharapkan meluncurkan dua smartphone lagi tahun depan. Nah, kedua smartphone tersebut yakni iPhone SE 2 menggunakan LCD 4,7 inci dan iPhone 12 non-Pro dengan OLED 6,1".

Beda halnya dengan model Pro, Apple akan mencari panel OLED untuk iPhone 12 dari Samsung dan LG. Itu artinya, tidak ada on-cell touch untuk smartphone 6,1 inci dan BOE kemungkinan keluar sebagai pemasok potensial.

Samsung sendiri, telah menggunakan panel Y-OCTA sejak Galaxy Note 7 nya. Galaxy S8 juga menggunakan teknologi tersebut, sedangkan Samsung Galaxy S8 plus menggunakan layar lebih besar dengan panel old-school nya.

Pasokan pertama OLED Y-OCTA Samsung ini diprediksi akan dimulai pada kuartal pertama 2020. Kita tunggu saja perkembangannya.
... ...