-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Jaringan 5G?

Apa Itu Jaringan 5G?

Perkembangan dunia teknologi sekarang ini semakin pesat. Sebagai salah satu pilar utama dalam aktvitas sehari-hari, teknologi juga turut serta berkembang demi memudahkan penggunanya. Salah satu sektor teknologi yang terkena dampak positif dari inovasi para pemain di dalamnya adalah telekomunikasi. Sekarang ini, perkembangan telekomunikasi 5G semakin memudahkan penggunanya.

Zaman dulu, semua hanya mengenal telepon umum dan juga telepon yang ada di rumah. Setelah itu, munculah teknologi yang bernama Handphone dan teknologi 3G yang sangat diminati karena memberikan banyak kemudahan. Khususnya dalam kecepatan internet serta fitur video call. Berlanjut ke teknologi jaringan 4G hingga akhirnya tahun lalu, mulai muncul teknologi jaringan 5G.

Apa Itu jaringan 5G? Apa saja keunggulan dan kapan bisa digunakan di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Kemajuan Teknologi yang Sangat Pesat

Teknologi jaringan 5G adalah salah satu bukti nyata dari inovasi yang terus dilakukan. Walaupun, sebenarnya teknologi 4G masih memadai untuk saat ini. Dalam teknologi 5G, sistem kerja yang di pakai pun masih tetap seperti biasa. Maka dari itu, teknologi 5G ini harus di manfaatkan oleh Indonesia. Sebagai bagian mengikuti perkembangan dan bisa membantu kebutuhan masyarakat dengan adanya teknologi 5G.

Data tersebut dikirimkan melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi yang memiliki perbedaan masing-masing. Nah, perbedaan ini dibagi sesuai dengan tipe komunikasi yang dibutuhkan, misalnya seperti sinyal siaran televisi, navigasi maritim dan sekaligus sangat berguna dalam telekomunikasi adalah mobile data.

Meski sudah ada jaringan 3G dan jaringan 4G, semua gelombang radio akan dioptimalkan sesuai dengan teknologi yang digunakan. Ketika kita bicara mengenai 5G, maka semuanya akan menjadi lebih cepat, tapi apa saja keunggulan dari teknologi 5G.

Keunggulan

Teknologi jaringan 5G masih berupa konsep yang keunggulannya belum bisa dirasakan dengan jelas. Tetapi jika kita melihat lebih dalam lagi dalam konsep 5G, maka bisa disimpulkan beberapa keunggulan dari teknologi seperti:
  • Memiliki kecepatan data yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan 4G sehingga membuat penggunanya akan lebih nyaman saat memakainya.
  • Memiliki kecepatan satu mili per detik untuk transfer data dari satu telepon ke telepon lainnya.
  • Teknologi jaringan 5G memberikan kelebihan yang sulit disamakan dengan teknologi lain yaitu bisa terkoneksi dengan alat lainnya seperti telepon, dan mobil.

Tiga keunggulan teknologi jaringan 5G diatas, terlihat jelas bagaimana kecepatan 4G yang sudah terhitung cepat pada saat ini bisa dikalahkan dengan mudah dengan kecepatan jaringan 5G. Menurut prediksi saya, kecepatan yang dimiliki jaringan 5G bisa mencapai 800 Gbps.

Indonesia Menyambut Jaringan 5G

Indonesia tentu tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mencoba jaringan 5G. Menurut Menkominfo, Indonesia harus segera menyambut teknologi jaringan 5G. Usaha terbaru yang dilakukan yaitu memakai 4% dana dari total PNBP Kominfo, sebesar Rp. 16 triliun untuk membeli frekuensi 5G. Melihat hal itu, terlihat bahwa usaha pemerintah untuk membawa teknologi terbaru ini ke masyarakat yang tentunya sangat membutuhkan inovasi teknologi.

Jika teknologi jaringan 5G sudah berhasil masuk ke Indonesia dan bisa digunakan oleh masyarakat kita, maka semua akan berjalan lebih baik lagi daripada yang sebelumnya. Akhirnya masyarakat juga semakin tahu terhadap teknologi. Semoga bermanfaat!
... ...