-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Untuk Mengurangi Polusi Udara

3 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengurangi Polusi Udara

Polusi udara tidak hanya menyebabkan gangguan pernafasan saja, tapi juga dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Karena tingginya mobilitas masyarakat dalam berkendara sehingga meningkatkan tingkat polusi udara.

Apalagi di daerah perkotaan, polusi udara lebih tinggi dan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa polusi udara merupakan salah satu masalah lingkungan terbesar yang memberikan dampak siginifikan pada kesehatan manusia.

Mengurangi polusi udara bisa dapat mengurangi risiko penyakit stroke, jantung, paru-paru, serta masalah pernapasan akut maupun kronis seperti asma.

Memang, sekarang ini kualitas udara di kota-kota besar di dunia masih belum memenuhi standar kesehatan dunia, salah satunya kota-kota di Indonesia.

Nah, bagaimana cara untuk mengurangi polusi udara ini? Dengan cara dibawah ini, Anda turut serta untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran udara.

3 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengurangi Polusi Udara

1. Mengurangi Polusi Udara di Jalan
Bagaimana cara meminimalisir polusi udara di kota? Anda bisa memulai perubahan sederhana yakni:
  • Beralih ke Transportasi Umum
  • Banyaknya kendaraan pribadi di jalan raya sehingga menyebabkan kemacetan dan polusi udara. Anda bisa menguranginya dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sehingga asap dari kendaraan pribadi sedikit berkurang.
  • Bersepeda
  • Penerapan Car Free Day (CFD) merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengurangi polusi udara sekaligus menyehatkan. Hal ini bisa kita jumpai ketika hari libur (Minggu) bukan.. Tapi bagaimana jika penerapan ini ditambah menjadi 2 hari (Sabtu dan Minggu). Setidaknya kita bisa mengurangi pencemaran udara di jalan raya.
  • Merawat Mesin Kendaraan Secara berkala
  • Jika kendaraan pribadi Anda tidak terawat dengan baik maka akan berisiko polusi udara. Polusi udara bisa datang pada kendaraan bermotor atau mobil. Rawatlah kendaraan secara berkala, seperti Anda merawat diri sendiri.

2. Mengurangi Polusi Udara di Rumah
Tidak hanya kendaraan pribadi saja, tapi Anda bisa melakukan hal sederhana yakni di rumah. Anda untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan, diantaranya:
  • Membuat Taman di halaman Rumah
  • Menanam rumput atau pot di halaman rumah membuat udara menjadi lebih segar dan menyehatkan. Termasuk urban farming juga. Bagaimana jika lahannya terbatas? Anda bisa menggunakan sistem hidroponik.
  • Tidak Merokok di dalam Rumah
  • Ubahlah kebiasaan merokok di dalam rumah. Karena asap rokok terkandung bahan kimia yang bisa mencemarkan polusi juga. Tidak hanya itu saja, orang yang tidak merokok bisa saja terkena risiko pernafasan, asma dll.
3. Kurangi Sampah dan Daur Ulang
  • Gunakan barang-barang bekas untuk membuat kerajinan yang unik dan keren. Selain menghemat uang, setidaknya Anda sudah berhasil mengurangi polusi udara. Anda bisa membeli barang-barang bekas di toko loak, mebel bekas dan perabot bekas di dekat rumah.
  • Cobalah untuk menghindari pembelian produk styrofoam. Mengapa demikian? Karena styrofoam adalah bahan kemasan yang sulit untuk didaur ulang.

Ada banyak cara untuk mengurangi polusi udara ini. Jika cara-cara diatas secara konsisten dilakukan oleh semua orang maka polusi udara akan berkurang.

Demikian Cara Mengurangi Polusi Udara. Semoga bermanfaat!
... ...