-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Simak! 7 Industri Ini Paling Butuh Teknologi 5G di RI


Masmalven.com - Christian G. Gustiana, General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, memberikan keterangannya bahwa teknologi 5G siap untuk di implementasikan pada sektor industri.

Sebelum masuk ke pembahasan, yuk ketahui apa itu jaringan 5G ini.

"Kami ingin menjadi yang pertama menerapkan 5G di Indonesia. Maka dari itu, sesuai mandat Kominfo, akhirnya kita berhasil mencoba sinyal 5G di Batam," ujarnya

"Belum diketahui prediksi 5G di Indonesia Telkomsel untuk komersil. Kami di Telkomsel lebih condong mengimplementasikan 5G untuk industri atau B2B bukan kepada konsumen," Tambah Christian.

Christian juga membeberkan 7 industri yang bisa memanfaatkan jaringan 5G ini:

1. Pengawasan dengan Drone

Smart Air Patrol adalah teknologi yang memanfaatkan drone untuk mengawasi operasional pabrik secara real-time dengan pengiriman berlatensi rendah.

Bisa juga dipakai untuk penyiraman pupuk atau memantau saluran pipa untuk industri agrikultur, minyak dan gas.

2. Pemantauan Lalu Lintas

Smart Surveillance ini bisa digunakan pada sektor keamanan dan lalu lintas. Melalui jaringan 5G ini, dapat mempercepat pemindaian obyek seperti plat nomor kendaraan di jalan atau pengenalan wajah dengan kualitas gambar HD.

Smart Surveillance juga dapat di implementasikan untuk industri logistik dan transportasi, yang mana secara real-time mengawasi tiap pergerakan kendaraan. Sehingga memudahkan manajemen lalu lintas Operator Pelabuhan maupun Operator Bandar Udara.

3. Teknologi Virtual Reality (VR)

Immersive Collaboration (IC) adalah sambungan layanan ultra broadband yang memungkinkan kolaborasi tanpa batas antara pelaku bisnis di berbagai lokasi untuk saling bekerja sama. Sistem ini juga didukung teknologi fixed wireless access.

4. Perencanaan Kota

Jaringan 5G bisa membantu pekerjaan tata kota dengan teknologi mixed reality. Teknologi mixed reality mengkombinasikan tampilan virtual dengan tampilan nyata. Tampilan virtual itu bisa berupa hologram atau tampilan dengan bantuan kacamata pintar.

Teknologi ini dianggap bisa memudahkan penataan ruang perkotaan karena pemerintah bisa mencocokkan perencanaan mereka dengan tampilan nyata.

5. Koneksi Lebih Cepat

Koneksi 5G memungkinkan pengguna mengunduh dan mengunggah video dengan kecepatan tinggi serta memaksimalkan panggilan video. Selain itu, sistem ini juga cocok untuk sektor industri kreatif yang memungkinkan pengguna mendapat sajian konten video hingga resolusi 4K tanpa terganggu.

6. Cloud Gaming

Koneksi 5G dapat membuka peluang berkembangnya industri cloud gaming. Dengan teknologi ini, pemain game hanya perlu melakukan streaming game yang akan dimainkan.

7. Membantu Industri 4.0

Pada sektor logistik, pelaku bisnis bisa memanfaatkan koneksi ini dalam memonitor mobilisasi barang dipergudangan atau pabrik. Karena jangkauan 5G lebih luas dari Wifi, sehingga pengguna hanya butuh sedikit perangkat.
... ...