-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirimkan E-mail Lain Sebagai Lampiran di Gmail


Masmalven.com - Google menambah kemampuan baru ke Gmail lho...

Layanan tersebut kini bisa mengirimkan e-mail lain sebagai lampiran di surat elektronik yang akan dikirim.

Caranya cukup mudah, yakni dengan membuka kotak masuk (inbox) di situs Gmail, lalu klik dan geser (drag and drop) e-mail yang akan dilampirkan ke jendela penulisan e-mail yang terbuka.

E-mail dari inbox tersebut kemudian akan ditambahkan sebagai attachment di bodi pesan. Pengguna juga melampirkan lebih dari satu e-mail apabila diinginkan.



Ada cara lainnya kok, dengan membuka inbox dan memilih e-mail mana saja yang akan diteruskan sebagai lampiran. Kemudian, klik tombol overflow yang bersimbol tiga titik vertikal di bagian tengah atas layar, lalu pilih opsi "Forward as attachment".

Google menambahkan fitur ini untuk mempermudah pembahasan sebuah topik via e-mail. Dibandingkan mengirim banyak e-mail terkait satu topik secara terpisah, lebih mudah untuk mencantumkan rangkaian e-mail tadi sebagai lampiran.


"Dengan mengirim e-mail sebagai attachment, Anda juga bisa menulis rangkuman topik secara singkat dengan disertai lampiran berisi e-mail pendukung yang kemudian bisa dibuka oleh penerima," tulis Google dalam sebuah postingan blog yang berisi pengumuman soal fitur ini.

Tambahan lainnya, bahwa sebagaimana dihimpun Mas Malven dari Phone Arena, e-mail lain akan dilampirkan sebagai attachment dengan ekstensi file .eml.

Dilansir dari laman KompasTekno, file .eml ini bisa dibuka dengan lancar di jendela terpisah di Gmail versi web. Namun, ketika dibuka lewat aplikasi Yahoo Mail di Android yang merupakan layanan e-mail lain, hanya muncul teks acak saja.



Fitur pengiriman e-mail sebagai lampiran akan digulirkan secara bertahap oleh Google hingga akhir Januari 2020 mendatang.

Jika ada yang kebagian, pilihan "Forward as attachment" akan muncul di tombol overflow berupa tiga titik vertikal di atas tampilan situs Gmail.
... ...