-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip! Dua Fitur Kamera Galaxy S11: Bright Night dan Space Zoom



Masmalven.com - Samsung Galaxy S11 disebut akan memiliki peningkatan di sektor kamera yang signifikan dibandingkan S10. Apa saja?

Space Zoom

Salah satu fitur andalan dari S11 adalah kamera dengan zoom optik yang besar, yang bernama Space Zoom. Syarat ini pun sudah didaftarkan patennya oleh Samsung di Eropa.

Keberadaan fitur ini didukung oleh kode nama Hubble untuk salah satu kamera yang ada di dalam ponsel tersebut. Apa itu Space Zoom?

Belum ada informasi yang pasti mengenai hal itu, namun fitur yang akan memanfaatkan kamera dengan zoom yang besar yang diperoleh dari penggunaan bertipe periskop, seperti yang ada di ponsel lain yakni Huawei P30 Pro.

Samsung sendiri merupakan pemegang saham terbesar di Corephotonics, yang disebut sebagai inisiator teknologi zoom pada kamera dengan paten pertama yang didaftarkan pada 2013.

Bright Night Sensor

Istilah ini muncul dari pendaftaran paten Samsung di Eropa. Belum diketahui apa yang dimaksud dengan istilah ini, namun salah satu asumsi yang muncul adalah penggunaan teknologi pixel binning baru pada sensor 108 megapixel yang dipakai di Galaxy S11.

Sensor 108 megapixel di Galaxy S11 kabarnya berbeda dengan sensor yang dipakai Mi Note 10.

Perbedaannya ada pada teknologi pixel binning anyar yang bisa menangkap lebih banyak cahaya.

Biasanya, pixel binning hanya menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel (2x2), sementara di sensor 108 megapixel S11, menggabungkan 9 pixel menjadi 1 pixel (3x3).

Ukuran pixel menggunakan pixel binning 3x3 menjadi 2,4 mikron, jauh lebih besar dari ukuran pixel pada S10 yang hanya 1,4 mikron pada ukuran normalnya. Samsung mungkin percaya pada kemampuan sensor anyarnya ini dan bakal diberi nama Bright Night Sensor.

Dengan ukuran pixel yang lebih besar, tentunya cahaya yang ditangkap oleh sensor itu bakal lebih besar, yang artinya kameranya mengoptimalkan foto yang dipotret di tempat gelap.

Jadi, sensor 108 megapixel itu bakal menghasilkan foto dengan resolusi 12 megapixel, namun dengan detail, warna, dan dynamic range yang lebih bagus. Ini menjadi sebuah hal baru di dunia fotografi ponsel, karena selama ini sensor dengan kemampuan tinggi biasanya mempunyai resolusi yang relatif rendah, yaitu 12 megapixel.

Namun, informasi ini belum sepenuhnya lengkap, tentu kita harus menunggu Samsung resmi yang merilis S11, yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2020.
... ...