-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis, dan Fungsi File Pada Komputer

Pengertian File

Pengertian File

Apa itu file? Pengertian File adalah kumpulan berbagai informasi yang saling berhubungan dan juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Definisi file dapat diartikan sebagai arsip atau data yang tersimpan di dalam komputer.

Secara konsepnya, file memiliki beberapa tipe diantaranya tipe data terdiri dari numeric, binary, dan character. Kemudian, ada juga file yang bertipe program.

Secara umum, file pada komputer tersimpan di dalam folder tertentu, tergantung dimana pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing file memiliki ekstensi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis filenya.

Pengertian ekstensi file adalah tanda untuk membedakan antara satu jenis file dengan jenis file lainnya. Contohnya, file gambar yang memiliki ekstensi jpg, gif, png, dan lainnya. Sedangkan untuk file video, memiliki ekstensi mpeg, avi, mp4, wmy, dan lainnya.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Nah, beberapa para ahli di bidang komputer pernah menjelaskan mengenai definisi file, yaitu:

1. McLeod (Pearson)

Menurut McLeod (Pearson), definisi file adalah koleksi rekaman yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, seperti satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-kode mata kuliah dan namanya.

2. Hendrayudi

Menurut Hendrayudi, definisi file adalah sebuah data yang tersimpan dalam sebuah media yang memiliki ekstensi informasi besar file seperti tanggal dan jam penyimpanan, ciri file, nama file, dan atribut tersebut.

3. Edi S. Mulyanta

Menurut Edi S. Mulyanta, pengetian file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan emcode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

4. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S, pengertian file adalah kumpulan dokumen ynag berisi informasi tertentu dan dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tertentu.

Baca Juga:

Jenis-Jenis File dan Fungsinya

Jika mengacu pada pengertian file diatas, kata dari file ini diperuntukkan pada bidang komputerisasi. Setelah mengetahui apa itu file, tentu kita juga perlu mengetahui apa saja jenis file yang ada di komputer.

Jenis-jenis file yang ada di dalam komputer sudah ada banyak sekali formatnya. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis file dalam komputer berdasarkan format filenya.

1. File System

Beberapa ekstensi dalam file sistem adalah sys, com, bak, bat, tmp, dan exe dan berfungsi untuk menjalankan program di dalam komputer sesuai dengan peruntukannya, serta menjalankan berbagai aplikasi yang di install ke dalam komputer.

2. File Dokumen

Beberapa ekstensi pada file dokumen adalah doc, odt, xls, ods, pdf, ppt, txt. Masing-masing ekstensi ini menunjukkan jenis file dokumennya dan hanya bisa dibuka jika di dalam komputer terinstall software atau aplikasi yang sesuai.

3. File Video

Beberapa ekstensi pada file video adalah mpg, wmy, mp4, 3gp, avi, flv, kv. Masing-masing ekstensi ini menunjukkan bahwa masing-masing video memiliki jenis pemutar yang berbeda-beda.

Tidak semua jenis video dapat diputar dengan software yang duah terinstall di dalam komputer. Ada beberapa jenis video hanya dapat diputar dengan software tertentu.

4. File Gambar

Beberapa ekstensi file gambar adalah jpg, png, gif, tif, dan lainnya. Secara umum, gambar yang dihasilkan oleh kamera digital maupun kamera manual akan berekstensi jpg atau jpeg.

Nah, gambar yang berekstensi tif, png, dan lain-lain biasanya hasil penyimpanannya dari software tertentu. Misalnya, Photoshop, CorelDraw, AutoCad, dan lain-lain.

5. File Suara

Beberapa ekstensi file suara adalah wav, mp3, midi, dan rm. Sama seperti file komputer lainnya, tidak semua file suara dapat dibuka dengan satu aplikasi.

Sebenarnya masih ada banyak jenis file yang ada di dalam komputer sesuai peruntukannya. Secara umum, masing-masing jenis file komputer dikelompokkan dalam folder khusus sesuai dengan jenisnya. Maka user dapat menemukan file tersebut dengan mudah ketika dibutuhkan.

Baca Juga: Pengertian Hardware dan Fungsinya

Itulah penjelasan mengenai pengertian file pada komputer, jenis-jenis file, dan fungsinya. Semoga bermanfaat!
... ...