Cara Konfigurasi Antivirus Agar Perlindungan di Komputer/Laptop Lebih Maksimal

Cara Konfigurasi Antivirus

Antivirus adalah Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus juga salah satu program atau software yang selalu diinstal sebagai perlindungan ekstra untuk PC maupun Laptop.

Performa antivirus itu sendiri akan maksimal apabila pengguna komputer mengetahui cara mengkonfigurasi program tersebut. Salah satunya, ketika kita selalu mengandalkan antivirus Malwarebytes 2019 sebagai proteksi tambahan komputer. Ini adalah beberapa ulasan tentang antivirus yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk melakukan pengaturan.

Bagaimana Cara Konfigurasi Pada Malwarebytes?

Anda pernah mendengan Malwarebytes? Malwarebytes pertama kali diluncurkan pada Januari 2006 yang merupakan program anti-malware dan antivirus untuk sistem operasi Windows dan macOS. Bahkan Anda juga bisa memasangnya pada ponsel pintar berbasis Android dan iOS.

Eksistensi Malwarebytes sudah terbukti ampuh dan bukan software sembarangan. Jika Anda berencana menggunakan Malwarebytes 2019 untuk melindungi PC atau Laptop, mari simak langkah-langkah berikut ini.

1. Aktifkan Proteksi Real-Time Granular

Untuk proteksi secara rel-time yang disediakan Malwarebytes 2019 bisa Anda konfigurasikan dengan aplikasi atau program yang lainnya. Anda juga bisa memutus prgram yang tak ingin dipantau secara real-time supaya tidak membebani antivirus atau merasa eblum dibutuhkan.

Dengan perlindungan ini, Anda dapat mengetahui kondisi PC atau Laptop secara akurat. Bahkan, cara kerjanya juga lebih cepat dibandingkan antivirus lain. Supaya mendapatkan layanan yang lebih maksimal, Anda bisa beralih ke opsi Premium atau berbayar dari Malwarebytes.

2. Atur Jadwal Pemindaian atau Scan

Program antivirus dari Malwarebytes 2019 ini akan memeriksa setiap file dalam perangkat Anda dari file startup hingga ke registry, setelah selesai biasanya Anda akan menerima laporan terkait hasil pemindaian. Malwarebytes 2019 akan menawarkan opsi yang bisa Anda ambil terhadap virus, malware, ransomware. dan file berbahaya lainnya.

Lalu, Anda juga bisa mengatur kapan pemindaian berkala diaktifkan dan menentukan sendiri bagian perangkat mana saja yang masuk ke dalam pemeriksaan tersebut.

3. Memeriksa Riwayat Pemindaian

Penyimpanan laporan dari Malwarebytes akan memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi PC atau Laptop pada proses pemindaian sebelumnya. Dengan hal itu, Anda tak perlu repot-repot emlakukan scan dan menunggu hasilnya keluar.

Anda pula dapat mengetahui apakah ada file berbahaya yang belum sempat dikeluarkan dari perangkat. Apalagi, jika pada beberapa pemindaian Anda tak mendapatkan file mencurigakan atau aneh, sementara kinerja komputer mulai bermasalah.

4. Ambil Tindakan Cepat dari Pop-up

Keberadaan pop-up instan yang ditawarkan bisa memudahkan Anda saat hendak mengambil tindakan tegas. Pop-up akan muncul jika program tersebut menemukan ancaman seperti website yang mengandung phising, virus yang dikarantina hingga modifikasi yang mencurigakan.

Selain memunculkan pemberitahuan, pop-up instan pun akan memberikan panduan yang membimbing Anda untuk mengambil tindakan tertentu terkait ancaman tersebut. Misalnya saja, memasukkan tautan phising ke dalam whitelist.

5. Antivirus Aktif Meski Komputer tidak Digunakan

Salah satu hal yang jarang diperhatikan orang-orang saat menginstall antivirus adalah membiarkan program dalam keadaan tak aktif. Pada saat itulah, kemungkinan virus, malware, maupun file-file berbahaya lainnya masuk ke perangkat menjadi lebih besar.

Maka dari itu, pastikan Malwarebytes 2019 pada PC atau Laptop Anda dalam keadaan nyala atau hidup. Nyalakan fitur pemindaian yang akan aktif walau Anda sedang tak memakai komputer. Dengan begitu, Anda dapat langsung mengambil tindakan pada virus yang mengancam perangkat.

Berbagai Kemudahan yang Ditawarkan

Tidak sulit kan, untuk melakukan konfigurasi dengan antivirus Malwarebytes 2019? Tidak hanya itu saja, program ini juga menawarkan sejumlah kemudahan yang akan membuat penggunanya semakin praktis, seperti:
  • Dasbor - Opsi menu yang ditampilkan pada dasbor Malware 2019 ini terbilang tidak membingungkan meski fitur yang ditawarkan cukup banyak. Anda dapat mengetahui informasi seputar kondisi perangkat, riwayat pemindaian, hingga mengaktifkan perlindungan tanpa harus mengakses ke pengaturan. Jika Anda memakai Windows pun dapat mengaktifkan fitur program dalam menu koreksi di File Explorer.
  • Instalasi yang praktis - Ketika sebagian program antivirus membutuhkan waktu instalasi sekitar 10-15 menit, maka Malwarebytes 2019 hanya memerlukan waktu kurang dari 3 menit untuk menuntaskan pemasangan pada komputer maupun ponsel pintar. Anda tidak perlu memasang komponen tambahan saat memakai semua fitur.
  • Dukungan - Malwarebytes 2019 telah menghadirkan dukungan komprehensif bagi pengguna pribadi maupun bisnis. Itu karena, mereka sudah menjalankan dukungan online ekstensif yang mencakup indeks panduan untuk memecahkan masalah hingga panduan untuk semua sistem operasi. Tersedia juga video tutorial yang akan membantu Anda untuk mengoperasikannya.
  • Integrasi peramban terbaik - Salah satu keunggulan Malwarebytes 2019 adalah melindungi komputer Anda dari phising maupun ancaman lain yang masuk lewat tautan di peramban. Kemungkinan virus atau aplikasi berbahaya untuk menginstal diri mereka pada perangkat pun bisa ditekan.

Tips Mengoptimalkan Kinerja Malwarebytes 2019

Fitur-fitur yang ada bisa membantu Anda dalam melindungi komputer. Apa yang harus Anda lakukan untuk mengopimalkan performa Malwarebytes 2019?

Ketangguhan dari Malwarebytes 2019 tak selamnya bisa bertahan jika Anda tak membarenginya dengan beberapa langkah proteksi tambahan, antara lain:
  • Install satu antivirus - Nah, beberapa orang menganggap menginstall lebih dari satu program antivirus akan memberikan proteksi ekstra. Kenyataannya, langkah tersebut malah memaksa komputer bekerja lebih keras. Jika dari sistem operasinya sudah memasang proteksi bawaan, contohnya Windows Defender pada OS Windows.
  • Jangan salah mengakses situs web - Hanya karena program antivirus Anda ampuh bukan berarti Anda bisa mengakses website sembarangan. Para hacker atau penjahat siber semakin canggih dalam mendesain situs web agar tampak seperti website normal. Kalau tiba-tiba laman menunjukkan ancaman, sebaiknya Anda langsung menutupnya saja.
  • Install Software atau program dari sumber terpercaya - Kalau Anda membutuhkan program atau software untuk mengerjakan sesuatu, sebaiknya unduh dari website resimnya langsung. Untuk file-file yang Adan dapatkan dari pihak ketiga belum tentu aman. Tak jarang ada yang membawa virus atau malware yang membahayakan perangkat Anda.
  • Gunakan versi premium atau berbayar - Seperti yang sudah dikatakan, Malwarebytes 2019 menyediakan dua versi, yaitu versi free dan berbayar. Jika Anda ingin mendapatkan akses lebih luas dan terbaik sebaiknya menggunakan versi berbayar saja. Perlindungan pada komputer atau ponsel Anda juga lebih maksimal.

Nah, Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Malwarebytes 2019 sebagai perlindungan utama pada PC dan Laptop? Anda bisa mencoba versi trial (uji coba) selama 14 hari sebelum melanjutkannya ke Premium. Tapi, jika Anda kurang puas, maka Malwarebytes akan mengembalikan uang dalam jangka waktu 60 hari setelah pembelian. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel