-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian PDF: Sejarah, Fungsi dan Kelebihan PDF

Pengertian PDF, Sejarah, Fungsi dan Kelebihan PDF

Kalian pasti sering mendengar PDF (Portable Document Format), banyak dokumen-dokumen yang sering kita jumpai baik itu tugas, pembayaran atau file lainnya. Disini kita akan mempelajari pengertian pdf, sejarah, fungsi dan kelebihan pdf itu sendiri.

Pengertian PDF

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format atau jenis ekstensi maupun berkas yang dibuat untuk berbagai keperluan misalnya pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System.

Sejarah PDF

PDF (Portable Document Format) pertama kali dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Awalnya, PDF ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital.

Seiring perkembangannya, PDF ini banyak digunakan untuk keperluan presentasi dokumen yang berisi teks, huruf, dan grafik vektor. Pihak Adobe SSystem Inc juga tengah mengembangkan program Acrobat 3D yang memiliki kemampuan untuk membaca dokumen tiga dimensi.

PDF (Portable Document Format) sudah memenuhi standar ISO dengan kode 320001:2008 sejak bulan Juli 2008. Sesuai dengan pengertian yang telah masmalven sebutkan diatas, PDF ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Meskipun pada awalnya format PDF ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan Microsoft Office.

Fitur PDF ini memudahkan para penggunanya untuk mengarsipkan dokumen yang membuat PDF menjadi semakin banyak yang menggunakannya. Bahkan, bukan hanya software dari Adobe Reader saja yang dapat mengakses file PDF ini. Namun, juga terdapat software lainnya seperti Foxit Reader, Adobe Flash, dan lain sebagainya.

Fungsi PDF

PDF (Portable Document Format) ini memiliki fungsi untuk membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, maupun link dengan format khusus yang dapat dibuka pada komputer yang memiliki software yang mendukung file PDF, maupun link dengan format khusus yang dapat dibuka pada komputer yang memiliki software yang mendukung file PDF.

Dapat disimpulkan bahwa PDF meruapakan sebuah dokumen yang memiliki format khusus yang fleksibel serta dapat digunakan pada komputer maupun smartphone dengan program khusus manapun. Hal ini berbeda dengan dokumen dari Microsoft Office, format PDF ini cenderung lebih aman karena PDF ini lebih fleksibel dan dapat dikunci sehingga lebih aman.

Mengirimkan dokumen dengan format PDF adalah pilihan yang tepat apabila dokumen sudah benar (fix) dengan tampilan yang menarik. Untuk pengirimannya biasanya lebih cepat karena memiliki ukuran yang lebih kecil. Penggunaan dari PDF ini sudah banyak baik untuk keperluan secara umum maupun khusus.

Baca Juga: Pengertian File Pada Komputer

Kelebihan PDF

Berikut ini adalah kelebihan dari PDF yang perlu kita ketahui.

1. Fleksibel

PDF ini merupakan produk digital yang fleksibel, sehingga PDF memungkinkan untuk dibuka di berbagai perangkat seperti smartphone maupun komputer. Meskipun dibuka pada perangkat yang berbeda, isi dokumen PDF tersebut tidak akan berubah. Karena filenya bersifat tetap dan tidak akan berubah tanpa adanya bantuan software PDF editor. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari PDF dibandingkan dengan Ms Word.

2. Dapat Dikunci

Pihak Developer atau pencetus PDF Adobe System ini mengembangkan fitur lock pada dokumen PDF. Jika kamu ingin membuat dokumen PDF yang tidak dapat disalin atau hanya ingin dilihat oleh orang lain saja, maka kamu dapat menggunakan fitur kunci dokumen ini untuk memberikan password pada dokumen PDF yang kamu buat.

3. Dapat Diedit

Khawatir dengan dokumen yang sudah terlanjur kamu konversi ke dalam bentuk PDF tidak bisa di edit lagi? Atau susunan teks kamu menjadi kacau? Jangan khawatir, karena kamu masih bisa mengedit dokumen PDF tersebut dengan menggunakan bantuan software PDF Reader.

4. Menyimpan Gambar

Tidak hanya untuk menyimpan dokumen yang berisi teks saja, namun format PDF bisa kamu gunakan untuk menyimpan data berupa gambar atau foto maupun grafik. Dengan mengkonversikannya ke dalam bentuk PDF, maka kamu juga dapat mengurangi size atau ukuran dari file gambar atau foto maupun grafik tersebut. Sehingga kamu dapat mengirim dokumen dengan lebih cepat.

5. Kompatibel di Berbagai Perangkat

Lain halnya dengan format doc yang hanya dapat dibuka pada komputer yang sudah terinstall software Microsoft Office, Linux, Mac OS, Android, dan lain sebagainya. Karena sudah banyak yang menggunakan PDF, maka kamu bisa lebih mudah dalam mendapatkan softwarenya. Enak bukan?

Pencetus PDF yaitu Adobe System, tentu mereka terus melakukan perubahan atau inovasi dan terus mengembangkan fitur-fitur terbaik mereka pada PDF. Untuk kedepannya, PDF ini mendukung Javascript, Hyperlink, Forms, dan kamampuan-kemampuan baru lainnya.

Demikian pembahasan dari saya tentang pengertian PDF, Fungsi, dan Manfaat PDF. Kelebihan-kelebihan dari PDF ini wajib kamu ketahui ya. Semoga bermanfaat.
... ...