-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Buka Usaha tapi Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Tipsnya

Mau Buka Usaha Tapi Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Tipsnya

Memikirkan ide yang cocok untuk bisnis memang gampang-gampang susah. Ada yang bilang kalau ide itu datang tiba-tiba ketika seseorang sedang berbincang santai dengan teman bahkan ketika sedang bengong di Rumah.

Ide yang tepat bisa menghasilkan bisnis yang sukses juga lho. Namun, banyak yang harus diperhitungkan dalam memilih ide bisnis. Banyak para pebisnis yang awalnya sudah memiliki ide bagus tetapi ujung-ujungnya bangkrut atau gulung tikar hanya karena mereka tidak bisa bertahan dalam persaingan pasar.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis untuk memiliki ide yang tidak hanya "menjual" saat ini, namun juga bisa tetap eksis hingga masa-masa yang akan datang. Jadi, pikirkan dengan matang ide bisnis yang akan dijalani agar bisnis berjalan dengan baik. Berikut ini adalah 3 tips cara mudah untuk menemukan ide bisnis yang banyak di cari dipasaran.

1. Riset Pasar

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang memiliki potensi pasar yang besar, dimana produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan pasar dengan harapan daya jual bisa maksimal. Jadi, lihatlah apa saja yang dibutuhkan pasar, karena konsumen merupakan poin penting dalam sebuah bisnis.

Dengan memahami dengan baik apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para calon konsumen adalah kunci dalam berbisnis. Lihatlah secara detail seperti target konsumen, apa saja kebutuhan mereka, mencari tahu produk-produk terbaik, tingkat persaingan, potensi pasar di masa yang akan datang, dan lain-lain.

2. Selalu Perhatikan Tren yang Sedang Berkembang

Setiap bisnis akan memiliki masa, dimana pada satu titik bisnis tersebut begitu disukai atau bahkan berkembang dengan sangat pesat, begitu juga sebaliknya. Bisa dibilang kalau bisnis sama halnya dengan gaya hidup, sama-sama memiliki tren tersendiri.

Misalkan Mie Setan adalah contoh tren bisnis yang sedang meroket dalam bidang kuliner di beberapa tahun terakhir. Nah, beberapa tren bisnis ini bisa saja hanya berkembang sesaat, namun sebagian bisa juga berumur panjang dan sangat menjanjikan.

Perkembangan tren yang diterapkan pada produk bisnis sangat berguna dan bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Namun, para pelaku usaha juga harus selalu mengikuti tren yang sedang berkembang. Jangan hanya terpaku pada tren yang sudah tidak berkembang lagi.

3. Kombinasikan Tren dengan Kebutuhan Pasar

Setelah mengetahui kebutuhan pasar dan tren yang sedang berkembang, selanjutnya cobalah kombinasikan 2 poin tersebut. Dengan berkolaborasi antara kebutuhan pasar yang mengikuti tren bisa jadi formula yang bagus untuk merencanakan bisnis yang akan dibangun agar bisnis tersebut memiliki potensi pasar yang besar dan tidak habis dimakan zaman.

Setelah mengetahui bisnis apa yang akan dijalankan, seorang pebisnis harus memiliki modal yang cukup untuk perkembangan bisnisnya. Ada berbagai macam cara mendapatkan pinjaman modal untuk bisnis, dan yang sedang marak saat ini adalah mendapatkan modal usaha dengan menggunakan pinjaman uang online. Kalau Anda tidak yakin bisa melalui pinjaman konvensional, dan mencari Investor.

Nah, catatlah semua ide-ide yang datang dan gunakan riset sederhana dengan menggunakan Google Form, menyebarkan kuesioner tentang bisnis yang dijalani, dan lihat bisnis yang sudah dipilih. Selamat mencoba dan Semoga sukses ya!
... ...