-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Website, Media Paling Tepat untuk Promosi Bisnis Online Anda

Website Media Untuk Promosi Bisnis Online

Apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat bisnis Anda dikenal banyak orang? Ya, dengan cara mempromosikannya dengan baik. Namun, sebagian pebisnis, promosi dianggap dengan biayanya yang besar. Sebenarnya sih, tidak selalu demikian.

Terutama bagi bisnis online, untuk menggunakan website bisa menjadi langkah tepat untuk melakukan promosi dengan efektif. Mengapa demikian? Anda bisa temukan jawabannya di artikel ini.

Kenapa Promosi Sangat Penting?

Promosi adalah upaya untuk menawarkan produk Anda kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bisa dikatakan promosi merupakan kunci sukses dalam menjual suatu produk.

Oleh karena itu, tidak ada satu bisnis yang melakukan penjualan produk tanpa promosi. Meskipun cara yang ditempuh berbeda-beda.

Mari kita jawab, kenapa promosi sangat penting?

1. Menarik Konsumen untuk Membeli Produk

Inilah tujuan utama dari kegiatan promosi dalam suatu bisnis. Semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan, maka potensi pendapatan yang Anda miliki semakin besar.

Bagaimana cara menarik perhatian calon konsumen Anda? Dengan menentukan target pasar Anda terlebih dahulu. Jika target pasar Anda cenderung ke produk yang ekonomis, memberikan potongan biaya atau diskon bisa menkadi pilihan promosi yang menarik.

Lain halnya, jika konsumen Anda lebih fokus ke manfaat produk, Anda bisa mengedepankan upaya promosi dengan membanggakan fitur yang dimiliki oleh produk Anda. Tentunya ini tidak dimiliki oleh kompetitor ya.

2. Menjelaskan Produk dengan Baik

Siapa yang mengetahui pertama sutau produk dengan baik? Tentunya Anda sebagai produsen. Namun, Siapakah yang membutuhkan produk Anda? Pasti, konsumen.

Peran promosi adalah menjembatani kedua hal tersebut.

Anda bisa menjelaskan produk Anda dengan baik, mulai dari manfaat penggunaan produk tersebut hingga cara menggunakannya dengan tepat.

Misalnya saja, jika Anda menjual produk elektronik, Anda bisa menjelaskan bahwa produk tersebut hemat listrik namun memiliki kemampuan lebih baik dari produk lain. Selain itu, Anda bisa menjelaskan bagaimana cara menggunakan produk tersebut agar awet. Jika produk tersebut bisa bertahan lama, maka konsumen akan semakin percaya.

3. Membangun Branding

Banyaknya produk yang berasal dari kompetitor, tapi kemampuan produk Anda untuk bersaing adalah kunci utamanya. Inilah peran branding dalam suatu bisnis.

Faktanya, konsumen ingin mengenal lebih dulu brand Anda sebelum membeli produk. Ini artinya, jika kegiatan promosi yang Anda lakukan mampu untuk membangun branding bisnis Anda dengan baik, bayangkan potensi konsumen yang akan membeli produk Anda.

Contohnya, brand yang dibangun bisa dengan "kepercayaan Anda adalah prioritas kami", "just do it".

4. Menciptakan Konsumen yang Loyal

Jika promosi yang Anda lakukan berhasil, Anda bisa menciptakan konsumen yang loyal dengan produk Anda. Karena produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik yang akan terus digunakan dalam jangka waktu lama.

Bahkan, survey menunjukkan bahwa 70% dari revenue sebuah bisnis berasal dari pelanggan setia mereka. Sangat luar biasa, bukan?

Oleh karena itu, melakukan upaya promosi yang baik perlu untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

Website Merupakan Media Promosi yang Cukup Efektif

Ketika bicara tentang promosi, terdapat berbagai kegiatan yang sering dilakukan, mulai dari memasang iklan di media cetak atau elektronik, menggelar event launch produk, hingga mengadakan program kuis, giveaway dan lain-lain.

Seperti yang Anda ketahui bahwa jenis promosi diatas cenderung membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, perkembangan teknologi informasi membuat Anda tidak bisa meninggalkan media online sebagai media promosi.

Jadi, website bisa Anda gunakan sebagai media promosi produk Anda dengan efektif.

Ketika membangun sebuah website, Anda hanya membutuhkan dua hal yaitu, Hosting dan Domain. Hosting adalah Penyewaan tempat "rumah" bagi file promosi Anda dan domain sebagai identitas bisnis Anda.

Jika Anda sudah membeli domain dengan harga yang murah atau terjangkau, dan juga mendaftarkan hosting yang murah, maka potensi keuntungan Anda bisa meningkat karena biaya promosi bisa ditekan.

Promosi melalui website memiliki berbagai manfaat yang tak kalah penting, yaitu:

1. Kemudahan Akses

Selain biaya yang diperlukan cukup hemat, memiliki website membuat aktivitas promosi Anda bisa diakses dengan mudah.

Jika website Anda online 24 jam penuh, maka pengunjung bisa mendapatkan informasi promosi Anda kapan saja.

Selama ada koneksi internet, websitee tersebut bisa diakses darimana saja. Bahkan Anda juga bisa menggunakan ponsel untuk mengaksesnya.

2. Pasar yang Tak Terbatas

Dengan website memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang. Jika Anda mengadakan suatu event, audiens Anda akan terbatas pada lokasi dan waktu yang sudah ditentukan.

Namun, jika Anda memposting event di website Anda, maka semakin banyak orang yang bisa mendapatkan informasi tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau konsumen darimana saja di seluruh dunia.

3. Kecepatan Update Informasi

Jika Anda menggunakan media promosi tradisional seperti iklan di media massa atau eletronik, maka perbaiki atas informasi yang sudah terlanjur ditampilkan bisa saja membutuhkan waktu yang panjang.

Dengan website, Anda bisa melakukan update informasi promosi secara efisien dan efektif.

Cukup dengan menampilkan informasi terbaru tentang produk, perubahan fitur hingga ketentuan promosi terbaru melalui website Anda. Dengan cara ini, informasi produk bisa diperoleh dengan cepat dan membangun kredibilitas bisnis Anda.

Penutup

Jangan sampai salah menentukan media untuk mempromosikan bisnis Anda. Website bisnis menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh cara promosi tradisional.

Jika Anda melakukan promosi dengan baik, maka Anda bisa menarik konsumen lebih banyak lagi dan menciptakan branding bisnis Anda serta membentuk konsumen yang loyal pada produk yang Anda tawarkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
... ...