5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Blog Anda sepi pengunjung? Tenang saja, hal itu wajar kok karena dalam dunia blogging terutama kalian yang baru mengenal blog pasti akan mengalami masalah ini, blogger senior aja yang sudah lama di dunia blogger pun pernah mengalami hal yang sama.

Mendalami dunia Blog tidak cukup hanya menulis artikel saja, tapi perlu teknik-teknik khusus yang harus dilakukan. Misalnya share artikel, SEO, backlink, dan lainnya. Hal itu dilakukan agar blog mudah ter-index oleh mesin pencari. Banyak para pemula atau yang sudah lama terjun di dunia blog masih saja blognya sepi pengunjung walaupun sudah melakukan teknik-teknik SEO. Disini saya akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan blog selalu sepi pengunjung.

1. Konten Blog Tidak Berkualitas

Membuat konten asal-asalan merupakan hal yang sangat berpengaruh. Jika Anda membuat konten yang tidak jelas maka siapa yang akan membaca konten Anda. Nah, konten adalah faktor utama untuk memancing pembaca, maka buatlah konten yang berkualitas dan original. Selain meningkatkan pengunjung, jika konten Anda berkualitas maka pengunjung akan lebih betah di blog Anda.

2. Jumlah Artikel yang Masih Sedikit

Jika Anda baru pertama kali membuat blog dan artikelnya masih sedikit maka jangan terlalu banyak berharap untuk mendapatkan banyak pengunjung. Konsisten adalah kuncinya. Karena dengan menulis setiap hari maka akan mempengaruhi performa blog dan artikel Anda akan semakin banyak tentunya.

3. Artikel Musiman

Maksudnya artikel musiman adalah artikel yang banyak dicari jika isi artikel tersebut sedang trend (viral) tapi hanya sementara, pastinya Anda paham soal ini. Jadi, coba buatlah artikel yang dibutuhkan pembaca jangka panjang. Misalkan artikel tentang blogger atau bisnis.

4. Salah Dalam Menerapkan SEO

SEO merupakan faktor yang paling utama bagi blog, namun untuk menerapkan SEO itu tidaklah mudah. Tidak heran jika banyak di luar sana yang menjual e-Book tentang SEO, dan menurut saya hal itu wajar karena ilmu SEO tidak sedikit serta tidak mudah untuk dipelajari. Jika Anda ingin melakukan optimasi SEO pada blog, saya sarankan untuk mempelajari terlebih dahulu sebelum Anda mempraktikkan. Nah, jika Anda salah dalam melakukan optimasi SEO maka kemungkinan besar blog Anda tidak akan ada kemajuan bahkan tidak terindex oleh search engine Google.

5. Loading Blog Lama

Tahukah Anda? Bahwa loading blog bisa membuat pengunjung tidak jadi mengunjungi situs Anda. Umumnya pengunjung hanya akan menunggu loading antara 3-5 detik. Kalau lebih dari itu maka pengunjung akan beralih ke situs lain.

Apa penyebab loading blog lemot? Hal ini bisa karena Tema/Template, terdapat kesalahan (Error 404), banyaknya gambar dan video yang berukuran besar, banyaknya javascript yang digunakan, banyaknya widget pada blog dll.

Jika ada kesalahan tersebut, segeralah untuk memperbaikinya. Karena hal ini sangat berpengaruh pada pengunjung dan penghasilan Adsense kita.

Baca Juga : Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog/Website

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel