-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Sekarang Blogger sudah support atau mendukung penggunaan Ads.txt Blogger. Dengan adanya fitur Ads.txt ini beberapa penayang atau publisher Google Adsense mengalami error pada akun adsense mereka sehingga muncul notifikasi error seperti di bawah ini.

Bahasa Inggris
Earning at risk-one or more of your Ads.txt file doesn't containt your Adsense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue.

Bahasa Indonesia
Penghasilan Anda beresiko - satu atau beberapa file Ads.txt Anda tidak berisi ID penayang Adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak serius pada pendapatan Anda.

Kita dapat melihat pesan diatas bahwa ini merupakan masalah serius yang perlu kita perbaiki secepat mungkin karena dapat beresiko pada pendapatan Anda.

Beberapa blogger di seluruh dunia memberi masukkan kepada developer untuk menambahkan fitur ini pada dashboard blogger, karena penggunaan file Ads.txt ini harus di simpan pada bagian root domain sama seperti file robots.txt.

Hal ini berbeda dengan Wordpress dengan menggunakan self-hosting atau hosting sendiri, kita dapat dengan mudah upload file Ads.txt ini ke dalam root domain kita dengan cara login melalui Cpanel. Kalau blogspot, kita tidak memiliki hak akses ke bagian hosting atau admin panel maka para blogger di seluruh dunia memberikan masukan untuk menambahkan fitur Ads.txt ini pada dashboard blogger.

Banyak blogger pemula bertanya mengenai Ads.txt seperti ini, Apa itu Ads.txt dan bagaimana cara kerjanya? dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Mari kita simak pembahasan secara lengkap dan cara penerapannya di bawah ini.

Apa Itu Ads.txt?

Ads.txt adalah program yang dirancang oleh IAB yang ditujukan untuk mengurangi kecurangan dalam investaris iklan.

Solusi ini dibuat secara khusus untuk melawan spoofing domain, pembeli dapat memeriksa apakah penjual adalah sumber investaris yang sah dan bersertifikat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt di Dashboard Google Adsense

Hal ini juga dapat menghentikan scammers untuk menghasilkan uang di dunia digital dengan menghalangi penjualan inventori yang tidak sah.

Ads.txt juga merupakan file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan terpercaya untuk menjual inventaris. Tujuannya, untuk meningkatkan transparansi di antara pengiklan dan penerbit.

Apakah Kita Perlu Menggunakan Ads.txt?

Penggunaan Ads.txt sendiri tidak di wajibkan, namun hal ini sangat di rekomendasikan untuk menggunakannya. Karena file Ads.txt dapat membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mengarah ke inventaris palsu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger?

1. Masuk ke Blogger.com
2. Selanjutnya, masuk ke bagian Setelan > Preferensi Penelusuran > Monetisasi > Ads.txt kustom > Klik Edit > Aktifkan konten Ads.txt kustom? > Pilih Ya

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger 1

3. Masukkan Kode di bawah ini:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan:
Silahkan Anda Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang akun Google Adsense milik Anda.

4. Klik Simpan Perubahan
5. Setelah itu, silahkan cek apakah file Ads.txt sudah terpasang dengan cara buka URL berikut:

https://www.masmalven.com/ads.txt

Catatan:
Silahkan Anda Ganti masmalven.com dengan domain milik Anda.

Bagaiman Cara Mengetahui ID Penayang di Google Adsense?

1. Masuk ke Akun Google Adsense
2. Lalu, masuk ke bagian Settings > Account Information

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger 2

Bagi Anda yang mendapatkan notifikasi atau peringatan pada akun Google Adsense bahwa penghasilan Anda beresiko karena belum mengaktifkan Ads.txt pada Blogger, silahkan terapkan tutorial ini pada blog Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab iklan tidak muncul atau tidak tampil pada blog karena perayap atau robots Adsense memerlukan verifikasi untuk menampilkan iklan pada blog Anda yaitu dengan cara mengaktifkan file Ads.txt di blog Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mengaktifkan Ads.txt di blogger. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...