-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website

cara meningkatkan traffic pengunjung blog/website

Bagi seorang blogger atau internet marketer, traffic adalah hal yang sangat penting karena ingin websitenya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kita.

Bagaimana caranya?

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba menjelaskan beberapa cara untuk meningkatkan traffic potensial untuk website kita, baik itu secara gratis ataupun dengan cara berbayar.

Meskipun masih ada banyak cara yang bisa kita lakukan, tapi tidak semua cara cocok dengan jenis blog/website yang kita miliki. Pastinya kita juga harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal. Berikut ini adalah cara meningkatkan traffic pengunjung blog/website dengan cepat.

Cara meningkatkan Trafik Blog/Website Dengan Gratis

Anda juga bisa mendapatkan trafik menuju situs bisnis atau blog kita secara gratis. Tetapi, dibutuhkan upaya yang terus-menerus dan dengan cara yang benar agar trafik yang didapatkan sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan trafik pengunjung blog/website Anda secara gratis:

1. Blog Walking

Blog walking adalah aktivitas atau kegiatan mengunjungi blog/website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, setelah itu, meninggalkan komentar. Jika ada blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL blog/website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, dan inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Namun perlu di ingat bahwa jangan pernah untuk meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Budayakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar dan berikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Baca Juga : Ini Kegiatan Blogwalking yang Harus Dilakukan Blogger

Dengan memberikan komentar yang baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dengan proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik.

2. Situs Social Bookmarking

Awalnya social bookmarking dibuat hanya untuk membantu menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga mendapatkan trafik. Yang saya tulis di sini adalah trafik langsung dari social bookmarking, bukan efeknya ke SEO situs.

Anda bisa menyimpan URL blog/website atau URL postingan artikel ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Pemanfaatan situs sosial bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Kalau menurut mas malven, kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

3. Melalui Situs Social Media

Sekarang ini jamannya media sosial. Ya kan?

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia saja sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan ditambah lagi dengan perkembangan smartphone di Indonesia juga sudah sangat pesat. Pengguna smartphone pasti punya akun media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Tentu ini adalah trafik yang cukup besar bagi kita pemilik blog/website.

Apalagi kalau berbisnis di media sosial patinya tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari pengguna media sosial lainnya. Inilah sebabnya, mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn, Pinterest, dan Instagram. Berdasarkan pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan adalah media sosial yang paling populer.

4. Situs Forum

Situs forum ini sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju blog/website di bisnis mereka. Ada juga beberapa situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka dan tentunya ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Perhatikan!!

Usahakan tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, baca rules dalam forum tersebut sebelum bertindak lebih jauh. Coba untuk membuat thread yang bermanfaat, jangan mencoba buat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi Anda tercoreng.

Manfaatkan fasilitas yang disediakan dengan sebaik-baiknya...

Memang ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan link di dalam thread, dan jangan melanggar aturan tersebut. Berikut ini adalah beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlink yaitu bersosial.com, pengusaha.co, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain.

Sebenarnya ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referal trafik, tapi saya menyarankan untuk fokus pada beberapa forum yang paling potensial untuk bisnis Anda.

5. Guest Posting di Blog Lain

Banyak blog yang memberikan kesempatannya pada orang lain untuk mengirimkan artikel/konten dan memasang link di blog mereka. Kita juga bisa memasang link situs bisnis di bagian author, beberapa blog juga memperbolehkan penulis untuk memasang link di dalam artikel.

Dengan lima cara yang sudah saya sebutkan diatas sebenarnya sudah sangat baik bila kita bisa mengoptimalkannya. Saya selalu fokus pada empat cara tersebut karena sudah terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya dan tentunya akan memungkinkan situs kita mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari Google dll.

Cara Meningkatkan Trafik Blog/Website Dengan Berbayar

Untuk Anda yang tidak ingin menunggu proses optimasi dengan cara gratis, maka cara berbayar bisa juga dilakukan untuk mendapatkan traffik bagi bisnis Anda. Anda bisa beriklan di beberapa media bisa memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan trafik, namun jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak (boros), ada baiknya memilih media yang benar-benar efektif dan sesuai dengan target. Saya akan menjelaskan tentang beberapa cara meningkatkan trafik pengunjung blog/website dengan cara berbayar:

1. Memasang Iklan di Media Sosial

Menurut mas malven, Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Facebook Ads kita juga bisa memilih target audiens yang sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, dan inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Berdasarkan pengalaman mas malven, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah untuk dilakukan, kita juga bisa mengatur berapa budget yang kita keluarkan untuk sebuah klik iklan dan tentunya kita bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis kita.

2. Memasang Iklan PPC

Google Adwords adalah Produk periklanan (iklan PPC) yang paling terkenal sampai saat ini dan perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pengiklan (advertiser) serta publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu, keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs publisher mereka yaitu iklan yang sesuai dengan artikel.

Ada banyak testimoni dari pengiklan yang mengatakan puas dengan layanan Google Adwords dan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Bagi Anda yang ingin mendapatkan trafik potensial menuju situs bisnis Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba Google Adwords ini.

Intinya, kita tidak perlu melakukan semua strategi pemasaran untuk mendapatkan trafik menuju situs kita. Sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu tentang situs kita, dengan begitu kita bisa tahu strategi mana yang lebih efektif untuk mendapatkan trafik pengunjung blog/website kita.

Meningkatkan trafik pengunjung dengan cara gratis memang cukup efektif, namun pada banyaknya kasus bahwa cara berbayar lebih cepat dan efektif dalam memberikan trafik yang potensial bagi blog/website bisnis kita. Kita juga harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kualitas blog/website kita, seperti kualitas konten, sistem navigasi, kecepatan loading, dan lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan terima kasih sudah berkunjung.
... ...