-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog / Website Anda

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Menjadi seorang blogger adalah sebuah profesi yang menyenangkan, apalagi jika tulisan yang dibuat memberikan manfaat bagi orang lain dan mendapat respon yang positif berupa komentar yang menyenangkan. Bila audiens dengan senang hati membagikan tulisan yang dibuat kepada orang lain melalui media sosial yang mereka miliki. Permasalahan ini sering terjadi di kalangan blogger pemula yaitu pengunjung blog belum begitu ramai, sehingga mereka bingung bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung blog mereka.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan beberapa tips sederhana dan bisa Anda terapkan pada blog yang dirasa belum memiliki banyak pengunjung. Berikut ini adalah cara mudah meningkatkan jumlah pengunjung blog/website Anda.

Mari kita simak:

1. Konsisten Untuk Membangun Konten yang Berkualitas

Jika kita bicara soal kualitas, biasanya orang-orang akan berfikir dengan tulisan yang sempurna dan terkesan memerlukan pengetahuan yang tinggi dalam menulis sehingga banyak orang menyerah untuk membuat artikel yang bagus di blognya.

Menurut mas malven, konten berkualitas adalah artikel original, ditulis sendiri, murni hasil karya sendiri, dan bukan hasil copy paste.

Jika kita Anda sulit menemukan ide untuk membuat konten yang original, cobalah luangkan waktu Anda untuk membaca beberapa tulisan orang lain. Nah, jika dirasa ada bahan yang menarik untuk dijadikan sebagai konten maka coba modifikasi konten tersebut menggunakan bahasa dan gaya penulisan kita sendiri. Hal ini, untuk menghindari konten yang kita buat dianggap copy artikel milik orang lain.

2. Coba Untuk Care Dengan Pengunjung

Kita harus membuat pengunjung merasa nyaman dan dekat dengan blog kita. Dengan begitu, pengunjung juga akan mencari siapa pemilik blog tersebut. Jika pengunjung sudah merasa akrab biasanya dengan senang hati membagikan artikel yang ada di blog kita ke beberapa link sosial media yang mereka miliki.

Bagaimana caranya? Cukup dengan menyediakan kolom komentar dan menjawab setiap komentar yang mereka berikan.

Jangan lupa untuk tambahkan mereka sebagai teman di sosial media yang kita miliki, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan cara ini kita akan semakin dekat dengan mereka.

3. Coba Untuk Aktif di Grup atau Forum Online

Jika kita bergabung di grup atau forum online yang membahas tentang topik yang berhubungan dengan blog Anda akan memberikan banyak manfaat. Bisa sebagai wadah untuk belajar dan memperdalam pengetahuan tentang blog, usahakan untuk membagikan setiap tulisan-tulisan yang ada di blog kita ke grup atau forum tersebut.

Untuk membagikan artikel atau link tulisan kita ke forum tersebut, lakukanlah dengan sewajarnya dan jangan sampai terkesan seperti melakukan spam. Dengan kegiatan ini, akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan trafik ke blog kita, selain itu kita juga bisa mendapat masukan yang baik dari teman-teman di komunitas tersebut.

4. Promosikan Konten Blog ke Berbagai Sosial Media

Ini adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog Anda. Dengan memanfaatkan sosial media yang kita miliki sebagai sarana untuk membagikan konten blog, maka sumber trafik blog kita akan semakin banyak dan beragam. Coba ubah privasi kiriman atau post yang kita buat menjadi public sehingga artikel atau tulisan kita dapat dilihat oleh semua orang.

Sangat disarankan juga, untuk membangun Fanspage khusus untuk blog Anda seperti di Facebook. Dengan Fanspage ini, maka akan memudahkan kita menjangkau kembali fans untuk mengunjungi dan membuka konten blog kita, baik itu konten lama maupun konten baru.

5. Posting Artikel Berkualitas Secara Berkala

Ini juga sangat penting, apalagi bila pengunjung blog Anda sudah mulai banyak. Coba buat postingan terbaru secara rutin, misalnya sehari sekali atau 5 kali dalam seminggu.

Bila Anda menulis banyak tulisan dalam satu hari, coba publikasikan secara terjadwal. Dengan cara ini, akan membuat blog kita terlihat di update secara teratur. Anda juga bisa menyewa jasa penulis artikel (ghost writer) untuk membantu Anda membangun konten yang lebih banyak lagi.

Biasanya dengan cara ini bisa berhasil pada banyak blogger, tapi belum tentu berhasil pada sebagian blogger yang lain. Tidak ada salahnya jika kita mencoba dan membuktikkan sendiri daripada tidak melakukan sama sekali. Good luck!!

Terima kasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
... ...