-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah

Menjalankan Bisnis Dari Rumah

Semua orang pasti ingin menjalankan bisnis dari rumah dan kebanyakan orang memulai bisnis ini karena berbagai alasan klise sebagai akibat dari kejadian-kejadian yang mengubah hidupnya, seperti pensiun dan alasan lainnya.

Anda sebagai pebisnis tentunya memiliki banyak waktu luang yang tidak mengharuskan Anda pulang-pergi ke kantor, atau bisa dikatakan waktu Anda fleksibel, inilah yang menjadi salah satu keuntungan menjalankan bisnis dari rumah.

Jika dilihat dari sisi finansial, Anda tidak diharuskan membeli atau menyewa tempat usaha dan Anda pun bisa menentukan sendiri berapa banyak penghasilan yang ingin Anda dapatkan.

Anda juga tidak boleh menjalankan dengan asal-asalan walaupun ini bisnis rumahan namun, yang namanya bisnis tetaplah bisnis. Anda harus memiliki pengetahuan tentang strategi yang baik agar bisnis rumahan Anda dapat berjalan sesuai dengan harapan dan menguntungkan. Berikut ini adalah 5 tips menjalankan bisnis dari rumah yang patut Anda terapkan.

1. Mengukur Kapasitas Diri

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, tentunya Anda harus tahu kapasitas pada diri Anda, dan jangan sampai memaksakan sesuatu yang bukan berada dalam kapasitas Anda. Hal ini sangatlah penting karena saat Anda memutuskan untuk membangun sebuah bisnis maka Anda adalah karyawan sekaligus bos untuk diri Anda sendiri. Ini juga bisa menjadi suatu ancaman, jika Anda menjalankan bisnis yang melebihi kapasitas Anda.

2. Buat Perencanaan Bisnis Dengan Matang

Sebelum Anda memulai bisnis rumahan, tentukan terlebih dahulu jenis produk atau jasa apa saja yang akan menjadi bagian dari bisnis rumahan Anda. Anda bisa memulai dengan menentukan modal awal dan target keuntungan. Buatlah rencana pemasaran untuk produk Anda.

Jangan lupa untuk melakukan riset sederhana tentang pangsa pasar untuk produk atau jasa Anda, termasuk potensi persaingan di pasar, dan definisikan tujuan bisnis Anda dan Break-Even-Point (balik modal).

3. Persiapkan Anggaran Anda

Anda pastikan untuk mempersiapkan anggaran yang matang, pendanaan, dan opsi-opsi pendanaan lain untuk mengetahui titik balik modal Anda. Dari perkiraan itu, nantinya akan memberikan Anda sebuah gambaran dan prediksi hasil yang mungkin Anda dapatkan.

Buatlah daftar item-item yang mudah dikelola, seperti biaya awal dan opsi pendanaan. Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor luar yang memiliki pengaruh penting dalam bisnis Anda, misalnya kebutuhan akan tenaga profesional atau tenaga ahli (akuntan dan ahli hukum) bagi bisnis Anda.

4. Penyesuaian

Poin ini sebenarnya bersifat opsional, akan tetapi tetap harus dipertimbangkan ke dalam catatan jika bisnis Anda membutuhkannya. Bisnis Anda juga harus ada 'payung' hukum, NPWP, dan tunduk kepada ketentuan-ketentuan pemerintah lainnya seperti persyaratan pajak penghasilan, asuransi kesehatan, SIUP, dan sebagainya guna untuk perkembangan bisnis Anda kelak. Dengan hal itu, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda kelak akan menjadi besar walaupun dimulai dari rumah.

5. Membangun Bisnis ke Dunia Digital

Untuk menjalankan sebuah bisnis bukan hanya dengan satu cara, tapi ada banyak caranya. Walaupun Anda telah memiliki bisnis yang sudah berjalan dengan baik dan dikenal di dunia nyata, tidak ada salahnya jika memperkenalkan dan menghadirkan bisnis Anda ke dunia digital (internet).

Anda harus membuat sebuah halaman website yang berisi informasi mengenai bisnis Anda semenarik mungkin agar para pelanggan bisa lebih mengenal bisnis Anda.

Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Promosikan dengan terencana yang dikemas secara menarik dan tidak membosankan bagi para pelanggan atau calon pelanggan baru.

Dengan lima strategi untuk menjalankan bisnis dari rumah diatas dapat dilakukan untuk membantu mencapai tujuan Anda. Lakukan kelima strategi itu dengan benar, maka bisnis rumahan Anda bisa berjalan dengan baik, dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi bisnis besar yang dapat Anda jadikan sebagai sumber penghasilan utama.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...