-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Penyebab Terjadinya Kegagalan Dalam Bisnis Online

10 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online

Ketika memulai menjalankan sebuah bisnis, salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah kegagalan.

Mengetahui kegagalan dalam bisnis online sejak dini adalah sebuah keuntungan tersendiri agar kita bisa menemukan cara untuk mengantisipasinya.

Menurut Anda apa penyebab terjadinya kegagalan dalam Bisnis Online yang sering terjading pada pemula?

Banyak yang mengatakan bahwa bisnis online adalah bisnis yang cenderung lebih mudah dikerjakan dan modal lebih sedikit dibanding dengan bisnis offline.

Selain itu, banyak sekali kursus dan workshop yang membahas tentang bisnis online, baik itu untuk pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis internet. Namun, banyak orang yang gagal daripada yang berhasil menjalankan bisnis online.

Penyebabnya karena apa?

Berikut ini adalah beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering terjadi, baik itu pemula maupun yang sudah lama menjalankan bisnis online.

1. Mindset yang Salah

Mindset (pola pikir) yang baik sangat dibutuhkan ketika kita memulai belajar dan menjalankan bisnis online. Kalau dari mereka punya mindset yang tepat, kemungkinan berpeluang sukses lebih besar dalam berbisnis online daripada mereka yang punya mindset yang salah.

Apa saja contoh mindset yang salah itu?
  • Mereka menganggap bisnis online itu bisnis yang cepat kaya
  • Punya mindset bahwa bisnis online bisa sukses tanpa modal sama sekali
  • Terlalu menyepelekan dan menganggap bisnis online itu mudah
  • Dan lain sebagainya

Dengan pola pikir seperti ini akan sangat menghambat seseorang untuk berkembang, bahkan justru akan menjerumuskan orang tersebut. Saat kita memulai bisnis online, sebaiknya pola pikir kita fokus pada hal-hal yang bisa mendukung proses belajar dan praktek menjalankan bisnis online.

2. Kurangnya Pengetahuan Tentang Bisnis Online

Saat memulai sesuatu tanpa pengetahuan yang memadai memang boleh-boleh saja dilakukan. Namun, dalam artian kita akan sering melakukan kesalahan dan masa percobaan.

Intinya, kita belajar dengan berbagai kesalahan yang kita lakukan selama proses mencoba tersebut.

Tidak hanya itu saja, melakukan trial dan error dalam bisnis online sebenarnya harus ada pengetahuan.

Apa itu?

Pengetahuan dasar, kita harus membuat (alat bantu) untuk memulai bisnis:
  • Cara membuat email
  • Cara membuat blog/website
  • Cara membuat media sosial
  • Cara membuat marketplace dll

Yang terpenting adalah pengetahuan dasar tentang bisnis online yang harus dimiliki oleh pemula:
  1. Mengetahui jenis bisnis online
  2. Mengerti cara kerja dalam bisnis online
  3. Bisa menjalankan salah satu jenis bisnis online
  4. Dan seterusnya

Pengetahuan tentang bisnis online itu harus dipelajari terus menerus. Tidak hanya itu, Kita juga harus praktek dan melakukan uji coba untuk menemukan yang terbaik dalam menjalankan bisnis online.

3. Mencoba Semua Bisnis (tidak fokus pada satu bisnis)

Inilah hal yang paling sering menjadi penyebab kegagalan dalam bisnis online. Memang, jenis bisnis memang sangat beragam, dan masing-masing mempunyai potensi yang menjanjikan.

Banyak sekali pemula yang mencoba menjalankan semua jenis bisnis online, dan berpikir dengan menjalankan semua jenis bisnis maka dia akan berhasil.

Faktanya, semakin banyak jenis bisnis yang dikerjakan maka semakin besar pula peluang untuk GAGAL (FAIL).

Oleh karena itu, lebih baik kita fokus memilih satu atau dua jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan (passion).

Saya ambil contoh...

Anda mempunya skill dalam menulis artikel, maka bisnis yang paling sesuai adalah menjadi jasa penulis artikel atau membangun blog/website untuk menghasilkan uang.

4. Tidak Serius Menjalankan Bisnis Online

Kalau kita tafsirkan, Bisnis online itu sebenarnya sama dengan bisnis offline, hanya berbeda medianya saja.

Artinya, agar berhasil memiliki bisnis yang menguntungkan maka kita harus serius dalam menjalankannya.

Kerika Penjualan sedang naik, mereka akan cepat puas dan berpikir bahwa penjualan akan terus meningkat. Jika, penjualan sedang menurun, mereka hanya mengeluh dan tidak melakukan sesuatu yang berarti untuk meningkatkan penjualan.

Kalau hanya sekedar berbisnis online tanpa keseriusan, pasti lambat laun akan kalah oleh jaman dan pemain baru yang serius. Banyak pemain baru yang berhasil, ini menjadi bukti bahwa orang-orang yang serius bisa berhasil menjalankan bisnis.

5. Tidak Upgrade Skill Dalam Bisnis Online

Kalau kita ingin menjalankan bisnis lain, kita harus selalu berupaya meningkatkan skill dan pengetahuan. Bisnis internet itu memang sangat dinamis, perubahan dan peningkatan terjadi dalam waktu yang relatif singkat.

Bisa dibilang upgrade skill dalam bisnis online adalah salah satu investasi yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua pengusaha online sekarang ini.

Apa yang perlu dilakukan untuk upgrade skill?

Semua tergantung pada jenis bisnis internet yang Anda jalankan. Misalnya Anda berjualan online, maka skill yang harus di upgrade adalah;
  • Pemasaran online yang up to date
  • Pengetahuan untuk berjualan online
  • Cara berkomunikasi dengan konsumen
  • Dan lain-lain

Dengan up to date, maka kita bisa bertahan dan maju dalam persaingan di bisnis online.

6. Kurangnya Inovasi

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bisnis online sangatlah dinamis, dan selalu ada perkembangan di segala sisi.

Pemain baru akan selalu mencari cara agar bisa bersaing dengan pemain lama, sehingga mereka melakukan berbagai cara baru yang dilakukan.

Jika pemain lama tidak melakukan inovasi, maka tentu saja akan ketinggalan dari pemain baru. Salah satu cara untuk menghadapi persaingan adalah dengan melakukan inovasi.

Inovasi bisa bermacam-macam bentuknya, bisa dari sisi teknologi website, cara pemasaran atau mungkin inovasi cara berkomunikasi dengan konsumen. Apapun itu, bila tujuannya baik dan berguna bagi konsumen pasti akan memberikan dampak baik bagi bisnis kita juga.

Berikut ini salah satu contoh Inovasi:
  • Teknologi website AMP (accelerat mobile page)
  • Cara berkomunikasi lewat sosial media
  • Dan lain sebagainya

7. Mudah Menyerah

Salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis online adalah mudah menyerah. Jangan pernah punya pikiran salah dari awal, dan menganggap bisnis internet adalah bisnis cepat kaya, sehingga banyak pemula tidak sabar dan akhirnya menyerah begitu saja.

Semua bisnis itu membutuhkan proses agar bisa mencapai titik yang dicapai, dan itupun harus dengan kerja keras. Jika Anda punya kebiasaan yang tidak sabar dan mudah putus asa, sebaiknya jangan mencoba berbisnis online karena akan membuang waktu saja.

8. Keterbatasan Waktu untuk Belajar dan Praktek

Tidak bisa dipungkiri bahwa mempelajari bisnis internet yang menguntungkan itu membutuhkan waktu.

Kita bisa ambil contoh...

Pekerja kantoran, sering kewalahan dalam menjalankan bisnis internet ini. Karena harus membagi waktu antara profesi utama dan sambilan itu memang sangat melelahkan. Tak jarang, banyak pemula sering berhenti di tengah jalan karena merasa tak sanggup menjalankan dua profesi.

Akhirnya, beberapa orang memutuskan untuk resign dan fokus pada bisnis online. Namun, beberapa orang juga mengurungkan niatnya karena khawatir bisnisnya tidak berjalan baik.

Hal itu, harus disikapi dengan hati-hati...

Jangan pernah mudah terbujuk oleh kata-kata motivator yang menyuruh Anda meninggalkan pekerjaan demi berbisnis online. Anda harus mempertimbangkan situasi dan kondisi keluarga.

Kalau memang masih bisa, Anda tetap berada dalam profesi utama sembari menjalankan bisnis online.

9. Bermental Gratisan

Ini merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam bisnis online yang sering dialami pemula. Banyak orang beranggapan bahwa menjalankan bisnis online bisa sukses dengan cara tidak membutuhkan modal sama sekali.

Tidak ada bisnis yang benar-benar gratis!

Mungkin lebih tepatnya bisnis online disebutkan bisa berjalan dengan modal yang kecil.

Jangan selalu berpikir bahwa ilmu menjalankan bisnis internet harus dengan gratisan, maka kemungkinan besar bisnis Anda akan sulit untuk berkembang.

Banyak sekali layanan bisnis online yang bisa kita dapatkan secara gratis, namun tentunya layanan tersebut memiliki batasan dan ketentuan yang membatasi kreativitas Anda.

Tentu saja kita akan lebih menghargai sesuatu yang kita bayar daripada yang kita dapatkan secara gratis. Akhirnya, secara tidak langsung akan membentuk pola pikir kita bahwa bisnis sangat berharga dan harus dikelola dengan sebaik mungkin.

Karena itu, jangan pilih yang gratisan ya....

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Bisnis Online

10. Membuat Target/Impian yang Berlebihan

Ada pepatah yang mengatakan "kejarlah cita-citamu setinggi langit".

Artinya kita boleh punya cita-cita setinggi langit. Namun, saran saya sebaiknya target dan impian dalam berbisnis online jangan terlalu muluk-muluk.

Nanti kalau jatuh bagaimana? hehehe

Kita ambil contoh, seorang pengusaha online punya target keuntungan Rp. 2 miliar perbulan padahal margin dari penjualan sangat kecil.

Mustahil kan?

Maka, buatlah target bisnis online yang terukur, masuk akal, dan dapat dicapai. Jangan sampai membuat target yang muluk-muluk karena akan membuat Anda kecewa.

Demikian pembahasan saya kali ini, saya berharap Anda mengerti dan lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis online. Semoga bermanfaat dan semoga kalian sukses semua. Terima kasih
... ...