Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Bagi Pemula

cara memulai bisnis online dari nol

Tidak bisa dipungkiri, memulai bisnis online dari nol adalah sesuatu yang sangat menantang, terutama bagi pemula. Bisnis internet saat ini sudah sangat eksis sehingga banyak sekali orang mencoba menjalankan dan sudah sukses di dunia internet.

Banyak pemula yang merasa ragu dan mengatakan 'apa ada peluang yang bisa didapatkan untuk pemula?'.

Memang sekarang ini, persaingan di bisnis online sudah sangat ketat.

Gimana cara memulai bisnis online dari nol bagi pemula.

Saya belajar kepada siapa dan berapa modal yang harus siapkan?

Untuk merintis bisnis online dari nol bisa ditempuh dengan dua cara ini:
  • Penuh resiko: dengan belajar secara otodidak dan mencari informasi di Google sambil menjalankan bisnis
  • Cara praktis: belajar dan dibimbing oleh seseorang yang sudah ahli dalam bisnis online

Menurut pendapat saya pribadi, saya memilih untuk belajar bisnis internet dari seseorang yang sudah ahli.

Maksudnya, Kita belajar pada konsultan atau praktisi bisnis online yang mau berbagi ilmu pada orang lain, baik itu berbayar maupun gratis. Saya akan menjelaskan tentang kelebihan bisnis internet dibanding bisnis offline.

Mengetahui Kelebihan Bisnis Online

Anda pasti mengetahui bahwa sekarang ini bisnis online di Indonesia sudah semakin banyak. Seseorang bisa memilih jenis bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan passion atau keahlian mereka masing-masing.

Beberapa kelebihan bisnis internet meliputi:
  1. Modal kecil: kita bisa memanfaatkan marketplace yang ada di Indonesia contohnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya.
  2. Lebih bebas: kita bisa melakukan bisnis online kapan saja, dan keuntungan juga bisa masuk ke rekening kita kapan saja.
  3. Manfaatkan rumah untuk tempat kerja: kita hanya butuh koneksi internet di rumah.
  4. Tidak terbatas oleh macam usaha: kita bisa manfaatkan Google Adsense, jasa pasang iklan, menjual berbagai barang, afiliasi, bisnis pulsa, dan masih banyak lagi.
  5. Tidak direpotkan dengan perintah atasan atau prosedur perusahaan: kita adalah pemimpin dan sekaligus pemilik usaha.

Itulah kelebihan dari bisnis online atau bisnis internet menurut mas malven. Banyak kelebihan lainnya dari bisnis online ini, tetapi Anda tentunya harus tahu apa yang harus dibutuhkan untuk mencapai semua kelebihan itu.

Secara teori, 5 kemudahan dan kelebihan yang saya rasakan diatas bisa dirasakan pada saat seseorang sudah mengerti serta sudah punya bisnis online yang stabil.

Anda harus membutuhkan waktu yang lebih lama dan butuh kerja keras untuk mencapainya.

Sekarang masuk ke tahap, beberapa syarat yang harus Anda lakukan agar bisa sukses memulai bisnis online dari nol:

1. Pengetahuan Tentang Bisnis Online

Pengetahuan dasar harus dimiliki bagi seseorang yang akan menjalankan bisnis online dari nol misalnya komputer dan internet. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan pengetahuan yang lain yang berhubungan dengan jenis bisnis online yang dijalankan.

Kalau Anda ingin berjualan, maka Anda harus belajar tentang cara membuat toko online, misalnya cara promosi di media sosial, promosi website, dan cara membuat marketplace.

Memang pengetahuan tentang bisnis online tidak bisa kita miliki dengan waktu yang singkat, kita masih perlu proses mulai dari tidak mengerti sama sekali hingga paham tentang ilmu yang Anda butuhkan.

Dari penjelasan saya diatas bahwa belajar langsung dengan orang yang ahli di bisnis internet akan jauh lebih baik dibanding Anda belajar sendiri dengan otodidak.

Saya contohkan, kalau kita belajar dengan orang yang ahli di bisnis internet akan bisa fokus pada topik yang akan dikerjakan dan langsung belajar bagaimana mengatasi masalah serta menjalankan bisnis online tersebut.

Dan jika Anda belajar secara otodidak, Anda seringkali tidak fokus pada jenis bisnis yang akan dikerjakan. Bukan hanya itu, banyak ilmu yang dibagikan di internet seringkali tidak sesuai dengan semua orang. Benar kan?

Sehingga Anda menghabiskan waktu untuk mencoba dan gagal, kemungkinan untuk mencapai target jauh lebih lama dibanding belajar langsung pada orang yang sudah berpengalaman.

2. Persiapan Sarana dan Prasarana

Berdasarkan fakta, banyak orang menganggap bahwa bisnis online bisa berjalan tanpa modal sama sekali.

Jangan terlalu bergantung!

Persiapkan sarana dan prasarana untuk memulai bisnis online dari nol.

Bisa dibilang bisnis online modalnya tidak terlalu besar, tapi Anda harus memiliki sarana dan prasarana dan inilah yang akan menjadi pengeluaran Anda. Berikut ini beberapa sarana dan prasarana diantaranya:
  • Komputer
  • Koneksi Internet (paket data atau wifi)
  • Perangkat Mobile
  • Meja
  • Kursi

Anda bisa memanfaatkan warung internet (warnet), jika situasi Anda tidak memungkinkan untuk memiliki sarana pendukung tersebut. Saya dulu memanfaatkan warnet untuk belajar, dan saya punya beberapa perangkat diatas untuk menjalankan bisnis online saya.

3. Fokuslah Menjalankan Satu Jenis Bisnis Online

Jika kita tidak fokus pada pada jenis bisnis online, maka itulah kunci kegagalan. Saya dulu juga pernah mengalaminya maka dari itu saya ingin berbagi kepada Anda. :)

Sebaiknya Anda pelajari model bisnis online yang sesuai dengan passion dan keahlian Anda.

Banyak pemula yang berganti-ganti model bisnis online.

..dan alasannya pun beragam

Ada yang bilang, bisnis online A kurang menguntungkan.

Dan ada juga bisnis online B, cepat untuk menghasilkan uang

dan berbagai alasan lainnya...

Untuk sukses pada bisnis online, harus selalu fokus pada satu model jenis bisnis online. Kalau sistemnya sudah bisa berjalan atau sudah berhasil maka Anda perlu mencoba model jenis bisnis online lainnya.

Ini merupakan investasi jangka panjang.

4. Cobalah Untuk Belajar Disiplin

Hanya mereka yang disiplin belajar dan praktek lah yang bisa sukses di dunia usaha, termasuk bisnis internet.

Tidak bekerja secara maksimal dan sering menunda-nunda pekerjaan maka ini akan menjadi masalah besar Anda.

Semua tidak bisa langsung instan, untuk sukses membutuhkan waktu, dan Anda bisa memulai belajar dan praktek untuk menjalankan bisnis online ini secara bertahap.

Manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya, dan capailah tujuan Anda untuk berhasil.

5. Coba Untuk Membangun Reputasi Bisnis di Internet

Meskipun banyak yang menganggap bahwa bisnis online tidak punya wujud, tapi faktanya hanya bisnis internet lah yang punya reputasi baik yang bisa bertahan dan tetap dipercaya oleh konsumen.

Jangan pernah mengecewakan konsumen, jika tidak mengatasinya ini menjadi akibat buruk pada bisnis Anda kecuali Anda tidak ingin memiliki bisnis online yang bisa bertahan lama.

Kesimpulan

Menurut Mas Malven, 'Pengalaman adalah guru terbaik' karena Anda bisa belajar bisnis online dari pengalaman orang lain, saudara, maupun pengalaman Anda sendiri.

Teruslah belajar dari mereka, untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada bisnis online Anda.

Demikian penjelasan saya kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel