-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Andrew Darwis, Pendiri Situs Forum Kaskus Terbesar di Indonesia

andrew darwis

Semua pengguna internet di Indonesia pasti pernah menggunakan kaskus atau setidaknya pernah mendengar tentang website forum ini.

Singkatan dari Kaskus adalah kasak kusuk.

Situs kaskus adalah situs forum pertama dan terbesar yang ada di Indonesia yang didirikan oleh Andrew Darwis, dan dibantu oleh seorang sahabatnya yang bernama Ken Dean Lawadinata. Dimana jumlah penggunanya saat ini sudah mencapai 10 juta member lebih.

Untuk lebih detailnya Anda kunjungi KasKus

Menakjubkan bukan? Wowww.. menurut saya ini sebuah angka yang luar biasa.

Tentu ini bukan sebuah proses yang mudah...

Berbagai tantangan dan beberapa kali mengalami kegagalan di alami oleh Andrew Darwis. Berkat kegigihan dan kerja keras yang dilakukannya secara terus menerus, akhirnya Andrew Darwis bisa mencapai keberhasilan seperti yang bisa kita lihat saat ini.

Biodata Tentang Andrew Darwis
  • Nama Lengkap: Andrew Darwis
  • Tanggal Lahir: 20 Juli 1979
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Agama: Katolik
  • Negara: Indonesia
  • Pekerjaan: Wirausahawan

Latar Belakang Pendidikan:

Sekolah Dasar (SD): Tarakanita Pluit Jakarta
Sekolah Menengah Pertama (SMP): Tarakanita Pluit Jakarta
Sekolah Menengah Atas (SMA): Gandhi National School, Ancol '98 Jakarta
Universitas: Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara 1998
Universitas: Multimedia & Web Design, Art Institue of Seattle, 1999-2003
Universitas: Master of Computer Science, Seattle University, 2004-2006

Jenjang Karier:

➧ Kerja web desain di kemana.com dan indotradezone, 1998
➧ Kerja web desainer Thor Loki, Seattle, Amerika Serikat, 2003-2006
➧ Kerja web desainer lyrics.com, Seattle, Amerika Serikat, 2007-2008
➧ Pendiri Kaskus, 1999-sampai sekarang

Prestasi:

Tahun 2005-2006: The Best Indonesian Communities versi Alexa.com dan Wikipedia
Tahun 2008: Oleh Microsoft, KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Innovative Top Web Site
Tahun 2009: Oleh Indosat, KASKUS - The Online Inspiring Award
Tahun 2009: Oleh Presiden RI, KASKUS - The Big Place Market
Tahun 2016: The Best Brand Engagement Activation
Tahun 2016: Best of The Best Promotion and Selling Activation

Kalau menurut Mas Malven, Andrew Darwis adalah salah satu pebisnis online di Indonesia yang sangat berhasil. Andrew Darwis dari dulu sudah punya visi tentang perkembangan internet di dunia, khususnya di Indonesia. Inilah yang menjadi alasan mengapa Andrew Darwis jauh lebih bagus dibanding dengan situs-situs forum lainnya yang ada di Indonesia.

Berdirinya Forum Kaskus

Awal berdirinya situs Kaskus, dijalankan oleh tiga orang yaitu Andrew Darwis, dan dua orang temannya Ronald dan Budi. Pada awal berdirinya Kaskus hanya diisi dengan konten tentang informasi seputar kejadian yang ada di Indonesia. Sayangnya, Andrew Darwis tidak memiliki latar belakang dibidang jurnalis, sehingga ia kerepotan dalam menulis berita di situsnya.

Andrew Darwis dan rekannya memutuskan untuk membuat artikel tentang Indonesia dari sumber lain yang berbahasa Inggris dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Mereka melakukan hal ini kurang lebih tiga tahun.

Selama kurun waktu tiga tahun itu, Kaskus tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Hal inilah yang membuat kedua rekannya memutuskan untuk mundur di tengah jalan. Andrew Darwis tidak menyerah, ia terus berusaha keras untuk mengembangkan Kaskus dengan usahanya sendiri.

Akhirnya Andrew Darwis bertemu dengan Ken Dean Lawadinata (CEO Kaskus Network) saat ini.

Di awal tahun 2008, Kaskus resmi menjadi sebuah perusahaan dengan nama PT. Darta Media Indonesia.

Dengan resminya Kaskus, tidak langsung membuat Kaskus berkembang pesat. Untuk mendapatkan member baru pada situsnya sangat sulit dan bahkan menggelar promosi besar-besaran yang mereka lakukan tidak mampu meningkatkan Kaskus pada saat itu.

Kaskus mengalami jatuh bangun dan bahkan kaskus pernah hampir di tutup karena dianggap sebagai situs yang melanggar kebijakan. Dengan keadaan yang sangat sulit, Andrew dan Ken tidak patah semangat. Suatu ketika, mereka menemukan ide kreatif untuk mempromosikan situs forum mereka itu.

Akhirnya, mereka berdua membuat baju yang betuliskan KasKus, dan meminta artis untuk memakai baju itu. Setelah itu, mereka foto artis tersebut yang memakai baju bertuliskan Kaskus ke dalam situs mereka.

Nah, inilah awal kebangkitan dari situs mereka. Kaskus semakin populer dan membernya semakin banyak.

Di bulan Agustus  2008, member Kaskus mencapai 1,2 juta orang, dan pada awal Januari 2011 member Kaskus sudah mencapai 2,5 juta. Konten yang dikirimkan membernya pun juga semakin beragam. Kaskus akan mengalami perkembangan yang pesat dari fitur dan membernya.

Bayangkan dengan member sudah mencapai jutaan, berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh Andrew dan Ken para pengiklan. Mungkin kita melihat Kaskus menyediakan konten tentang berita dan informasi, tetapi KasKus.co.id juga menyediakan forum khusus untuk jual beli.

Dengan forum jual beli, banyak para pebisnis memanfaatkannya untuk menjual produk mereka di KasKus. Menurut informasi yang Mas Malven temukan di Google, transaksi online yang dilakukan di forum jual beli KasKus dapat mencapai miliaran rupiah.

Banyak perusahaan tertarik untuk memasang iklan di forum ini karena Kaskus terus tumbuh dari hari ke hari. Andrew dan Ken tetap berusaha menjaga kenyamanan para membernya dalam kegiatan mereka di KasKus, walaupun banyak perusahaan pengiklan yang bersedia membayar mahal untuk space iklan mereka.

Saya melihat, pertumbuhan internet di Indonesia akan semakin terus tumbuh pesar di tahun ini dan di tahun yang akan datang.

Jika Anda berencana membangun sebuah bisnis online...

Mulailah dari sekarang juga.... karena peluang yang ada saat ini mungkin tidak akan Anda temukan di tahun yang akan datang.

Saya akan menyajikan khusus untuk Anda, video YouTube tentang perjalanan forum Kaskus.

... ...