5 Fakta Tentang Bisnis Online yang Tidak Diketahui Banyak Orang

5 Fakta Tentang Bisnis Online yang Tidak Diketahui Orang

Fakta Tentang Bisnis Online - Memiliki bisnis adalah impian semua orang, termasuk saya.

Inilah kepuasan tersendiri bagi kita, bila memiliki sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan rutin setiap bulannya.

Menurut saya, Bisnis Online adalah peluang usaha yang selalu menawarkan solusi bagi yang ingin memilikinya. Banyak dari mereka yang sudah berhasil di bisnis online ini dan mendapatkan yang penghasilan dari bisnis online mereka.

Beberapa orang mengatakan, bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai sebuah bisnis karena bisa dijalankan dengan mudah. Benar begitu?

Ada juga sebagian orang mengatakan bahwa bisnis online dapat memberikan penghasilan yang besar, cepat, dan mudah.

Ini sebuah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar karena untuk menjalankan sebuah bisnis dengan sukses tidak semudah yang Anda bayangkan, tapi tidak sesulit yang Anda pikirkan juga.

Maksudnya gimana?

Pointnya adalah menjalankan bisnis online itu bisa mudah, santai, bisa berpenghasilan besar tapi dengan syarat Anda harus mengerti dalam menjalankannya.

Banyak pemula yang terlalu berambisi untuk menjalankan bisnis online dan salah satunya adalah teman saya.

Teman saya mengatakan 'Enak banget ya kamu malven, kerja santai dari rumah dan tiap bulannya selalu dapat kiriman uang dari online'. Ketika saya sudah mencairkan uang dari Adsense, dia mengatakan 'Ajarin aku dong, aku mau belajar bisnis online seperti kamu'.

Nah, inilah yang harus kita waspadai, jangan selalu melihat orang dari luarnya. Maksudnya ketika orang sudah berhasil menjalankan bisnis, seseorang pasti akan datang dan kalau kita masih dalam proses bisnis, seseorang akan menghiraukan bahkan menegurnya karena dianggap tidak ada hasilnya. Apakah Anda setuju?

Untuk memulai sebuah bisnis online perlu kerja keras, ketekunan, serta kesabaran yang ekstra.

Faktanya, bisnis online tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, dan tidak sesantai yang dipikirkan orang.

Banyak orang yang sudah sukses dalam bisnis online, tapi yang gagal di bisnis online justru lebih banyak lagi.

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang bisnis online sebelum kita menjalankan bisnis online.

Dengan cara apa mengantisipasinya?

...yaitu dengan melihat peluang, analisis pesaing, kelebihan, dan kekurangan, sehingga kita bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di masa yang akan datang dengan bijak.

Yang namanya bisnis online, resiko gagal itu pasti ada.

Saya akan menjelaskan beberapa fakta menarik tentang bisnis online yang harus kita pahami:

1. Bisnis Online Itu Butuh Modal

Bisnis online itu perlu modal?

Modal yang kita maksud adalah modal materil dan modal non materil. Modal yang penting menurut Mas Malven adalah modal non materil, yaitu dari diri kita sendiri. Keinginan yang kuat untuk memulai sebuah bisnis online, konsisten, persisten, bekerja keras, kreatif, inovatif, dan pantang menyerah lah yang membuat kita berhasil.

Selain modal non materil, tentu kita harus punya modal materil juga. Bisnis online hanya bisa dijalankan kalau kita punya koneksi internet dan tentu butuh modal juga? Benar bukan?

Kalau kita tidak punya perangkat untuk menjalankan bisnis online seperti PC/Laptop, dan modem, kita bisa menjalankan bisnis online ini dari warung internet (warnet). Pastikan ketika Anda diwarnet keamanan akun Anda tetap terjaga.

2. Bisnis Online Itu Butuh Kerja Keras

Orang sukses menjalankan bisnis online itu butuh banyak tahapan, dan sudah berhasil melewati berbagai rintangan yang ada.

Bagi pemula yang menjalankan bisnis online, masih harus belajar dan pastinya harus melewati berbagai rintangan yang akan datang.

Setuju kah?

Ilmu marketing tidak bisa kita kuasai secara singkat, itu sangat mustahil walaupun kita seorang jenius sekalipun, dan itu semua dari pengalaman saat menjalankan bisnis online.

3. Bisnis Online Itu Membutuhkan Waktu

Bisnis online butun waktu untuk bisa berhasil dan jika ada sales letter yang menjual e-Book yang mengatakan bahwa bisnis online bisa berhasil dalam waktu yang singkat. Saya mengatakan itu adalah Scam, hati-hati dengan bahasa marketing seperti ini.

Kalau Anda ingin serius membangun sebuah bisnis online, maka Anda haarus menganggap sebagai sebuah investasi jangka panjang.

Sekarang banyak jenis bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, namun tidak pada semua jenis bisnis online.

Saya ambil contoh, forum Kaskus yang dibangun oleh Andrew Darwis dan sahabatnya Ken Dean Lawadinata. Untuk membangun sebuah forum terbesar di Indonesia membutuhkan waktu hingga beberapa tahun sampai akhirnya seperti sekarang ini.

4. Bisnis Online Bisa Dikerjakan Oleh Siapa Saja

Bisnis online bisa dikerjakan oleh siapa saja. Benar kan?

Waktu saya melamar di sebuah perusahaan tempat saya dulu bekerja, dalam wawancara mereka pasti menanyakan ijazah kuliah, IPK, nama universitas, dan pengalaman bekerja. Hal ini adalah prosedur perusahaan yang harus kita lalui jika ingin bekerja di dunia perkantoran.

Semua persyaratan diatas, tidak berlaku dalam dunia bisnis online, karena siapa saja bisa mengerjakan tanpa harus punya pendidikan formal yang tinggi.

Untuk menjalankan bisnis online adalah dengan kerja keras, kemauan untuk selalu belajar, dan punya semangat juang yang tinggi.

Hari ini mungkin Anda adalah seorang pemula yang baru belajar, tapi mungkin saja beberapa tahun ke depan Anda akan menjadi seorang yang ahli dalam dunia internet marketing. Benar kan?

Saya tidak mengatakan bahwa pendidikan formal tidak penting. Kalau saya mengatakan bahwa semua orang bisa berhasil dalam menjalankan bisnis online jika mereka bersungguh-sungguh, dan tidak peduli apa latar belakang pendidikannya karena ada banyak jenis bisnis online yang bisa Anda kerjakan.

5. Banyak Jutawan dari Bisnis Online

Memang inilah yang membuat kita termotivasi untuk menjalankan bisnis online dan kita punya peluang yang besar untuk menjadi seorang jutawan dan penghasilan yang sangat besar.

Rubahlah cara berpikir Anda, jika ingin sukses di bisnis online.

Saya akan memberikan beberapa jutawan dari bisnis online yang bisa Anda jadikan referensi:
  1. Andrew Darwis (pemilik Kaskus)
  2. Budiono Darsono (pemilik DetikCom)
  3. Anne Ahira (pemilik AsianBrain)
  4. Marikxon Manurung (pemilik Maxmanroe)
  5. Dan masih banyak lagi.

Jika kita melihat fakta-fakta tentang bisnis online yang disebutkan diatasm apakah Anda siap untuk memulai bisnis online Anda sendiri?

Memang untuk menjalankan bisnis online banyak penawaran tentang potensi keuntungan yang menggiurkan, tapi bisnis online juga punya resiko tersendiri, walaupun resikonya tidak sebesar bisnis konvensional.

Terima kasih sudah membaca artikel saya. Semoga bermanfaat:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel