-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inikah Ponsel Layar Lipat Pertama Apple?

Inikah Ponsel Layar Lipat Pertama Apple?
Ilustrasi prototipe ponsel lipat Apple (Patently Apple)

Masmalven.com - Sekarang ini ponsel dengan layar fleksibel yang dapat dilipay (foldable) kini tengah menjadi tren tersendiri di industri smartphone. Beberapa vendor ponsel seperti Samsung, Huawei sudah merilis lini ponsel lipatnya masing-masing.

Pihak Apple pun tak mau ketinggalan. Apple juga dilaporkan telah mematenkan beberapa desain ponsel dengan layar yang bisa dilipat. Kabar terbaru, Apple juga kembali mengantongi paten dari kantor paten AS (USPTO) pada 16 November 2021 ini.

Menariknya, Apple mematenkan perangkat lipat yang mirip tablet iPad. Perangkat tersebut dapat dilipat dengan skema seperti menutup buku.

Sejak Apple mengajukan paten sejak Februari 2020 itu, desain perangkat lipat terbaru Apple ini terdiri dari dua layar utama yang terpisah, namun disatukan dengan menggunakan engsel internal. Konsep ini disebut mirip dengan perangkat Microsoft Surface Neo. Jika dalam keadaan terbentang, perangkat lipat mirip iPad itu dilaporkan menyediakan tiga mode penggunaan.

Pertama, Mode independen, yang dimana pengguna bisa menggunakan dua layar itu untuk mengakses dua hal yang berbeda dalam satu waktu.

Gambar paten Apple yang berisi desain perangkat lipat seperti iPad dengan luas 8 inci (Patently Apple)

Kedua, Mode "joint operating mode", yang memungkinkan pengguna menggunakan perangkat lipat ini seperti sebuah tablet. Sehingga gambar dan seluruh file yang dibuka saat joint operating mode akan ditampilkan dalam versi layar penuh (dua layar).

Baik itu mode pertama dan kedua tersedia saat perangkat dalam keadaan terbentang, seperti pada gambar desain paten Apple yang dipublikasi oleh Patently Apple.

Menurut dari situs Patently Apple, yang dihimpun Mas Malven, desain perangkat lipat ini juga bisa digunakan dalam mode ketiga, yakni seperti notebook (Fig.4).

Karena perangkat tersebut dibekali dengan dua layar terpisah, saat dalam mode notebook, satu sisi layar akan berperan sebagai layar utama.

Sementara itu, untuk sisi layar lainnya akan berperang sebagai keyboard virtual. Namun, perusahaan yang bertempat di Cupertino, Amerika Serikat ini sendiri masih tak berkomentar soal keberadaan rancangan iPhone/iPad dengan layar lipat.

Sejak tahun 2016 lalu

Sebelum desain perangkat lipat ini muncul, beragam bocoran gambar dan dokumen paten yang berbeda sudah banyak beredar di internet. Nah, Rumor keberadaan perangkat lipat pertama buatan Apple ini sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu. Namun, hingga saat ini Apple belum hadirkan satu pun perangkat layar lipatnya.

Pada awal tahun 2021 ini, rumor kehadiran perangkat lipat pertama Apple kembali mencuat. Menurut Youtuber, Jon Prosser, kerap memberikan bocoran produk Apple dengan akurat dan sempat menyebutkan bahwa Apple tengah menyiapkan ponsel lipat alias "Foldable iPhone".

Foldable iPhone ini memiliki bentuk mirip dengan ponsel lipat dari Android Galaxy Z Flip besutan Samsung.

Mnurut laporan dari outlet media pocket-lint, Foldable iPhone itu akan memiliki layar 7,5-8 inci dan akan meluncur pada 2023. Tapi, sampai saat ini keberadaan Foldable iPhone ini masih menjadi misteri, karena belum ada konfirmai lanjutan dari pihak Apple.
... ...