Mau Jualan Online? Yuk Simak Perbedaan Biaya Admin Shopee dan Tokopedia

Mau Jualan Online Simak Perbedaan Biaya Admin Shopee dan Tokopedia

Masmalven.com - Tak bisa kita pungkiri, e-commerce yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia adalah Tokopedia dan Shopee. Selain kita berbelanja secara online, pengguna juga bisa menjual barang di kedua marketplace tersebut.

Dengan menjual barang di marketplace secara daring memiliki beberapa keuntungan. Pemiliki toko online juga tak harus membuka toko fisik yang sering kali membutuhkan biaya investasi seperti sewa toko. Hal itu bisa kita lakukan dari rumah, usaha toko online juga bisa dilakukan sebagai bisnis sampingan.

Untuk modal tentunya bisa ditekan lebih minim dibandingkan berjualan secara fisik. Beberapa perusahaan ekspedisi juga menyediakan layanan penjemputan atau pick up paket oleh kurir, sehingga seller (sebutan untuk penjual online), tak perlu mengantarkan barangnya ke kantor pengiriman.

Namun, kita perlu ketahui bahwa berjualan secara online di Tokopedia maupun Shopee akan dikenakan biaya admin atau seringkali juga disebut biaya layanan. Biaya admin ini biasanya langsung dipotong otomatis dari saldo penghasilan yang didapatkan seller setelah penjualan selesai, yang dimana barang sudah diantar kurir sampai ke tangan pembeli.

Biaya Admin Shopee

Pihak Shopee Indonesia membagi kategori penjual di platformnya yakni penjual non-star, penjual star (star seller), star plus, dan mall.

Dari kategori ini nantinya akan berpengaruh pada biaya admin transaksi yang dikenakan pada seller (biaya admin Shopee). Bagi Anda yang baru berjualan di Shopee, otomatis akan masuk dalam kategori penjual non-star.

Untuk penentu biaya admin Shopee lainnya adalah besaran transaksi. Semakin besar nilai transaksi penjual dan pembeli, maka akan semakin tinggi pula potongan biaya yang akan dikenakan Shopee pada para penjualnya.

Perlu Anda ketahui bahwa penjual juga akan dikenakan biaya lain di luar biaya administrasi apabila mengikuti sejumlah program promo yang diselenggarakan Shopee.

Tapi, biaya di luar fee admin ini bersifat opsional atau hanya dikenakan apabila penjual setujua dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam setiap programnya.

Tambahan biaya seperti biaya dalam program gratis ongkir ekstra dan promo cashback ekstra yang biasanya juga ditanggung penjual.

Berikut ini rincian lengkap biaya admin Shopee berdasarkan status seller sebagaimana dikutip dari laman resminya.

1. Biaya admin Shopee penjual non-star
  • Gratis biaya admin Shopee untuk 100 transaksi pertama.
  • Biaya admin akan dikenakan sebesar 1,6 persen dari harga barang setelah dikurangi diskon untuk penjualan ke-101 dan seterusnya.
  • Biaya keikutsertaan gratis ongkir ekstra sebesar 5 persen.
2. Biaya admin Shopee penjual Star Seller dan Star Plus
  • Biaya admin shopee star seller adalah 1,6 persen dan 0,75 persen untuk barang kategori khusus.
  • Biaya keikutsertaan gratis ongkir ekstra sebesar 3,6 persen.
3. Biaya admin Shopee penjual Mall
  • Biaya administrasi final dalam 3 kategori yakni 1 persen, 2 persen, dan 5 persen (sesuai jenis barang).
  • Biaya keikutsertaan gratis ongkir ekstra sebesar 2 perse.

Biaya admin Tokopedia

Sama seperti biaya admin Shopee, biaya admin Tokopedia juga dibagi berdasarkan status keanggotaan seller.

Kategori tingkatan penjual di Tokopedia yakni regular merchant, power merchant, dan power merchant pro.

Beberapa perbedaan antara regular merchant dan merchant pro adalah sistem verifikasi, kriteria penjual, tampilan badge toko, rangking pencarian dan keikutsertaan dalam program promo.

Untuk penjual dengan status power merchant dan power merchant pro tentunya menikmati berbagai kelebihan dibandingkan dengan seller dengan status regular merchant.

Namun, biaya admin Tokopedia seller yang harus ditanggung tentu lebih tinggi. Bagi penjual regular merchant yang memenuhi syarat, tentu bisa melakukan upgrade toko menjadi power merchant.

Berikut ini rincian lengkap biaya admin Tokopedia berdasarkan status seller:

1. Biaya admin Tokopedia Regular Merchant
  • Tidak ada biaya layanan untuk 100 transaksi pertama.
  • Biaya admin sebesar 0,5 persen dari nilai produk terjual setelah transaksi ke-100.
  • Biaya bebas ongkir sebesar 3 persen dengan maksimal Rp 10.000.
2. Biaya admin Tokopedia Power Merchant
  • Biaya admin sebesar 1,25 persen.
  • Biaya layanan bebas ongkir sebesar 2,25 persen dengan maksimal Rp 10.000.
3. Biaya admin Tokopedia Power Merchant Pro
  • Biaya admin sebesar 1,5 persen.
  • Biaya layanan bebas ongkir sebesar 1,15 persen dengan maksimal Rp 10.000.

Demikian informasi biaya admin Shopee dan biaya admin Tokopedia terbaru yang bisa dibuat rujukan bagi mereka yang ingin berjualan di kedua marketplace terbesar di Tanah Air. Sukses selalu :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel