Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Durasi Konten Instagram Stories Bakal Diperpanjang Jadi 60 Detik?

Durasi Konten Instagram Stories Bakal Diperpanjang Jadi 60 Detik?
Ilustrasi Instagram Stories (Instagram)

Masmalven.com - Kini Instagram tampaknya benar-benar ingin beralih fokus ke konten video. Setelah Instagram merilis Reels, kini giliran Stories yang kabarnya bakal dirombak. Instagram juga dikabarkan sedang menguji coba durasi Stories yang lebih lama, yaitu menjadi 60 detik atau 1 menit.

Memang, selama ini durasi maksimal sebuah unggahan konten video di Instagram Stories dibatasi hanya 15 detik saja. Jika pengguna mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 detik, maka video akan terbagi menjadi beberapa segmen.

Dikutip dari Social Media Today, beberapa pengguna kebagian uji coba perpanjangan durasi Instagram Stories. Bagi pengguna yang "beruntung" akan mendapatkan pop-up notifikasi yang menerangkan bahwa durasi Stories akan diperpanjang menjadi 60 detik.

Nantinya notifikasi tulisan dalam pop-up akan muncul "Perkenalkan Stories yang lebih panjang. Video dengan durasi hingga 60 detik tidak akan lagi dipecah menjadi beberapa segmen".

Untuk bocoran fitur ini juga sempat diunggah oleh reverse engineer Alessandro Plauzzi yang cukup sering mengungkap fitur baru media sosial.


Sebagaimana dirangkum oleh Mas Malven dari Social Media Today, bahwa pihak Instagram telah mengonfirmasi kabar uji coba ini.

"Kemampuan membuat Stories yang lebih panjang sangat banyak diminta oleh komunitas kami. Kami juga sangat senang menguji coba Stories berdurasi 60 detik, jadi pengguna bisa membuat dan menonton Stories dengan gangguan yang minim", ungkap Instagram.

Pihak Instagram juga mengatakan bahwa Stories berdurasi 60 detik memang baru di uji coba ke segelintir pengguna saja. Nah, jika fitur ini sudah dirilis, ada kemungkinan konten Reels bisa diunggah secara utuh ke Instagram Stories.

Selain itu, Reels juga memiliki rentang durasi 15-30 detik, lebih lama dari Stories. Selama ini, Reels yang diunggah ke Stories akan terpotong jika lebih dari 15 detik.

Tak hanya durasi Instagram Stories saja yang diperpanjang. Namun, Instagram kabarnya sedang menguji coba unggahan video sebagai Reels.

Pointnya, apapun video yang nantinya akan diunggah ke Instagram, tidak peduli apakah vertikal atau horisontal, video akan diunggah sebagai "Reels". Bocoran tersebut dari seorang pembocor fitur lain dengan handle akun @hammodoh1.


Karena video menjadi salah satu fokus Instagram yang saat ini sedang dimatangkan. Menurut CEO Instagram, Adam Mosseri mengungkap bahwa Instagram tidak lagi ingin disebut sekedar aplikasi berbagi foto saja.

Alasannya adalah persaingan yang sengit dengan platform lain, terutama TikTok yang sedang tren. "Karena jujur saja, persaingan semakin ketat saat ini, TikTok sangat besar, YouTube bahkan lebih besar, dan masih banyak pemula lainnya," kata Mosseri.

Tak hanya itu, Mosseri juga menjanjikan akan memberikan pengalaman video yang semakin menarik ke depannya. "Video layar penuh, imersif, menghibur, dan video yang mengutamakan seluler," tambah Mosseri.