Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ponsel Lipat Oppo Pesaing Samsung Galaxy Flip Meluncur Akhir Tahun Ini?

Ponsel Lipat Oppo
Ilustrasi 3D Ponsel Lipat Oppo (LetGoDigital)

Masmalven.com - Dikabarkan Oppo bakal segera menyusul sejumlah pabrikan Android lain dalam mengeluarkan produk smartphone lipat alias foldable phone.

Kabar terbaru yang disampaikan oleh seorang pembocor gadget asal China di media sosial Weibo menyebutkan bahwa ponsel lipat pertama Oppo bakal meluncur pada Desember 2021. Dia juga mengatakan, perangkat berkode nama "Peacock" itu akan dijuluki "Oppo Fold".

Tak hanya itu, bocoran spesifikasi pun ikut diumbar seperti Oppo Fold konon bakal dibekali layar dengan panel OLED fleksibel berjenis low-temperature polycrystalline oxide (LTPO).

Layar tersebut juga bisa dilipat dengan skema lipatan seperti menutup buku, mirip dengan Samsung Galaxy Fold 3 dan Huawei Mate X2.

Jika dalam keadaan terbentung, layar Oppo Fold disinyalir memiliki diagonal 8 inci dan layar tersebut beresolusi hingga 2.000 piksel serta mendukung refresh rate 120 Hz.

Bocoran spesifikasi dan jadwal rilis ponsel lipat pertama Oppo Fold.
Bocoran spesifikasi dan jadwal rilis ponsel lipat pertama Oppo Fold. (Weibo)

Untuk sektor kamera, Oppo Fold dirumorkan bakal dibekali kamera belakang dengan sensor Sony IMX766 50 MP. Sementara itu, kamera selfie ponsel lipat pertama Oppo itu disebut bakal beresolusi 32 MP.

Disektor dapur pacu, Oppo Fold disinyalir bakal mengandalkan Snapdragon 888. Namun, belum diketahui berapa kapasitas RAM dan media internal yang bakal tersedia di ponsel ini.

Baterai dari Oppo Fold ini sebesar 4.500 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 65W, serta OS Android 12 dengan UI ColorOS 12, dilansir dari GrizmoChina.

Catatan juga bahwa jadwal dan spesifikasi diatas masih berupa bocoran. Pihak Oppo sendiri belum memberikan informasi resmi soal rencana kehadiran lini foldable phone perdananya.

Rancangan Ponsel Lipat Oppo

Sebelum ada kabar peluncuran Oppo Fold beredar, sejak 2019, Oppo memang sudah memamerkan beberapa desain ponsel lipat buatannya. Meski begitu, tak ada satu pun desain ponsel lipat itu yang terealisasi.

Pada tahun 2019, Oppo sempat memamerkan prototipe ponsel lipat yang menggunakan skema lipat ke arah luar, bukan ke dalam seperti lini Samsung Galaxy Fold.

Oppo smartphone lipat dengan deteksi sudut
Oppo smartphone lipat dengan deteksi sudut

Nah, pada tahun 2020, Oppo juga kembali memamerkan rancangan desain perangkat lipat besutannya dengan mekanisme layar yang bisa dilipat menjadi tiga. Selain itu, perangkat lipat besutan Oppo tersebut bakal dibekali engsel khusus.

Ponsel ini juga memiliki layar yang bisa ditekuk secara horizontal di bagian tengah, atas, dan bawah, ala ponsel clamshell sehingga berubah bentuk menjadi lebih ringkas.

Oppo perkenalkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatan
Oppo perkenalkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatan (XDA-Developers)

Oppo menyebutnya desain ini dengan istilah "slide-phone" yang kalau diartikan bahwa layar ponsel bisa dibentangkan secara keseluruhan, sehingga bentuk perangkat terlihat memanjang.

Di tahun 2020 lalu, Oppo dilaporkan mematenkan desain ponsel lipat yang layarnya melipat ke sisi luar, seperti paten yang disebut di situs Lets Go Digital.

Terlepas dari berbagai desain tersebut, Oppo konon bakal meluncurkan ponsel lipat bersutannya dalam beberapa model dengan jenis lipatan berbeda, seperti tablet layaknya Galaxy Z Fold atau mengusung model clamshell ala Galaxy Z Flip.