Perbedaan Opsi To, Cc, dan Bcc Saat Kirim Email

Perbedaan Opsi To, Cc, dan Bcc Saat Kirim Email

Masmalven.com - Saat kamu hendak berkirim e-mail, biasanya akan memasukkan alamat e-mail orang yang akan dituju pada kolom "To". Tidak hanya itu saja, ada dua kolom lain dengan keterangan "Cc" dan "Bcc". Kolom-kolom tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirim e-mail dengan salinannya ke alamat e-mail orang lain, tapi ketiganya memiliki perbedaan.

Berikut penjelasannya, sebagaimana dihimpun Masmalven dari How to Geek.

Mengirimkan e-mail dengan opsi "To"

Saat kamu ingin kirim e-mail, pengguna biasanya akan mengisi kolom "To" dengan alamat e-mail orang lain yang dituju.

Jika kamu ingin mengirimkan e-mail yang sama ke banyak penerima sekaligus, tinggal cantumkan daftar alamat e-mail yang dituju di kolom "To" itu. Dengan kata lain, seluruh penerima yang alamat e-mailnya dicantumkan pada kolom "To" akan mendapatkan e-mail yang sama.

Tapi konsekuensi lainnya, masing-masing penerima di kolom "To" juga akan melihat alamat e-mail penerima lain yang ikut menerima e-mail tersebut.

Memang dalam satu e-mail yang sama, pengguna bisa mengirimkan satu e-mail ke ratusan pengguna sekaligus. Tapi, kemungkinan ada batasan yang diterapkan oleh penyedia layanan. Seperti Gmail dari Google yang menerapkan aturan batas maksimal e-mail yang dapat dikirim penggunanya dalam sehari, yakni sebanyak 500 e-mail.

Alhasil pengguna Gmail hanya bisa mengirimkan satu e-mail kepada 500 penerima sekaligus per hari. Menurut laman Support Google, bila pengguna melebihi batas maksimal itu, pengguna tidak akan bisa mengirimkan e-mail dalam kurun waktu 24 jam.

Mengirimkan e-mail dengan opsi "Cc"

CC sendiri merupakan singkatan dari "Carbon Copy" atau salinan carbon yang merujuk pada kertas karbon yang biasa digunakan untuk menyalin tulisan seperti pada kuitansi.

Jika kamu ingin mengirimkan salinan e-mail kepada orang lain, dapat memanfaatkan fitur Cc ini. Fitur Cc ini, pengguna juga bisa memasukkan beberapa alamat e-mail sekaligus.

Lalu, apa perbedaan "To" dan "Cc"? Keduanya memiliki peran yang sama baik itu penerima di kolom "To" dan "Cc", akan menerima e-mail yang sama dan dapat melihat siapa saja orang yang menerima e-mail tersebut.

Dalam etika berkirim e-mail, biasanya kolom "To" digunakan untuk mencantumkan alamat e-mail penerima utama yang ditujukan dalam e-mail tersebut. Sebaliknya, "Cc" digunakan untuk mengirimkan salinan e-mail tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi dalam e-mail tersebut.

Peran fitur Carbon Copy ini sama persis seperti pada surat fisik. Untuk penerima di kolom "To" maupun "Cc" bisa menggunakan opsi "reply all", agar e-mail balasan yang dikirimkan oleh masing-masing bisa otomatis diterima langsung oleh seluruh pihak, tanpa perlu meneruskan forward e-mail.

Contohnya, pengguna bekerja di bagian Customer Service atau CS pada penyedia layanan internet. Salah satu dari pelanggan tersebut mengeluhkan jaringan internet yang lemot atau tidak ada koneksi dan meminta teknisi untuk datang ke rumahnya.

Nah, saat akan mengirimkan respon dari keluhan penggan tersebut, pihak customer service bisa mecantumkan nama pelanggan di kolom "To". Selanjutnya, alamat e-mail teknisi perusahaan bisa ditulis di kolom "Cc", untuk memberikan informasi bahwa teknisi telah ditugaskan untuk mengatasi keluhan dari pelanggan tersebut.

Mengirimkan e-mail dengan opsi "Bcc"

Bcc merupakan singkatan dari "Blind Carbon Copy". Sama seperti dengan Cc, Bcc juga merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengirimkan e-mail salinan. Perbedaaannya, daftar alamat e-mail yang dicantumkan pada kolom "Bcc" tidak bisa dilihat oleh penerima "To" maupun "Cc".

Perlu diperhatikan bahwa bila pengirim mencantumkan banyak alamat e-mail di kolom "Bcc", masing-masing penerima di kolom "Bcc" tidak akan bisa melihat alamat e-mail penerima lain yang juga di cantumkan pada kolom "Bcc". Itu artinya, penerima e-mail di kolom tetap "Bcc" akan disembungyikan dari penerima manapun. Itulah mengapa fitur tersebut disebut dengan Blind Carbon Copy.

Untuk setiap penerima di kolom "Bcc" akan tetap melihat status e-mail yang dikirimkan kepada mereka sebagai "Bcc", bukan sebagai e-mail utama. Namun, konsekuensi jika menggunakan opsi "bcc" ini yaitu e-mail "Bcc" tidak akan ikut mendapatkan balasan bila penerima di kolom "To" dan "Cc" mengirimkan balasan atau respon dari e-mail yang dikirimkan tadi.

Fitur dari Blind Copy Carbon ini dapat dimanfaatkan bila pengguna ingin secara diam-diam mengirimkan suatu e-mail kepada orang lain, tanpa diketahui oleh si penerima utama di kolom "To". Selain itu, fitur blind carbon copy ini bisa juga digunakan bila pengguna ingin mengirimkan satu e-mail kepada banyak orang sekaligus, tanpa ingin penerima melihat siapa saja yang mendapatkan e-mail tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel