-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Prakerja: Hal-hal yang Perlu Kamu Pahami Agar Lolos Seleksi Gelombang 18

Kartu Prakerja: Hal-hal yang Perlu Kamu Pahami Agar Lolos Seleksi Gelombang 18

Masmalven.com - Kartu Prakerja gelombang 18 masih belum ada kabar kapan mulai dibuka. Tapi, bantuan dari pemerintah itu akan digelar semester 2 tahun ini. Sembari menunggu pengumuman resmi kapan Kartu Prakerja gelombang 18 itu dibuka, ada kalanya kalian terus memantau media sosial Instagram dari program tersebut. Sesuai dengan pelaksanaan sebelum Kartu Prakerja gelombang 18, pembukaan pendaftaran berlangsung setiap hari Kamis.

Untuk mempersiapkan jika kartu prakerja gelombang 18 dirilis oleh pemerintah, sebaiknya kamu pelajari tanya jawab, tips agar lolos tes dan seleksi Prakerja gelombang 18 seperti dilansir www.prakerja.go.id dibawah ini:

Apakah saya harus menjalani tes terlebih dahulu, sebelum mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?
Iya benar, kamu harus mengikuti serangkaian Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Apakah tes tersebut mempengaruhi kelolosan saya?
Iya, karena tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.


Apakah tes mempunyai durasi atau batas waktu?
Iya, Tes Motivasi & Kemampuan Dasar mempunyai durasi maksimal 25 menit. Kalian dapat menggunakan alat bantu (kertas, pensil/bulpoin) untuk menyelesaikan soal tes tersebut.

Apakah yang harus saya siapkan sebelum mulai tes?
Kamu cukup menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/bulpoin) untuk menyelesaikan soal tes.

Apakah seleksi Gelombang dapat mempengaruhi kelolosan saya?
Tentu saja, karena setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Nah, pada saat kalian melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota.

Apakah setiap gelombang (batch) mempunyai kuota?
Iya, setiap Gelombang mempunyai kuota untuk area dan periode tertentu. Kalian hanya bisa memilih Gelombang sesuai dengan domisili yang didaftarkan pada Kartu Prakerja. Kamu bisa cek dashboard akun untuk cek apakah Gelombang tersebut masih terbuka atau tidak.

Jika saya tidak dapat kuota Gelombang, apakah saya bisa ikut seleksi Gelombang berikutnya?
Tentu saja bisa, kamu bisa mengikuti seleksi Gelombang untuk periode berikutnya. Untuk setiap Gelombang yang kamu pilih, kamu nantinya akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di dashboard akun kamu.

Namun, jika saya gagal atau tidak lolos seleksi Gelombang, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?
Tidak perlu, jika kamu gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya.

Bagaimana cara cek apakah saya lolos atau tidaknya?
Nah, pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, silahkan login ke akun kamu, lalu cek dashboard. Jika kamu lolos seleksi gelombang, kamu akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS ya. Selain iitu, kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Namun jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada dashboard akun Kartu Prakerja kamu.

Kalau saya tidak lolos gelombang, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?
Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang dan jangan berkecil hati kamu bisa memilih Gelombang berikutnya.

Tidak sedikit juga peserta yang gagal di gelombang-gelombang sebelumnya. Hal ini membuat Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja membeberkan alasannya seperti salah satunya unggahan berkas KTP.

Bagaimana cara untuk mengunggah KTP di laman Kartu Prakerja yang baik dan benar?

Berikut Mas Malven rangkum tips-tipsnya:
1. Foto KTP dengan pencahayaan yang bagus (tidak ada shadow yang tertangkap kamera)
2. Jangan memotong file foto KTP mengikuti bentuk KTP.
3. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan syarat yang ditentukan.
4. Jika ukuran file foto KTP besar, kamu bisa mengubah ukuran terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan compress foto di beberapa situs.

Berikut Masmalven rangkum cara mendaftar Kartu Prakerja:
  •  Login ke laman prakerja.go.id
  • Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi
  • Cek kotak masuk di e-mail dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Lalu, kembali ke laman prakerja.go.id
  • Silahkan masukkan e-mail dan kata sandi yang baru kamu buat
  • Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir
  • Kamu klik tombol "berikutnya"
  • Silahkan isi data diri di form pengisian seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, foto KTP, dan klik "berikutnya"
  • Masukkan nomor telepon serta kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja
  • Isi tes motivasi selama 1 menit
  • Tunggu notifikasi pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan
  • Jika sudah mendapatkan notifikasi pemberitahuan, silahkan kembali ke laman prakerja.go.id dan klik "gabung ke gelombang (sesuai gelombang ya). Jika sudah dibuka

Namun, saya gagal di 2020 dan ingin daftar kembali di Kartu Prakerja tahun 2021, bagaimana caranya? Berikut cara bagi peserta yang daftar kembali namun sudah mempunyai akun Kartu Prakerja:
  • Masuk ke laman prakerja.go.id
  • Masukkan email dan kata sandi kamu yang sudah dibuat sebelumnya
  • Nantinya akan masuk ke laman dashboard di profile Prakera masing-masing
  • Para peserta dapat langsung klik "gelombang 18" jika sudah dibuka
... ...