Fitur Baru Instagram Reels dan Music Hadir di Indonesia

Instagram Rilis Fitur Baru Reels dan Music

Instagram kini meluncurkan dua fitur yang paling di tunggu oleh penggunanya di Indonesia, yakni fitur Reels dan Musik. Fitur tersebut sudah bisa digunakan hari ini, Rabu (23/6/2021).

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan bahwa kedua fitur ini hadir untuk memanjakan pengguna khususnya bagi mereka yang gemar berekspresi melalui media sosial.

"Kami melihat bahwa Instagram merupakan rumah bagi para kreator untuk mengekspresikan dirinya melalui konten-konten yang dibagikan. Untuk itu, Reels dan Music bisa menjadi pelengkap bagi mereka," ujar Pieter Lydian dalam sesi conference call.

Perilisan Instagram Music sejak pertengahan 2018 lalu dan Reels pertama kali diperkenalkan oleh Instagram pada November 2019 lalu.


Instagram Reels

Instagram Reels

Instagram Reels adalah fitur video pendek mirip TikTok yang memungkinkan pengguna dapat merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik yang dilengkapi dengan audio serta musik.

Selain itu, Reels juga dilengkapi dengan beberapa rangkaian fitur lainnya seperti Fitur Editing, Pengaturan Timer, Pengaturan Kecepatan, efek AR, hitung mundur hingga berkolaborasi dengan pengguna lainnya melalui fitur Remix.


Kamu juga dapat membuat konten Reels menggunakan berbagai potongan klip video dan menambahkan audio asli maupun lagu yang tersedia di platform tersebut.

"Berangkat dari sini, kamu banyak mendengar bahwa mereka mengirimkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur. Baik untuk kreator konten yang memiliki minat untuk berbagi, serta seorang pemilik bisnis yang memiliki sebuah cerita untuk dibagikan. Reels sangat membantu mendorong kreativitas pengguna dan untuk mereka yang ingin menjangkau audiens di skala global," tambah Lydian.

Tujuan dari Instagram yang menghadirkan fitur Reels adalah agar pengguna dapat menemukan, menonton, dan terhubung dengan pengguna lainnya secara global melalui sebuah bagian khusus pada kolom Explore.

Reels dapat kita temukan pada laman Explore dan dapat dibagikan melalui berbagi fitur Instagram seperti Feed, Stories, Close Friends dan dikirimkan melalui Direct Message (DM).

"Dari fitur-fitur yang kami luncurkan hari ini merupakan bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram. Bersama dengan kehadiran fitur Musik di Facebook dan Instagram, kami memberikan banyak cara dan pilihan bagi pengguna di Indonesia dalam mengekspresikan diri, mencari hiburan, dan terhubung dengan apa yang mereka sukai," ujar Pieter Lydian.

Berikut ini adalah fitur yang melengkapi Reels:
  • Remix, fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat video Reels versi mereka sendiri dengan menyatukkannya dengan konten yang sudah ada. Penggunanya juga dapat membuat kreasi video kolaborasi, membagikan reaksi wajah, menambahkan perspektif maupiun konten yang menyenangkan lainnya
  • Voiceover (Alih Suara), memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke dalam Reels.
  • Mixed Audio, memungkinkan penggunanya menambahkan suara disertai dengan lagu latar belakang.
  • Tab Reels, untuk memberikan panggung yang lebih besar bagi para kreator dalam share video menarik mereka dan memudahkan audiens global untuk menemukan konten mereka.
  • Fitur Share Audio Page (Membagikan Halaman Audio), agar pengguna dapat membagikan seluruh Reels menggunakan bagian dari sebuah lagu melalui DM dan Audio Browser untuk menemukan musik tab For You dan trending.
  • Efek AR, untuk membantu mempercantik konten Reels penggunanya. Selain itu, pengguna dapat memilih untuk menggunakan filter menyenangkan dari Instagram atau mencari filter favorit mereka di fitur "Cari Efek". Lalu menggunakannya untuk membuat konten Reels yang lebih menarik bagi audiens mereka.
  • Tag Branded Content (Konten Bermerek) dalam Reels, kreator dapat menginformasikan konten hasil kerja sama dengan sebuah brand secara transparan serta meluncurkan Shopping di Reels ke negara-negara yang telah memiliki akses terhadap fitur Shopping secara global.

Tak hanya itu, Instagram juga membawa serangkaian layanan keamanannya pada fitur Reels. Mulai dari akun private serta Close Friends dapat melihatnya. Penggunanya juga dapat memanfaatkan filter komentar dan Restrict untuk memastikan mereka aman dari komentar yang kurang pantas.


Instagram Music

Instagram Music 1

Instagram Music ini adalah fitur untuk memungkinkan pengguna dapat menyisipkan potongan lagu ke dalam sebuah postingan video untuk Stories.

Fitur tersebut muncul di menu Sticker yang terpada pada Stories. Ketika kamu klik, pengguna akan melihat koleksi lagu baik itu dari musisi lokal maupun luar negeri.

Tak hanya itu, didalamnya ada dua kolom yang tersedia yaitu "For You" untuk koleksi lagu untuk direkomendasikan dan "Browse" yang merupakan kolom kategori lagu yang diurutkan berdasarkan genre.

Director Entertainment Partnership Facebook Indonesia, Revie Sylviana, mengatakan bahwa semua musik yang disediakan telah mendapat izin dari pihak label sehingga aman dipakai untuk membuat konten.

Instagram Music 2

"Kami (Instagram) juga memastikan bahwa lagu yang tersedia di dalam Music sudah mendapatkan izin lisensi dan aman untuk digunakan," tutur Sylviana.

Untuk menyisipkan musik ke dalam Stories dapat dilakukan dengan mudah. Penggunanya cukup merekam video atau memotret foto Stories seperti biasa, lalu mengakses ke menu Sticker.

Nantinya, pada menu tersebut akan muncul stiker Musik. Kamu klik stiker Musik dan pilih salah satu lagu yang akan digunakan. Stories akan tampil dengan latar belakang musik yang sudah dipilih tadi.

Menariknya, pengguna juga dapat menambahkan lirik ke dalam konten tersebut.

Untuk dapat menggunakan kedua fitur ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru melalui Google Play Store untuk Android melalui tautan berikut, dan App Store untuk iOS melalui tautan berikut ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel