Ragam Pilihan Investasi Masa Kini Yang Tengah Populer, Tertarik Mencoba?

Ragam Pilihan Investasi Masa Kini Yang Tengah Populer, Tertarik Mencoba?

Masmalven.com - Ada beberapa ragam pilihan investasi masa kini yang tengah naik daun. Apakah kamu sudah mencobanya? Memang tawaran dalam berinvestasi sangat menggiurkan. Tapi kalau tidak hati-hati bisa salah langkah. Jadi, kita harus lebih bijak dalam memilih produk yang akan diinvestasikan.

Seperti yang kita tahu, investasi menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan finansial di masa depan. Lebih dari sekedar tabungan, investasi bisa memberikan keuntungan berlipat, tapi juga bisa sebaliknya ketika merugi. Pastinya sebagai investor kita lebih mengutamakan instrumen yang membawa keuntungan, bukan? Kira-kira apa sajakah itu?


Contoh Ragam Pilihan Investasi Masa Kini Yang Tengah Populer

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada beberapa produk investasi yang tengah naik daun. Barang kali salah satunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan cuan. Berikut ini, ada contoh instrumen investasi yang tengah populer, di antaranya:

1. Deposito Berjangka

Deposito Berjangka merupakan deposito bank yang menawarkan tingkat bunga lebih besar daripada tabungan biasa. Di mana, deposito berjangka ini turut mempunyai tanggal jatuh tempo yang selalu pasti dan jelas. Kalau kamu ingin mencairkan deposito itu sebelum tanggalnya, maka tetap diperbolehkan untuk mengambilnya, tapi harus membayar denda.

Sementara, semakin lama maupun semakin besar uang yang kamu depositokan maka akan semakin besar pula bunga yang akan kamu terima. Dari ini, deposito berjangka itu kerap dianggap menjadi instrumen investasi, yang resikonya kecil juga aman. Lagi pula, deposito ini juga tidak rumit jadi investor pemula pun bisa mengikutinya dengan mudah.

Lalu, adakah kelemahan dari deposito ini? Ada. Yakni kamu tidak dapat menyentuh uang selama dalam jangka yang ditentukan. Untuk itu, sebaiknya kamu miliki uang cadangan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, besarnya bunga deposito tidak sebesar instrumen investasi lainnya. Malahan, terkadang bunganya itu tidak sebanding dengan inflasi yang mungkin terjadi.

2. Emas Atau Logam Mulia

Bisa dibilang kalau emas menjadi instrumen investasi populer yang sangat klasik. Sebab sudah sangat dikenal dari zaman dulu sampai sekarang. Harganya juga cenderung mengalami kenaikan dan biasanya kenaikan harga tersebut menjadi respons terhadap peristiwa tertentu yang menyebabkan nilai saham dan obligasi jadi turun. Harga emas pun bisa bergejolak tapi biasanya tidak berlangsung lama.

Melihat kondisi ini, tentunya emas/logam mulia menjadi salah satu jenis investasi yang layak dipertimbangkan, bukan? Karena emas yang diinvestasikan ini dipegang sendiri, kamu juga harus menyiapkan tempat yang aman untuk emas yang telah dibeli itu.

3. Properti

Dari tahun ke tahun, nilai properti kebanyakan terus meningkat. Tak heran kalau properti dipilih sebagai investasi dalam jangka panjang. Tapi, perlu diingat bahwa dibalik keuntungan itu, ada pula kerugian yang mungkin terjadi. Seperti pembiayaan untuk perbaikan ataupun lain-lainnya.

Untuk kamu yang ingin memilih investasi properti, kamu bisa menyewakannya guna mendapatkan pemasukan pasif. Atau pilih membeli properti kemudian menjualkannya kembali untuk mendapatkan harga yang lebih bagus lagi.

4. Saham

Popularitas investasi saham memang tak perlu diragukan lagi. Biasanya, berupa bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. Kalau kamu punya saham di perusahaan, kamu berhak mendapatkan bagian dari keuntungan yang diperoleh. Model investasi ini pun cenderung menawarkan hasil yang lebih bagus dari investasi lainnya. Banyak hal yang harus dipahami dalam memulai investasi saham karena risikonya juga besar. Sebab harga saham bisa naik dan turun dengan cepat.

Itulah beberapa pilihan investasi yang kini tengah populer. Kira-kira, manakah yang paling cocok untukmu?


Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Berinvestasi

Banyak yang mengharapkan keuntungan ketika menjadi investor. Beda pilihan instrumen pun beda pula hasilnya. Lalu, bagaimana caranya agar bisa sukses dalam berinvestasi ya? Simak beberapa hal berikut:
Pilih investasi yang aman dan sesuaikan dengan tujuan, tapi juga sediakan dana khusus untuk kebutuhan mendadak.
Usahakan agar tidak menghabiskan dana hanya untuk satu bidang investasi, tapi bagi jadi beberapa pilihan. Jadi ketika harganya anjlok, masih ada saham lain yang bisa diprioritaskan.
Pelajar hal-hal dasar dan keseluruhan dari investasi yang dipilih sebelum memulai berinvestasi.
Sadar atau tidak, ragam pilihan investasi masa kini sangat-sangat menarik untuk diikuti. Tapi, terlepas dari itu semua, kita juga harus lebih bijak dalam memilih ya. Jadi tidak asal-asalan bermain investasi agar tidak merugi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel