Cara Melihat Backlink Kompetitor dan Membuat Database Pribadi

melihat-backlink-kompetitor-dan-membuat-database-pribadi

Backlink merupakan salah satu aspek terpenting dalam sebuah website. Backlink juga yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencarian. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink kompetitor kerap melintas di kepala sebagian besar blogger maupun web developer.

Mempelajari dan juga memahami konsep backlink memang tidak mudah. Pasalnya, selalu saja ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerak gerik yakni algoritma Google penguin. Yang mana hal tersebut di plot untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

Nah, untuk semakin mengenal seputar backlink dan berbagai perinciannya. Maka pada artikel kami kali ini secara khusus sudah kami rangkum pengertian backlink lengkap dengan berbagai informasi penting lainnya seperti Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi.

Apakah Anda sudah tahu apa itu backlink? Backlink merupakan sebutan untuk menamai sebuah tautan atau link yang mengarah ke website kita. Backlink bisa dimanfaatkan sebagai tujuan untuk memudahkan pengguna atau sekedar untuk keperluan optimasi.

Hal ini dimaksudkan agar website kita bisa lebih populer di mata mesin pencari. Dari segi manfaatnya sendiri, backlink dibedakan menjadi dua yaitu nofollow dan dofollow. Kedua jenis backlink ini sebenarnya tidak berbeda sama sekali bagi mereka yang masih awam. Bukan hanya itu saja yang harus Anda ketahui jika ingin menemukan backlink kompetitor yang baik.

Inilah Beberapa Cara Melihat Backlink Kompetitor dan Membuat Database Pribadi

Bagaimana cara membuat backlink yang terbaik? Pertanyaan yang satu ini cukup sering dipertanyakan saat chatting. Supaya tidak ribet, saya akan membuatkan Anda beberapa catatannya dibawah ini. Artikel yang kami tulis kali ini tentang cara mencari, melihat backlink yang digunakan website lain dan mengumpulkan backlink tersebut untuk dibuat database. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan supaya bisa terus dipakai ulang setiap akan membangun blog baru.

Membuat Database Backlink Sendiri

Apakah Anda sering melihat teman-teman yang ngebuild blog dari awal terkesan bingung saat ngebacklink. Terkadang mereka suka merasa rumit dan tidak terstruktur. Ada baiknya jika kita membuat database backlink milik sendiri. Semua itu dilakukan supaya saat dijalankan oleh SEO offpage tidak muter-muter lagi. Cara termudah untuk mencari backlink yang bagus yaitu dengan reverse engineering. Bukan hanya itu saja Anda juga bisa mengintip backlink punya kompetitor maupun website lain, memilih yang bagus lalu dikumpulkan sebagai database pribadi Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai alat dan juga bahannya.

Alat dan bahan:
  • File excel/google sheets untuk menyimpan catatan
  • Akun Ahrefs (trial juga cukup). Kami memilihkan ahrefs karena sejauh ini paling bagus diantara yang lainnya.

Langkah 1
Googling dan juga keyword memang populer di Indonesia atau keyword micro niche jika blog bahasa inggris. Misal contohnya:
  • Cara menghilangkan jerawat (lokal)
  • Best hunting knive under 200 (luar)

Langkah 2
  • Anda bisa mengecek satu-satu di blog yang ada di page one ke dalam Ahrefs.
  • Anda juga bisa melihat dari menu Backlinks
  • Filter menggunakan menu one link untuk setiap domain
  • Urutkan berdasarkan DR yang terbesar
  • dan optional bisa pilih yang Dofollow 

Contohnya adalah website ranking 1 di keyword mengenai cara menghilangkan jerawat saat notes ini dibuat.

Dari data ahrefs ini biasanya sudah langsung terlihat jenis backlink yang digunakan isi website apa saja. PBN, web 2.0, guest post, natural link dan masih banyak lagi. Kita bisa mengeceknya satu-satu daftar backlinknya dan kumpulkan website yang bisa dibuat atau menyimpan link di sana, seperti:
  • Web 2.0 yang digunakan kompetitor atau blog.
  • Parasite pages atau web dimana kita bisa membuat artikel dan menyimpan link juga.
  • Forum dimana kita bisa bergabung dan membuat thread.
  • PBN (private blog network) yang digunakan kompetitor jika ada. Hal tersebut bisa digunakan sebagai patokan. Jika ingin menggunakan PBN untuk merebut posisi kompetitor, kualitas PBN yang digunakan sama atau lebih baik.

Optional: Cek juga di menu platform jika Anda ingin jenis backlink tertentu saja yang ditampilkan. Misalnya saja backlink Gov atau EDU saja.

Bagaimana cara menemukan PBN yang digunakan oleh backlink kompetitor?

Caranya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun jika Anda sama sekali belum tahu mengenai cara menemukan PBN yang digunakan oleh backlink kompetitor. Maka simak baik-baik ulasan kami dibawah ini, seperti:
  • Nama domain
  • PBN biasanya menggunakan domain luar yang dari website lain. Dengan nama yang sedikit aneh atau tidak sesuai dengan artikel yang ada di dalamnya. 
  • Tampilan website
  • Banyak sekali PBN yang tampilannya basic. Website atau blog biasa, cenderung memiliki tampilan yang bagus. Hal tersebut disebabkan karena memang terurus. PBN sendiri seringkali hanya seadanya.
  • Link dari dalam artikel
  • Anda bisa buka website yang kita duga sebagai PBN. Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa cek artikel-artikelnya. Apakah banyak backlink yang menuju website tertentu. Yang mana mereka menggunakan anchor text keyword? Jika ada maka kemungkinan besar ini merupakan website PBN. 

Hal tersebut tinggal diulangi beberapa kali di keyword berbeda. Anda cukup bekerja 1 hari, biasanya kita sudah mendapatkan banyak list tempat backlink yang bisa digunakan dalam project blog yang dimiliki. Tidak perlu lagi susah-susah untuk mencarinya. Itulah beberapa Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi yang bisa Anda ketahui.

Namun sebelumnya apakah Anda sudah tahu Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi yang tepat seperti apa? Jika belum maka Anda bisa simak baik-baik beberapa Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Berikut Ini Beberapa Tips Cara Mencari Backlink Kompetitor Yang Baik

Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink kompetitor yang baik dan juga berkualitas. Baik itu secara gratis maupun yang berbayar. Untuk cara gratis, maka Anda bisa memanfaatkan metode peletakan backlink profile, sosial bookmarking maupun guestpost. Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar. Maka, bisa melalui kerja sama dengan content placement atau sponsored post. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai beberapa tips cara mencari backlink kompetitor yang baik dan profesional, seperti:
  • Membuat konten yang unik dan juga menarik
  • Aktif membangun relasi pertemanan
  • Tulis informasi yang sedang banyak dicari
  • Melakukan blog walking pada website yang memiliki topik sama
  • Gunakanlah tools

Itulah beberapa Cara Melihat Backlink Kompetitor dan membuat database pribadi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi atau bahan pertimbangan jika akan melakukan kerja sama dengan jasa backlink. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada saat ini membuat semakin dimudahkan nya kita dalam mendapatkan informasi mengenai Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi.

Dengan mengetahui Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi maka diharapkan Anda bisa menemukan backlink kompetitor yang berpengalaman dan juga terpercaya. Sehingga mampu memberikan hasil maksimal. Semoga informasi kami mengenai Cara melihat backlink kompetitor dan membuat database pribadi diatas bisa membantu Anda dan bermanfaat. Backlink kompetitor terbaik ada di dekat anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel