Pengertian Proposal, Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Ciri

pengertian-proposal-fungsi-tujuan-unsur-dan-ciri-terlengkap

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai pengertian proposal, fungsi, tujuan, unsur dan ciri proposal yang bisa Anda ketahui. Pada dasarnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang sebagai upaya untuk memenuhi tujuan yang sudah disepakati bersama.

Dalam kegiatan inilah, tentunya ada hal yang harus dilengkapi sebagai prasyarat yang bisa memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan. Nah, hal tersebut biasa disebut dengan proposal.

Apa itu Proposal? Pengertian Proposal adalah salah satu rancangan atau rencana yang sudah tersusun rapi akan sangat memudahkan dalam menjalankan sebuah kegiatan yang akan dilakukan nantinya. Meskipun terkadang dari perencanaan tersebut masih ada beberapa yang kurang sesuai dengan apa yang akan dilakukan di lapangan.

Selain sebagai rancangan suatu kegiatan, proposal juga merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan maupun menjelaskan sebuah tujuan pada pembaca. Sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih detail lagi.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih jelasnya mengenai proposal. Maka Anda bisa simak baik-baik ulasan kami dibawah ini.

Pengertian Proposal, Fungsi, Tujuan, Unsur Dan Ciri Terlengkap

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai Pengertian proposal, fungsi, tujuan, unsur dan ciri. Mari kita bahas pengertian proposal terlebih dahulu sebelum Anda membuatnya. Sebab ada banyak sekali artikel yang menjelaskan mengenai proposal. Dibawah ini beberapa informasi lebih lengkapnya dan selamat membaca.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli
Kata proposal sendiri ada banyak, namun yang pasti kata proposal berasal dari bahasa inggris “to propose” yang artinya menakjubkan. Berikut ini ada beberapa pengertian proposal menurut para ahli yang perlu Anda ketahui, seperti:

➤ Menurut KBBI
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, apa sih pengertian? Proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Perencanaan pembuatan proposal sendiri dibuat secara sistematis, matang dan juga teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Baik itu penelitian di lapangan maupun penelitian di perpustakaan.

➤ Menurut Hasnun Anwar
Pengertian proposal menurut Hasnun Anwar adalah suatu rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

➤ Menurut Jay
Menurut Jay, pengertian proposal yaitu suatu alat bantu manajemen standar agar manajemen organisasi dapat berfungsi dengan efektif fan juga efisien.

Fungsi Proposal
Proposal dibuat tentunya ada fungsi dan juga tujuannya. Baik itu bagi pihak pembuat proposal maupun bagi pihak yang menerima proposal tersebut. Berikut ini beberapa fungsi dari proposal yang bisa Anda ketahui.

➤ Di bidang penelitian umum, proposal memang berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, agama, budaya, ekonomi dan juga berbagai bidang lainnya.

➤ Di bidang usaha atau bisnis proposal memang berfungsi sebagai gambaran dan juga proyeksi dalam mendirikan berbagai jenis usaha.

➤ Proposal juga berfungsi untuk memberikan berbagai informasi mendetail mengenai suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan. Misalnya saja perayaan seminar, pelatihan dan masih banyak lagi lainnya.

➤ Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan tender. Baik itu dari lembaga pemerintahan maupun dari pihak swasta.

Tujuan Proposal
Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa kami akan menjelaskan kepada anda mengenai Pengertian proposal, fungsi, tujuan, unsur dan ciri. Nah, kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai tujuan dari proposal.

Tahukah Anda apa tujuan proposal ini dibuat? Secara umum proposal dibuat dengan tujuan untuk bisa mendapatkan ijin atau persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana maupun rancangan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal ini juga sering dibuat untuk permohonan dana atau sponsorship melalui kerja sama dengan beberapa pihak lain.

Selain penjelasan mengenai rincian dari kegiatan yang akan diselenggarakan. Pada umumnya di dalam proposal ini juga tertera mengenai dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Jadi, secara keseluruhan, maka isi dari proposal ini harus dapat dimengerti oleh pihak lain yang akan dimintai ijin atau persetujuan maupun dimintai dana.

Unsur Proposal
Di dalam setiap proposal, maka biasanya akan terdapat beberapa unsur penting. Dimana isinya tergantung dengan jenis proposal yang akan dibuat nantinya. Unsur yang ada di dalam proposal bisnis tentu saja tidak akan sama dengan unsur di dalam proposal penelitian.

Sebagai contohnya, berikut ini ada beberapa unsur yang ada di dalam proposal penelitian, seperti:
  1. Latar belakang masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Hipotesis
  5. Asumsi penelitian
  6. Manfaat penelitian
  7. Ruang lingkup penelitian
  8. Kajian pustaka
  9. Definisi operasional

Ciri Proposal
Bagi Anda yang mencari informasi seputar ciri-ciri dari proposal. Maka anda simak beberapa ulasan kami dibawah ini mengenai ciri-ciri dari proposal, sebagai berikut.
  1. Proposal dibuat untuk meringkas sebuah kegiatan yang akan diselenggarakan.
  2. Proposal juga dibuat dengan singkat, hal ini dilakukan agar donatur atau pihak tertentu mengetahui pokok isi acara yang akan diselenggarakan.
  3. Proposal sebagai pemberitahuan pertama pada sebuah kegiatan.
  4. Proposal seharusnya diberikan pada donatur maupun instansi terkait minimal satu bulan sebelum acara. Semua itu dilakukan sebagai pemberitahuan kepada instansi atau donatur tersebut.
  5. Berisikan berbagai tujuan-tujuan, latar belakang acara.
  6. Proposal juga disusun dengan tujuan-tujuan yang biasanya disesuaikan dengan latar belakang pada sebuah acara.
  7. Berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang sudah dijilid. Yang mana nantinya diserahkan pada yang menyelenggarakan acara.
  8. Proposal pada dasarnya berupa lembaran yang berisi sebuah susunan acara maupun kegiatan yang akan diselenggarakan. Dimana proposal tersebut diserahkan oleh penyelenggara kepada donatur.
  9. Proposal sendiri ada pihak yang mengajukannya.

Selain beberapa Pengertian proposal, fungsi, tujuan, unsur dan ciri dari proposal. Kami juga akan memberikan Anda beberapa informasi mengenai contoh proposal kegiatan.

Contoh Proposal Kegiatan
Sebagai gambaran cara membuat proposal yang baik. Maka dibawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai contoh proposal kegiatan yang menjelaskan secara ringkas mengenai bagian-bagian di dalam proposal.

1. Surat pengantar proposal
Surat pengantar ini biasanya diberikan pada saat proposal akan dikirim pada suatu pihak. Isi dari surat pengantar ini adalah penjelasan singkat mengenai perihal proposal yang sudah diberikan.

2. Kata pengantar atau muqoddimah
Kata pengantar merupakan kata pembuka pada sebuah proposal pengajuan sebuah kegiatan. Biasanya kata pengantar ini berada pada bagian depan pada sebuah proposal.

3. Sub judul proposal
Sub judul proposal merupakan keterangan tentang isi dari proposal yang akan dibuat. Ini akan memudahkan para pembaca untuk mengetahui apa saja isi dari proposal yang akan dibuat.

4. Penutup
Penutup merupakan salah satu bagian dari proposal yang di dalamnya terdapat kata penutup proposal dan juga ucapan terima kasih. Pada halaman proposal yang satu ini terdapat nama panitia pelaksanaan dan kolom tanda tangan.

5. Lampiran
Halaman lampiran merupakan bagian dari proposal yang berisi informasi pendukung di dalam proposal. Lampiran ini bisa berisi susunan panitia kegiatan, gambar pendukung dan informasi lainnya untuk melengkapi proposal.

Nah, itulah beberapa Pengertian proposal, fungsi, tujuan, unsur dan ciri yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai proposal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel