-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Polusi Udara pada Kesehatan Anak dan Cara Mengatasinya

bahaya-polusi-udara-pada-anak-anak-dan-cara-mengatasinya

Bagaimana cara mencegah bahaya polusi udara pada kesehatan anak?

Balita dan anak-anak adalah masa dimana pertumbuhan dan perkembangan dimulai sehingga sistem kekebalan tubuh belum sempurna. Mereka sangat rentan terhadap beragam jenis penyakit, salah satunya akibat paparan populasi udara.

Polusi udara timbul karena masalah lingkungan yang telah terkontaminasi oleh campuran partikel padat dan gas yang berbahaya. Polusi udara ini bisa dari bahan kimia atau limbah pabrik, asap kendaraan dan asap rokok atau debu lainnya.

Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Anak-Anak
Masalah polusi udara ini tidak bisa dianggap sepele, karena ini bisa berdampak pada kesehatan anak-anak. Berikut ini adalah efek negatif  pada anak-anak yang ditimbulkan dari polusi udara:

1. Gangguan Saluran Pernapasan
Polusi udara ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada anak-anak. Paparan udara yang tidak bersih akan lebih beresiko merusak perkembangan organ dan saluran pernapasan.

Nah, apalagi jika si buah hati memiliki riwayat alergi dan asma. Pentingnya peran orang tua ini untuk mencegah agar risiko kambuhnya alergi dan asma tidak kambuh lagi.

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan paparan polusi udara ini, ketika anak-anak terbiasa bermain di luar ruangan dan rumahnya dekat dengan jalan raya.

Baca juga: Cara untuk mengurangi polusi udara

2. Gangguan Janin
Bagi Bumil atau Ibu hamil harus waspada akan paparan polusi udara ini. Sebab, polusi udara juga bisa dirasakan sejak anak masih dalam kandungan.

Menurut beberapa penelitian bahwa Ibu Hamil yang sering terkena paparan polusi udara juga bisa melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

3. Gangguan Mental
Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang terpapar oleh polusi udara lebih sering cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang rendah atau IQ rendah. Selain itu, bisa muncul gangguan mental, seperti depresi, gangguan bipolar dan gangguan kepribadian pada anak-anak.

Gangguan mental tidak hanya dari salah satu faktor yakni polusi udara saja. Tapi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetik dan lingkungan.

Kesimpulannya, polusi udara ini tidak baik jika dihirup oleh anak-anak dan tidak hanya ada terjadi di luar saja. Tapi di dalam rumah pun bisa saja terkontaminasi oleh polusi udara, seperti asap rokok, asap kompok ketika memasak, cat dinding dan semacamnya.

Cara untuk Melindungi Anak-Anak dari Polusi Udara
Agar si buah hati tidak terpapar polusi udara, Orang tua harus melakukan beberapa cara, diantaranya:
  • Jauhkan anak-anak dari Asap Rokok
  • Agar asap dari kompor tidak menjadi polusi udara di dalam rumah maka pastikan untuk cek ventilasi rumah dalam keadaan baik.
  • Selalu gunakan alat pembersih udara dengan penyaring yang memiliki teknologi HEPA.
  • Terakhir, jangan lupa untuk imunisasi dan ajarkan kebiasaan hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan.

Dampak polusi udara ini tidak hanya terjadi pada anak-anak saja, namun seluruh anggota keluarga. Nah, coba lakukan beberapa tips dan cara diatas ya.. untuk meminimalkan paparan polusi udara ini.

Penting sekali jika polusi udara ini sudah menimbulkan keluhan dan gangguan kesehatan. Konsultasikan dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Demikian artikel tentang bahaya polusi udara pada anak dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.
... ...