Fitur Notifikasi Android 10 Mirip dengan Facebook


Masmalven.com - Ternyata Android 10 memiliki fitur Chat Heat, seperti Facebook.

Chat Heat adalah fitur untuk menampilkan notifikasi, berbentuk balon obrolan yang muncul dengan tampilan mengapung di layar ponsel setiap ada pesan messenger baru.

Fitur ini memang belum resmi, namun sudah ada di dalam Android versi 10 dan bisa diaktifkan secara manual di Setting > Developer Options > Bubbles.

Dikutip dari Grizmo China, dengan mengaktifkan bubble notification, aplikasi-aplikasi tertentu seperti Messages bisa menampilkan notifikasi lewat 'balon' yang mengapung di layar serupa chat head Facebook.

Melalui bubble notification, aneka notifikasi pun bisa disodorkan langsung ke depan mata pengguna sehingga tidak terlewat. Meskipun ini dapat dirasa mengganggu.

Tapi, untungnya Google menyediakan opsi untuk mematikan bubble ini.

Bubble juga dapat digeser-geser agar berpindah tempat di layar, dan di hilangkan dengan cara menggesernya ke bagian bawah layar seperti menghapus widget.

Kabarnya, Google sudah pernah menyalurkan bubble notification dalam OS Android 10 Beta 2 di smartphone Pixel pada April lalu.

Namun, belum terealisasi dalam Android 10 versi final, tapi tetap ada di bagian developer options OS yang bersangkutan.

Tampaknya, Google sedang menguji fitur bubble notification agar para pengunjung aplikasi siap memanfaatkannya saat sudah resmi bergulir nanti, mungkin bisa dinikmati di Android 11.

Selain fitur bubble notification, Android 10 membawa sejumlah fitur andalan yang dapat diadopsi, berikut fitur-fiturnya:

Dukungan 5G

Android Q juga akan mendukung kemampuan jaringan 5G yang diprediksi akan menjadi tren di masa yang akan datang.

Dukungan Layar Lipat

Mengingat smartphone layar lipat adalah produk smartphone yang spesial dan khusus, maka dibutuhkan sistem operasi khusus yang mendukung smartphone ini dan Android Q diklaim mampu digunakan secara optimal di foldable phone ini.

Privacy Setting Baru

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengatur keamanan smartphone sekaligus data pribadi di dalamnya. Pengguna juga bisa membatasi segala aplikasi yang menyedot data, seperti riwayat penelusuran web, lokasi dan lain-lain.

Live Caption

Fitur ini disebut-sebut mampu mendeteksi suara dalam sebuah video lalu diubah menjadi format teks dan ditampilkan secara langsung di layar. Fungsi ini mirip dengan subtitle dalam film. Perbedaannya, caption tersebut dibuat secara live berdasarkan yang diucapkan orang/objek yang ada di video.

Smart Reply

Fitur ini akan memudahkan penggunanya untuk membalas pesan yang masuk. Fitur ini juga akan memunculkan prediksi kata apa yang akan diketik sehingga pengguna tinggal memilih prediksi kata tanpa harus mengetik.

Dark Theme

Fitur yang ditunggu-tunggu pengguna Android akhirnya muncul di Android Q. Pengguna nantinya, hanya perlu klik ikon penghemat baterai untuk mengaktifkan tampilan gelap ini. Selain menghemat baterai, tampilan hitam ini juga membuat mata pengguna tidak sakit meski menggunakan smartphone dalam waktu yang lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel