-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengguna Ponsel Oppo, Vivo dan Xiaomi Bisa Kirim File Tanpa Internet


Masmalven.com - Beberapa merek ponsel terkemuka dari Tiongkok, seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi diinformasikan telah bergabung demi memperluas Peer-to-Peer Transmision Alliance di pasar global.

Menurut laman resmi dari Oppo, ketiga merek tersebut juga memungkinkan lebih banyak ponsel berbasis Android untuk turut bergabung dalam gerakan ini.

Aliansi tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file, gambar, dan video tanpa perlu koneksi internet. Oppo juga mengklaim bahwa inovasi ini mencerminkan bagaimana sistem operasi besutannya ColorOS, terbuka untuk bekerja sama dengan platform lain.

"Kemitraan tiga merek ini bertujuan untuk membawa jutaan pengguna Oppo, Vivo dan Xiaomi di seluruh dunia dengan berbagai file yang lebih mudah serta lebih berpusat pada pengguna. Ini merupakan langkah pertama yang signifikan bagi Oppo, Vivo dan Xiaomi untuk melayani pengguna mereka secara lebih baik dan kami juga menyambut merek Smartphone Android lainnya untuk terlibat serta memberikan pengalaman yang lebih terbuka, mudah dan interaktif bagi pengguna," ujar Vice President of Oppo and President of Software Engineering Business Division, Andy Wu.

Fungsi dari transfer file tersebut memindai perangkat menggunakan Bluetooth Low Energi (BLE) yang menawarkan jangkauan yang lebih luas serta konsumsi daya yang lebih rendah, dan mentransmisikan file menggunakan teknologi Wi-Fi P2P (Peer-to-Peer), yang lebih cepat dari Bluetooth tetapi tidak akan mengganggu konektivitas internet Wi-Fi.

Transfer file lintas merek ini menjanjikan kecepatan transfer skitar 200 MB per detik.

Pengguna juga dapat menggeser layar dari atas ke bawah untuk menampilkan menu drop-down pada ponsel Oppo dengan ColorOS 7, dimana kemudian akan menemukan tombol "Oppo Share", yang harus ditekan lebih lama untuk masuk.

Hal ini dapat dilakukan pada ponsel Vivo atau Xiaomi yang berniat untuk mengirim atau menerima file. Terakhir, pengguna juga dapat mengirim beberapa file secara bersamaan lho..
... ...