-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rentan Diretas, Begini Bahayanya Isi Daya Smartphone di Fasilitas Umum


Masmalven.com - Fasilitas charger di tempat umum kini sudah banyak disediakan, seperti di stasiun kereta, dan bandara. Sangat menguntungkan bukan bagi kamu yang suka bepergian dan tak ingin memakai power bank.

Namun, kamu harus berhati-hati ya.. Pasalnya pengisian daya gratis berpotensi pencurian data pribadi.

Pengisian USB di tempat umum memungkinkan pembajakan malware yang akan mempengaruhi smartphone kamu.

Dilansir dari laman CNN Tech, mengisi daya smartphone di tempat pengisian yang ada di fasilitas umum, berisiko smartphone menjadi rentan terhadap serangan peretas.

Hal ini karena kawat yang digunakan sebagai penghantar daya ke smartphone bisa juga digunakan untuk mengirim data.

Memang proses seperti ini, sama dengan saat seseorang melakukan transfer data menggunakan kabel data dari smartphone ke komputer atau sebaliknya.

Para hacker biasanya menggunakan hal ini untuk mengakses data pribadi pemilik smartphone, seperti foto, email, pesan, atau bahkan seluruh isi galeri.

Pencurian data menggunakan kabel charger di fasilitas umum ini sering disebut sebagai "Juice Jacking". Nah, untuk menghindari pencurian data, sebaiknya jangan gunakan tempat pengisian daya yang berada di fasilitas umum.

Kita harus belajar dari kasus ini, banyak yang menyarankan untuk memakai kondom USB yang terletak antara kabel daya dan port pengisi daya itu sendiri.

Kondom USB tersebut dapat memblokir port data pada stasiun pengisian USB dan hanya menyisakan arus yang lewat.

Dengan begitu, kamu tak pelu khawatir lagi untuk mengisi daya perangkat kamu di tempat umum dan lebih amannya lagi kalau kamu membawa power bank milik kamu.
... ...