-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Besar-Besaran di Marketplace, Penjualan Ponsel Online Naik di Akhir Tahun


Masmalven.com - Beberapa vendor ponsel di penghujung tahun menyediakan ponsel dengan harga yang lebih murah. Kita sebut saja Samsung dan Xiaomi, yang menyediakan ponsel dengan harga lebih rendah di akhir tahun ini.

Menurut penulis, penjualan di pasar offline (toko ponsel fisik) di akhir tahun ini mengalami sedikit kenaikan.

Prediksi penjualan via online juga akan mengalami peningkatan yang besar juga.

Misalnya, dalam pengamatan saya di Surabaya, penjualannya relatif stagnan. Ada kenaikan sedikit sekali. Namun, ini di dalam pasar offline. Belum lagi via online yang mengalami peningkatan, karena marketplace menawarkan promo untuk konsumennya.

"Saya menduga bahwa penjualan via online mengalami kenaikan yang lebih besar. Karena prinsipal dan marketplace secara gencar-gencaran mengadakan promo," tambah penulis.

Pada November lalu, Canalys mengungkapkan bahwa pangsa pasar dan pertumbuhan ponsel di Indonesia pada kuartal III 2019.

Nah, ada top lima vendor yang masuk dalam laporan Canalys, yakni Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Realme.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Oppo masih berada di posisi pertama dengan pangsa pasar 23 persen dan pertumbuhan 47 persen.

Bagaimana untuk Samsung?

Sebelumnya, Samsung berada di posisi kedua, tapi kini merosot pada posisi ketiga. Meskipun, penjualan smartphone-nya tumbuh, posisi Samsung masih kalah dengan Xiaomi.

Xiaomi berhasil meraih 22 persen pangsa pasar, dan pertumbuhan 22 persen. Sementara itu, Samsung lebih rendah dengan pangsa pasar 21 persen, untuk pertumbuhannya naik 6 persen.
... ...