-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Password Kamu Dicuri? Google Chrome Bakal Kasih Peringatan


Masmalven.com - Google baru saja memperkenalkan Google Chrome versi M79 dengan sejumlah fitur barunya. Salah satunya, fitur untuk mengantisipasi hacker untuk mencuri akun Google Chrome yang kita miliki.

Fitur ini merupakan pengembangan dari Password Checkup yang terlebih dahulu tersedia di Google Chrome yang berfungsi untuk memberitahu pengguna jika password mereka sedang tidak aman.

Melalui menu Setting, Sync dan Google Services, kamu bisa mengontrol siapa yang mencoba masuk ke akun Google Chrome kamu. Dikutip dari Forbes.

Meskipun itu, Google tahu jika kamu tengah memasukkan password, namun mereka tidak akan benar-benar dapat melihat informasi login.

Bagaimana Cara Google Melakukannya?


Dari laman resmi perusahaan, Google menjelaskan, "Ketika kamu masuk ke sebuah situs web, Google Chrome akan mengirimkan salinan nama pengguna dan kata sandi yang dienkripsi dengan kunci rahasia yang hanya diketahui oleh Google Chrome. Tidak seorang pun termasuk Google yang dapat memperoleh nama pengguna atau password kamu."

Untuk melakukannya, Google pertama-tama mengubah kata sandi yang kamu masukkan menjadi apa yang dikenal sebagai 'hash' dengan memasukannya melalui algoritma yang mengubahnya menjadi kumpulan huruf dan angka.

Misalnya saja, 855c3697d9979e78ac404c4ba2c66533. Jika password yang sama ada dalam 'tumpukan' aktivitas login Google yang sebelumnya dicuri, itu akan melalui algoritma 'hashing' serupa melakukan pencocokan.

Layanan Lain


Langkah ini menunjukkan password yang bocor tanpa harus melihat info login yang sebenarnya. Sebenarnya ada layanan lain yang tersedia jika kamu tidak ingin login ke Google. Salah satu yang paling populer adalah haveibeenpwned.com. Coba masukkan nama akun untuk melihat apakah password telah bocor atau tidak.
... ...