-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instagram Hadirkan Fitur Baru Pencegah "Bullying"


Masmalven.com - Instagram rilis fitur terbarunya untuk mencegah perundungan 'bullying' di platformnya (17/12/2019).

Fitur ini bernaka Caption Warning tersebut dapat mencegah pengguna menyerang pengguna Instagram lain melalui caption atau keterangan foto.

Dengan fitur ini, pengguna akan mendapatkan sebuah peringatan saat mereka terdeteksi menulis kata-kata atau bernada menyerang pengguna lain di dalam caption foto yang akan mereka unggah.

Contohnya, jika pengguna memasukkan kalimat "st*pid atau d*mb" di kolom caption, maka sebuah jendela pop-up akan muncul setelah menekan tombol "share".

Jendela pop-up ini menginformasikan bahwa kalimat yang ditulis serupa dengan kalimat yang pernah dilaporkan oleh pengguna Instagram.

Nah, kalimat tersebut dianggap bullying terhadap seseorang.


Di jendela pop-up ini, pengguna bakal disodorkan dengan tiga pilihan, yakni "Edit Captionn", "Learn More", dan "Share Anyway".
"
Pengguna bisa memilih "Edit Caption" untuk mengubah caption foto mereka, kemudian "Learn More" untuk mengetahui alasan emngapa caption itu dilarang, dan "Share Anyway" untuk mengabaikan peringatan ini dan tetap mengunggah caption negatif tersebut.

Dikutip dari laman Kompas, saya mencoba memasukkan beragam kata negatif dalam bahasa Indonesia, Instagram tidak memberikan peringatan sama sekali dan langsung mengunggah postingan berikut caption yang kurang baik tersebut.

Itu artinya, fitur ini belum sepenuhnya mendukung penggunaan bahasa Indonesia.

Bukan kali ini saja, Instagram meluncurkan fitur guna mencegah aktivitas perundungan pada platformnya.

Sebelumnya, perusahaan yang diakuisisi oleh Facebook pada 2012 ini juga menghadirkan fitur serupa bernama "Restrict".

Dirangkum Masmalven.com dari Telegraph.co.uk, fitur tersebut bisa mencegah pengguna Instagram lain untuk menuliskan kalimat kasar dan menyerang pada kolom komentar.

Fitur ini juga memungkinkan komentar di sebuah postingan Instagram yang hanya dilihat oleh pemilik postingan, dan pemberi komentar saja.
... ...