-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook Akan Bikin OS Sendiri untuk Lepas dari Dominasi Google


Masmalven.com - Facebook menginginkan sistem operasi mobile sendiri sehingga perangkat keras seperti headset Oculus VR tidak terikat oleh keterbatasan Android.

Dilansir dari laman The Information, Facebook menginginkan platformnya sendiri untuk menghindari perusahaan lain menghambat rencananya, apakah itu dibuat sendiri atau dalam kemitraan dengan pengembang lain.

"Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya memiliki ruang untuk kami," kata Andrew Bosworth, wakil presiden perangkat keras Facebook.

"Kami tidak berpikir dapat mempercayai pasar atau pesaing untuk memastikan itu yang terjadi. Dan kami akan melakukannya sendiri." tambahnya.

Ini bukan pertama kalinya Facebook mempertimbangkan untuk membuat sistem operasi sendiri.

Pada tahun 2013, salah satu pengembang senior perusahaan mengungkapkan bahwa mereka mempertimbangkan untuk mengembangkan OS untuk Facebook Home - sebuah proyek yang menggantikan layar beranda ponsel Anda dengan sesuatu yang berbasis pada fitur sosial.

Facebook mempertimbangkan untuk membangun OS dari awal atau yang kompatibel dengan Android sebelum memilih lapisan antarmuka yang berada di atas Android dan hanya mengubah antarmuka biasa.

Aplikasi itu menerima ulasan negatif, dan ditinggalkan dalam beberapa bulan setelah dirilis.

"Mark Zuckerberg berbicara pada hari peluncurannya bahwa dia ingin membangun sesuatu untuk semua orang. Sulit untuk mencapai jenis skala yang diperlukan bagi kami 'ketika membangun OS'. Kami ingin Home di depan ratusan juta orang," kata direktur teknik ponsel Cory Ondrejka.

Namun, sekarang Facebook telah memperluas jangkauannya diluar ponsel ke perangkat keras lain, sehingga masuk akal untuk kembali mengunjungi gagasan itu.

Facebook tidak memiliki rencana untuk mengakhiri pengembangan aplikasi iOS dan Android, tetapi akan menarik untuk melihat ke mana arah proyek baru ini dan apakah arah barunya terbukti lebih sukses daripada Facebook Home.
... ...